Gunakan fitur Bookmark untuk menyimpan bacaanmu di lain waktu Info!

Makna Sebenarnya di Balik Lagu Satru 2 - Denny Caknan dengan Terjemahan

Mengungkap arti dan makna asli yang tersembunyi di balik lirik lagu Satru 2 dari Denny Caknan dengan terjemahan Bahasa Indonesia lengkap
Makna Sebenarnya di Balik Lagu Satru 2 - Denny Caknan dengan Terjemahan bahasa Indonesia

Arti Lagu Denny Caknan Satru 2 - Lagu ini menceritakan tentang perjalanan cinta seorang perantau, yang meninggalkan kekasihnya (istrinya) di kampung halaman. Kekasihnya tersebut sering menciptakan pertikaian, entah dikarenakan rasa rindu yang berat atau sudah punya yang baru (selingkuhan). Maka dari itu, untuk... untuk info lengkap mengenai makna lagu Satru 2 (dua), silakan simak hingga akhir!

Berbeda dengan lagu Satru pertama sebelumnya, pada Satru Dua kali ini tidak lagi berkolaborasi dengan Happy Asmara. Entah karena apa mimin tak tau, mungkin karena memang lagu Satru pada kali ini hanya satu arah saja (hanya menceritakan satu sudut pandang saja) sehingga tidak cocok untuk diduetkan. Intinya, lagu Denny Caknan - Satru 2 yang rilis pada tanggal 27 Januari 2022 ini langsung trending di hari pertama upload dengan mendapatkan satu juta viewers lebih.

Lagu Satru Dua ini memang sangat keren. Masih dengan khasnya Caknan, yang sering kali memasukkan beberapa nada unik sehingga sangat enak di telinga, dan mampu membuat candu para pecinta karya Denny Caknan. Akankah lagu ini lebih tenar dari lagu Satru yang pertama? Semoga saja yak, supaya Mas Denny Caknan semakin bersemangat untuk menciptakan karya-karya selanjutnya.

Mungkin kamu penasaran tentang lagu Denny Caknan yang berjudul Satru 2 ini sebenarnya menceritakan tentang apa? Tak perlu gelisah, karena pada kesempatan kali ini anaksenja.com akan menemanimu mengulik makna di balik lirik lagu Satru Dua. Tanpa berlama-lama lagi, mari kita mulai pembahasannya dari bait pertama!


Analisis Lirik Lagu Satru 2 dari Denny Caknan dengan Terjemahan Bahasa Indonesia


Wes tak pupuk winihe katresnanku, kanggo awakmu
(Sudah ku pupuk benih cintaku, untukmu)
Dungoku tuku lemu urip ayem kanggo senengmu
(Doaku tumbuh subur hidup tentram untuk bahagiamu)

Pada awal lagu Denny Caknan - Satru 2 ini mengkisahkan tentang seseorang yang mencintai pasangannya secara serius. Cintanya diibaratkan tumbuhan, yang berawal dari benih (biji) kemudian diproses dengan ditanam, diberi pupuk, dirawat, hingga tumbuh subur dan berbuah manis. Ia berharap dengan dirawatnya cinta dari dasar (benih) akan tumbuh menjadi hubungan yang kuat dan membahagiakan.

Merawat cinta di sini tidak hanya dengan cara terus mendampingi pasangannya saja, namun juga ditunjukkan dengan bekerja keras agar kelak bisa dijadikan modal untuk menikah dan hidup bahagia setelah perikahan. “Fokus untuk menghidupi dan menafkahi keluarga orang yang dicinta,” kata Pak Erick Tohir di tengah-tengah vidio klip Denny Caknan - Satru 2.

Aku percoyo winih tresnamu, nandes mancep ing atiku
(Aku percaya benih cintamu, sudah merasuk di hatiku)
Opo kurang leh ku ngerteni karepmu
(Apa kurangkah ku mengertikan kemauanmu)
Aku yo wis ora nglirik liyane
(Aku sudah tak melirik yang lain)
Nek kangen ngomong kangen, rasah tukaran ae
(Kalau rindu bilang saja rindu, jangan bertengkar terus)
Mbok di eman eman hubungane
(Harus dijaga hubungan kita)

Salah satu alasan untuk semangat bekerja keras adalah seseorang yang tercinta (kekasih), karena berharap bahwa kelak bisa hidup bersama-sama dan membangun keluarga bahagia (berkecukupan).

Untuk mendapat hasil yang maksimal, terkadang beberapa orang memilih untuk merantau ke kota atau luar daerah walau dengan meninggalkan pasangannya di kampung halaman. Namun ternyata tak sesuai perkiraan, yang tadinya damai-damai saja (bersama pasangan) saat di kampung halaman malah setelah merantau banyak satru (pertikaian) yang terjadi.


Mungkin keributan yang terjadi karena rindu, ingin bertemu namun tak terlaksana karena terpisah jarak. Minimnya waktu untuk berkomunikasi (mungkin karena terlalu sibuk bekerja) juga dapat  mempengaruhi rasa rindu, mampu menggiring rasa curiga (cemburu) sehingga muncul sebuah keributan.

Padahal kenyataannya juga tak ada apa-apa, memang karena sibuk banyak pekerjaan sehingga jarang menghubungi, ditambah lagi selalu menjaga hati karena niat dari merantau memang bukan untuk mencari pasangan baru, namun tetap saja jika tak percaya pasti akan curiga.

Tak bisa disalahkan juga karena biasanya seseorang yang menunggu itu membutuhkan kepastian. Jika kepastian tak kunjung datang, apakah benar jika lantas berpaling dan mencari haluan baru? Bisa dibenarkan dan juga bisa disalahkan.

Bisa dibenarkan jika mungkin dalam waktu yang sangat lama tidak memberi kabar maupun kepastian apapun.m Dan bisa disalahkan jika langsung berselingkuh dengan alasan yang mengada-ada, seperti menuduh “dia tidak memberi kabar, tidak mau bertemu, tidak tanggung jawab,” padahal nyatanya selalu memberi kabar walau kadang-kadang dan meminta untuk “sabar”. Ketidaksabaran memang terkadang mengarahkan seseorang ke arah yang salah, yang pada akhirnya hanya akan berujung penyesalan.

Uwong sing tak tresnani, tak gawe sandaran ati
(Orang yang ku cintai, ku jadikan sandaran hati)
Mbok ojo satru satru ae sayangku
(Jangan bertengkar terus sayangku)
Jajal rasah percoyo nek trimo kabar ko njobo
(Coba jangan percaya omongan orang lain)
Aku kerjo, nguripimu nggo makmurne atimu
(Aku kerja, menghidupimu dan memakmurkan hatimu)

Pada bagian reff lagu Denny Caknan - Satru 2 ini menceritakan tentang seseorang yang sedang menenangkan kekasihnya agar tidak perlu emosi, meminta untuk mengerti karena memang sedang pergi mencari nafkah untuk kebahagiaan bersama-sama.

Jika untuk seseorang yang belum menikah ya untuk biaya pernikahan kelak, kalau untuk seseorang yang sudah menikah ya untuk kelangsungan anak istri di rumah. Satu lagi, kalau untuk seseorang yang selingkuh (dengan niat mengabari selingkuhan karena sedang bekerja), ya bodo amat, mimin gak peduli.

Intinya, ia menginginkan hubungan yang damai tanpa ada perseteruan yang tak jelas, seperti menuduh dan marah tanpa sebab. Jika hal itu dikarenakan rindu,ya memang wajar saja. Namun jika hal itu dikarenakan dia (kekasih) sudah memiliki yang baru (selingkuhan kekasih), ya itu namanya kurang ajar. Sama sekali tak bisa dibenarkan.


Aku ngenteni, aku ngertenimu
(Aku menunggu, aku memahamimu)

“Aku menunggu hingga waktu itu tiba (pertemuan atau pernikahan) dengan bekerja. Aku tau jika rindu (karena terpisah jarak) itu menyakitkan, namun mohon dimengerti, karena aku seperti ini juga untuk kebahagiaan kita.” Mungkin seperti ini jika digambarkan dengan sebuah ucapan.

Intinya, lagu ini menceritakan tentang seorang pekerja keras yang meminta pasangannya untuk bersabar. Semua karena keadaan, sebenarnya tak ada yang ingin menjauh, namun harus dilakukan karena nyatanya hidup memang membutuhkan uang (untuk memnuhi segala kebutuhan).

Bagi pihak yang ditinggal, memang sabar itu sulit jika sudah terkait dengan yang namanya "rindu". Semua orang pasti ingin memiliki hati tenang, namun terkadang kerinduan memang dapat membuat seseorang menjadi kesetanan (tidak sabar). Salah satui hasil negatif dari kerinduan adalah rasa curiga, yakni sebuah perasaan kurang percaya yang pada akhirnya bisa memicu sebuah keributan.

Atau tak selalu dengan rasa curiga, hal-hal kecil pun juga bisa menjadi sebuah keributan sebagai pelampiasan rindu yang tak kunjung terobati. Mungkin kamu memiliki saran tentang bagaimana cara meminimalisir pertikaian dalam sebuah hubungan jarak jauh atau LDR? Tulis di kolom komentar ya, mungkin bisa membantu mimin yang juga sedang LDRan. Hihihi...

Semoga kajian arti lagu Satru 2 dari Denny Caknan ini dapat bermanfaat untukmu. Buat kamu yang ingin menyimak lirik lagunya, tenang saja, karena anaksenja.com sudah menyediakan lirik lagu lengkapnya. Tak lupa juga beserta vidio klipnya. Selamat menyimak!


Lirik Lagu Denny Caknan - SATRU 2


Wes tak pupuk winihe katresnanku, kanggo awakmu
Dungoku tuku lemu urip ayem kanggo senengmu

Aku percoyo winih tresnamu, nandes mancep ing atiku
Opo kurang leh ku ngerteni karepmu
Aku yo wis ora nglirik liyane
Nek kangen ngomong kangen, rasah tukaran ae
Mbok di eman eman hubungane

Uwong sing tak tresnani, tak gawe sandaran ati
Mbok ojo satru satru ae sayangku
Jajal rasah percoyo nek trimo kabar ko njobo
Aku kerjo, nguripimu nggo makmurne atimu

Aku ngenteni, aku ngertenimu huooo...
huoo… opo kurang lehku, ngerteni karepmu
Aku yo wis ora nglirik liyane
Nek kangen ngomong kangen, rasah tukaran ae
Mbok di eman eman hubungane

Uwong sing tak tresnani, tak gawe sandaran ati
Mbok ojo satru satru ae sayangku
Jajal rasah percoyo nek trimo kabar ko njobo
Aku kerjo, nguripimu nggo makmurne atimu
 
Uwong sing tak tresnani, tak gawe sandaran ati
Mbok ojo satru satru ae sayangku
Jajal rasah percoyo nek trimo kabar ko njobo
Aku kerjo, nguripimu nggo makmurne atimu


Musik dan Vidio Klip Denny Caknan - SATRU 2



Untuk link download lagu Denny Caknan - Satru 2 mp3, tidak perlu ya? Karena lagunya sudah bisa dinikmati secara gratis di mana-mana, seperti Youtube, Spotify, Resso, dan pemutar media online lainnya. Begitu juga untuk chord gitar Satru 2, kamu bisa menemukannya dengan mudah di web sebelah.

Mungkin kamu tidak setuju dengan apa yang sudah anaksenja.com jabarkan, karena mimin percaya pendapat serta pengetahuan setiap orang itu berbeda-beda. Maka dari itu, mimin persilakan kamu untuk megungkapkan pendapatmu di kolom komentar. Mungkin saja interpretasimu mengenai lagu Satru 2 ini jauh lebih baik dan dapat bermanfaat bagi yang lainnya. Mari kita bahas bersama-sama hingga menemukan makna sebenar-benarnya yang tersembunyi di balik lirik lagu Satru 2 dari Denny Caknan!

Posting Komentar

Silakan berkomentar dengan sopan. Centang Beri Tahu Saya untuk mendapatkan notifikasi dari komentarmu. :)
Oops!
Sepertinya ada yang salah dengan koneksi internetmu. Harap sambungkan ke internet dan mulai menjelajah lagi.
AdBlock Detected!
Kamu menggunakan plugin "AdBlock" ya? Yuk matikan dulu fitur Ad-Blocknya dan masukkan anaksenja.com ke dalam whitelist plugin pemblokiran iklanmu!
⋯⋯⋯
Pendapatan yang kami peroleh dari iklan digunakan untuk mengelola situs web ini. Terimakasih sudah berkunjung. :)
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.