Gunakan fitur Bookmark untuk menyimpan bacaanmu di lain waktu Info!

Makna Sebenarnya di Balik Lagu Satru 1 dari Denny Caknan X Happy Asmara dan Terjemahannya


Arti Lagu Denny Caknan Satru 1 - Lagu Satru menceritakan tentang sebuah hubungan yang di dalamnya penuh dengan keributan, baik karena cemburu, egois, prasangka buruk, dan hal-hal negatif lain walau pada dasarnya tetap saling mencintai. Secara bahasa, kata Satru berasal dari bahasa Jawa yang artinya tidak baik-baik saja. Dalam berbagai keadaan maupun situasi, kata Satru di sini bisa memiliki arti bertengkar, ribut, maupun saling memusuhi. Mungkin jika di dalam bahasa Indonesia sama dengan kata seteru, berseteru.

Dapat kita lihat di dalam video klipnya sendiri (silahkan menonton di channel Youtube DENNY CAKNAN jika belum pernah menonton), diceritakan bahwa si cewek seorang pencemburu berat sehingga saat melihat cowoknya bersama cewek lain langsung membenci tanpa mau mencari kejelasannya terlebih dahulu. Lantas ia menyesal ketika endingnya mengetahui bahwa cowoknya ternyata tidak berselingkuh, melainkan sedang dirawat karena sedang mengindap suatu penyakit yang sangat parah.


Menyesal memang selalu terjadi di belakang (di akhir cerita). Namun bukan berarti tidak ada solusi, karena sebelum menyesal kita selalu mempunyai pilihan untuk berusaha agar tidak menyesal. Salah satu caranya adalah dengan mengoreksi diri sendiri di sepanjang hari. Belajar dari pengalaman orang lain juga penting, seperti mengambil hikmah dari curhatan temen, dari menonron film, maupun dari membaca karya sastra (novel, cerpen, maupun cerbung).

Intinya, jika ingin tidak menyesal ya harus berusaha semaksimal mungkin untuk menjauhi hal-hal yang nantinya hanya bisa menciptakan sesal. Seperti dengan menjaga sikap, saling memaafkan, maupun selalu jujur kepada semua orang. Intinya selalu berusaha berbuat baik aja deh, kemungkinan menyesal pasti akan rendah karena Tuhan juga tidak akan membenci orang yang baik.

Tak hanya sampai di sini loh, kita akan mulai membahas lirik lagunya lengkap dari bait pertama hingga akhir. Berikut ini anaksenja.com paparkan lirik lagu Satru Satu (1) dari Denny Caknan X Happy Asmara dengan terjemahan bahasa Indonesianya beserta analisa lengkapnya.


Analisis Lirik Lagu Satru dari Denny Caknan X Happy Asmara dengan Terjemahan Bahasa Indonesia

Unine batin dungoku
(Suara doaku di dalam batin)
Ra luput ko jenengmu
(Tidak lepas dari namamu)

Pada bagian awal lagu Satru ini menceritakan tentang seorang cewek yang sedang gelisah akibat rasa cemburu, namun ia tak pernah lupa menyertakan nama cowknya di dalam doanya. “Semoga ia sadar kalau aku selalu ada di sini untuknya, dan semoga ia mau jujur dan mau memperbaiki hubungan ini agar bisa menjadi baik lagi seperti seda kala.”

Aku ngedem-ngedem atimu
(Aku menenang-nenangkan hatimu)
Bakoh mempertahankanmu
(Sangat kuat mempertahankanmu)

Si cowok pun tidak tinggal diam, ia berusaha menjelaskan apa yang sebenarnya terjadi. Ia menjelaskan bahwa apa yang dikhawatirkan si cewek itu tidak lah benar. “Sudah dong, jangan salah paham terus. Aku dengannya gak ada hubungan apa-apa kok.”


Gusti kulo pun manut dalane
(Tuhan, akau sudah mengikuti jalannya)
Mung jenengan sing ngatur ceritane
(Karena hanya Engkau yang mengatur ceritanya)

Walaupun sudah mendengarkan penjelasan yang cukup jelas dari sang cowok, keraguan masih menyelimuti karena si cewek tetap belum bisa percaya sepenuhnya. Lantas si cowok pun pasrah, dan berserah diri kepada Tuhan. Ia percaya bahwa takdir itu Tuhan yang mengatur, ya mau bagaimanapun yang penting sudah berusaha sebaik yang bisa dilakukan, selanjutnya biar Tuhan yang menetapkan.

Sing jelas aku mikir kedepane
(Yang jelas aku memikirkan hubungan ke depan)
Opo bakal hubungan satru sak teruse
(Apa harus hubungan bertengkar selamanya)

Si cewek pun bertanya-tanya karena setiap hari adanya cuma ribut dan ribut melulu. “Apakah jika terus bersama-sama hingga tua nanti akan selamanya berseteru ya?”


Tulung percaya aku sayang awakmu
(Tolong percaya, aku sayang kamu)

Tibalah pada bagian reff. Pada bagian reff lagu Satru ini menceritakan tentang seorang cowok yang berseteru dengan ceweknya. Mereka bersaut-sautan bagaikan debat di rapat DPR. Si cowok menjelaskan bahwa dia mencintai ceweknya sepenuh hati. Tidak mungkin berpaling karena hanya dia (ceweknya) yang ia sayang, tidak ada yang lain.

Buktine sampean nglirik liane
(Buktinya, kamu melirik yang lainnya)

Ngelirik (melirik) di sini berartikan tergoda oleh cewek lain. Si cewek masih saja cemburu. Ia merasa bahwa cowoknya ada main di belakang (berselingkuh) karena pernah melihat cowoknya berduaan bersama cewek lain. 

Sumpah ra koyo sing, mbok pikir selama iki
(Sumpah tidak seperti yang kamu pikirkan selama ini)

Sudah menjelaskan sejujur-jujurnya namun masih saja tidak dipercaya, si cowok pun akhirnya mengucapkan sumpah bahwa apa yang dipikirkan si ceweknya itu tidaklah benar. Tidak ada apa-apa, yang ada hanyalah pikiran buruk yang selalu dituduhkan si cewek.


Mas isoku meneng, ngajeni awakmu
(Mas, bisaku cuma diam, aku menghargai kamu)

Si cewekpun akhirnya ngambek. Ia diam karena merasa bahwa cowoknya masih tidak mau jujur. Ia masih berpikiran bahwa cowoknya menyembunyikan sesuatu di belakangnya. Terlalu cinta yang berlebihan memang terkadang dapat membutakan seseorang.

Sepurane yen pancen salah
(Maaf jika memang salah)
Sepurane yen aku neng uripmu mung masalah
(Maaf juga jika aku di hidupmu hanya menimbulkan masalah)

Akhirnya di cowok pun meminta maaf jika ia dianggap salah oleh ceweknya tersebut. Meminta maaf jika kehadirannya hanya menimbulkan masalah dan membuat ceweknya tidak tentram.

Rangkulen aku iki gur mung salah pahamku
(Rangkullah aku, ini hanya salah pahamku)

Mungkin si cewek akhirnya juga sadar, namun pastinya ia bakalan jaim dan mengharapkan dipeluk karena sudah paham. Apakah kamu percaya jika momen cewek meminta maaf terlebih dahulu kepada cowoknya itu sangatlah langka? Kalau mimin sih percaya. Hihihi. 


Satru hubungan mung salah pahammu
(Pertengkaran hubungan hanya karena salah pahammu)
Sampean kudu ngerteni, aku cemburu
(Kamu harus mengerti aku cemburu)

Yap, pada akhirnya dasar dari permasalahannya adalah si cewek yang cemburu saat melihat cowoknya bersamaan dengan cewek lain.

Kesimpiulan dari lagu Sartu milik Denny Caknan ini adalah jika menginginkan hubungannya adem ayem ya haruslah meningkatkan komunikasi. Jangan diam-diam main, makan, berduaan bersama cowok/cewek lain. Teruslah berkabar-kabar agar semuanya jelas dan tidak ada yang merasa sedang dibohongi.


Ngomong-ngomong nih ya, belum genap satu tahun, lagu ini sudah tercatat ada seratus juta lebih pendengar atau penonton di kanal Youtube DENNY CAKNAN. Walau sebenarnya tidak heran juga sih jika lagu yang dibawakan oleh Denny Caknan maupun Happy Asmara akan meledak, karena memang mereka berdua saat ini sedang hits-hitsnya.

Selain itu, lagunya juga easy listening banget! Sedihnya dapet, kerennya dapet, musiknya dapet, vidio klipnya dapet, good lookingnya dapet, sempurna deh buat mereka berdua! Semoga terus berkarya dan menghibur kita semua sampai waktu yang sangat lama nanti. :)

Semoga kajian makna lagu Denny Caknan X Happy Asmara berjudul Satru (versi pertama) ini dapat bermanfaat untukmu. Buat kamu yang ingin menyimak lirik lagunya, tenang saja, karena anaksenja.com sudah menyediakan lirik lagu lengkapnya. Tak lupa juga beserta vidio klipnya. Selamat menyimak!


Lirik Lagu Denny Caknan feat Happy Asmara - Satru

Unine batin dungoku
Ra luput ko jenengmu
Aku ngedem - ngedem atimu
Bakoh mempertahankanmu

Gusti kulo pun manut dalane
Mung jenengan sing ngatur critane
Sing jelas aku mikir kedepane
Opo bakal hubungan satru seteruse

Tulung percaya aku sayang awakmu
Buktine sampean nglirik liane
Sumpah ra koyo sing, mbok pikir selama iki
Mas isoku meneng, ngajeni awakmu

Sepurane yen pancen salah
Sepurane yen aku neng uripmu mung masalah
Rangkulen aku iki gur mung salah pahamku

Satru hubungan mung salah pahammu 
Sampean kudu ngerteni, aku cemburu


Musik dan Vidio Klip Denny Caknan feat Happy Asmara - Satru


Untuk link download lagu Denny Caknan X Happy Asmara - Satru 1 mp3, tidak perlu ya? Karena lagunya sudah bisa dinikmati secara gratis di mana-mana, seperti Youtube, Spotify, Resso, dan pemutar media online lainnya.

Mungkin kamu tidak setuju dengan apa yang sudah anaksenja.com jabarkan, karena mimin percaya pendapat serta pengetahuan setiap orang itu berbeda-beda. Maka dari itu, mimin persilakan kamu untuk megungkapkan pendapatmu di kolom komentar. Mungkin saja interpretasimu mengenai lagu Satru ini jauh lebih baik dan dapat bermanfaat bagi yang lainnya. Mari kita bahas bersama-sama hingga menemukan makna sebenar-benarnya yang tersembunyi di balik lirik lagu Satru 1 (pertama) dari Denny Caknan X Happy Asmara!

Posting Komentar

Silakan berkomentar dengan sopan. Centang Beri Tahu Saya untuk mendapatkan notifikasi dari komentarmu. :)
Oops!
Sepertinya ada yang salah dengan koneksi internetmu. Harap sambungkan ke internet dan mulai menjelajah lagi.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.