Makna Sebenarnya di Balik Lagu Melepas Lajang - Arvian Dwi Ft. Tri Suaka


Arti Lagu Arvian Dwi Melepas Lajang - Lagu ini menceritakan tentang seorang cowok yang hendak melamar kekasihnya untuk menjadi istrinya. Dari judulnya saja kita sudah mengetahui, Melepas Lajang, yakni merelakan masa lajangnya (bujang) untuk berubah status menjadi “tidak lajang” atau menikah.

Lagu Melepas Lajang ini rilis di kanal Youtube Trisna Music pada tanggal 6 Januari 2022. Tercatat pada hari ini, setelah dua minggu rilis masih nangkring di #2 di Tranding untuk Musik Youtube dengan perolehan 7 juta viewers lebih. Lagu ini juga viral di Tiktok, Instagram, dan beberapa sosmed lainnya. Sungguh mengesankan!

Setelah mendengarkan lagunya berulang kali, mungkin kamu penasaran tentang lagu Arvian Dwi Ft. Tri Suaka - Melepas Lajang ini sebenarnya menceritakan tentang apa? Tenang saja, karena anaksenja.com akan menemanimu mengulik makna di balik lirik lagunya. Tanpa berlama-lamla lagi, mari langsung saja kita mulai pembahasannya dari bait pertama!

Analisis Lirik Lagu Melepas Lajang dari Arvian Dwi Ft. Tri Suaka


Mungkin sudah saatnya
Kan ku akhiri masa kesendirian
Mempersiapkan hati tuk melamarmu
Terimalah diriku 

Seperti pada umumnya sebuah hubungan percintaan, yang puncaknya adalah “pernikahan”. Semua orang pasti memiliki impian untuk menikah bersama seseorang yang dicintai (kekasih). Maka dari itu, ketika semuanya sudah siap, seorang cowok pasti akan memberanikan diri untuk melamar kekasihnya untuk menjadi pasangan hidupnya yang sah secara agama dan negara.

Dari yang sebelumnya tercatat “belum menikah”, akan berganti status di dalam KTP dan Kknya menjadi “menikah”. Semua cowok pasti menginginkan hal itu, tentunya ketika dia sudah benar-benar siap untuk bertanggung jawab sepenuhnya atas kelansungan hidup calonnya tersebut, baik di dunia dan di akhirat juga pastinya. Memang sebenarnya berat, namun memang anjuran dari agama adalah “segeralah menikah”, agar terlepas dari berbagai dosa dan demi kelengkapan ibadah yang masanya seumur hidup.

Bisa dibilang bagian awal dari lagu Arvian Dwi Ft. Tri Suaka - Melepas Lajang ini juga merupakan bagian reffrain dari lagu ini, yang nanti pada bagian akhirnya ada sedikit perubahan lirik, dari yang terimalah diriku menjadi terimalah cintaku. Yuk langsung lanjut ke bagian selanjutnya!

Mungkin saat ini
Ku akan melepas masa lajangku
Kan ku persunting dirimu 
Jadilah pasanganku
Dan hidup menua bersamaku
Terimalah cintaku

Ketika memang merasa “sudah waktunya”, melamar pun akan dilakukan untuk syarat awal menuju ke jenjang yang lebih serius (pernikahan). Melamar (perihal cinta) memiliki arti meminta wanita untuk dijadikan istri. Jadi, yang bisa melamar hanyalah seorang pria. Jika ada seorang wanita yang melamar pria, itu tandanya dia sudah melenceng dari KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia). Hihihi...

Mengajak dia (kekasih) untuk berkenan menerima cintanya dan menjadi istrinya, dengan harap bisa menua bersama di dalam keharmonisan rumah tangga. Saling melengkapi dan menjadi teman hidup di segala kondisi. Dan, berharap dia mau menerima lamarannya, lalu segera merencanakan tanggal untuk melaksanakan pernikahan. Uwu...


Mungkin sudah saatnya
Kan ku akhiri masa kesendirian
Mempersiapkan hati tuk melamarmu
Terimalah cintaku

Yap! Ini sama seperti pada bagian di awal lagu, hanya berbeda di bagian akhirnya saja, dari yang sebelumnya terucap “terimalah diriku” menjadi “terimalah cintaku”. Sebenarnya ini sama saja sih, tidak merubah makna, karena intinya adalah memohon ke pihak wanita untuk bersedia dipersunting (dinikahi).

Sebuah lamaran tentunya akan diucapkan ke seseorang yang sangat dicintai. Saran mimin sih sebaiknya ditujukan ke seseorang yang benar-benar mau, karena jika ditolak rasanya pasti gak karuan. Apalagi jika melamarnya ke istri orang, bisa-bisa bonyok tuh muka. Jadi, perlu digaris bawahi, melamar memang ditujukan ke seseorang yang dicintai, tapi harus dilihat-lihat dulu, seseorang yang dicintai itu pantas dijadikan istri atau tidak, karena jika salah sasaran bisa fatal akibatnya.

Demikian kajian makna yang tersembunyi di balik lirik lagu Arvian Dwi Ft. Tri Suaka - Melepas Lajang dari anaksenja.com. Apabila kamu memiliki tafsir yang berbeda, jangan sungkan untuk mengatakannya di kolom komentar ya? Mari kita bahas bersama-sama hingga menemukan makna yang sebenar-benarnya dari lagu Arvian Dwi Ft. Tri Suaka - Melepas Lajang ini. Terimakasih :)

0 Comments

Posting Komentar