Makna Sebenarnya di Balik Lagu Dulu - Danar Widianto X Factor


Arti Lagu Danar X Factor Dulu - Lagu ini menceritakan tentang korban bullying yang berhati kuat, ia mampu bertahan dalam diam untuk membuktikan ke semuanya bahwa ia tak selemah yang dikira. Lagu ini diciptakan oleh Danar Widianto, seorang konstestan X Factor Indonesia tahun 2021 yang langsung trending #1 di Youtube.

Danar mengatakan, motivasi di dalam hidupnya adalah “diamku adalah perjalanan, untuk membuatmu diam”. Keren banget bukan! Yap, setelah ia mengucapkan motivasinya tersebut langsung dicap oleh The Oca bahwa ia adalah “anak senja”. Wah, pas sekali menjadi bagian dari blog sederhana ini! Hihihi.

Pada kesempatan kali ini, anaksenja.com akan menemanimu mengulik makna yang tersembunyi di balik lirik lagu Dulu milik Danar Widianto. Yuk langsung saja kita mulai dari bait pertama!

Analisis Lirik Lagu Dulu dari Danar Widianto


Dulu…
Ku kau maki
Ku kau hina
Ku kau benci

Pada bagian awal lagu ini menceritakan tentang seseorang yang sedang membayangkan sesuatu dimasalalunya, dimana ia pernah diremehkan dan direndahkan oleh orang lain, entah karena status sosialnya, keadaan fisiknya, maupun hal-hal lain. Si Danar sendiri juga membeberkan secuil kisah bahwa dulu saat SMP pernah mengalami tindakan bullyan dari teman-temannya. Yap, informasi kecil ini dapat membantu kita untuk mengungkap semua makna di lirik lagu Dulu ini.

Dulu…
Kau injaki
Harga diri
Ku tak sempurna

Mungkin si damar ini memiliki kekurangan sehingga teman-temannya membullynya. Membuatknya sakit hati tanpa melihat harga dirinya. Mimin sendiri sih memaklumi, karena dulu teman-teman SMP mimin juga parah-parah kalau sedang bercanda. Dari mencaci kecacatan hingga parahnya lagi sampai mencaci orang tua. Walaupun bisa dimaklumi karena pada usia tersebut seorang anak sedang dalam fase pencarian jati diri, namun tetap tidak bisa dibenarkan karena hal tersebut bukanlah hal baik. Pendidikan karakter sangatlah penting bagi anak untuk berbudi pekerti luhur.


Akan ku buktikan
Kan kulawan
Takkan terhenti

Pada bagian reff lagu Dulu ini berisikan sebuah komitmen, bahwa ingin menunjukkan kepada mereka semua yang dulunya pernah merendahkan tidak jauh lebih baik dari dirinya yang sekarang. Pastinya memerlukan usaha yang sangat keras dong, dan salah satu hal yang di ambil oleh Danar adalah dengan mengasah bakatnya di dunia musik. Mimin doain deh, semoga Bang Danar bisa sukses, namun jangan menjadi sombong yak, tetap rendah hati dan mampu memaafkan dosa-dosa temannya saat dulu kala, karena adanya Danar yang sekarang itu dikarenakan adanya sosok teman-teman nakal di waktu lampau. :)

Akan ku buktikan
Ku takkan mati
Karna dibully

Yap, semangat yang sangat keren. Jangan jadikan bullyan menjadi titik akhir dalam kehidupan. Danar memberikan contoh bahwa bullyan mampu menjadikan seseorang menjadi kreatif dan hebat. Contohlah semangatnya kawan, jangan menyerah ya buat kamu yang sering dibully!

Dulu…
Engkau renggut
Semua maumu
Walau ku ringkih

Kebanyakan anak kecil memang memiliki mental yang cukup ringkih, dimana gampang nangis, marah, maupun frustasi. Maka dari itu, buat kamu yang sering bercanda diluar batas, semoga kamu bisa lekas sadar ya. Jangan siksa temanmu dengan mulut dan tindakanmu. Kamu hanyalah manusia dan dia (yang di bully) juga sama denganmu, manusia. Bercanda ada batasnya, dan Tuhan maha adil. Maka berhati-hatilah, karma selalu ada.


Dulu…
Kau berkuasa
Karna harta
Bapakmu punya

Ya, kebanyakan anak-anak sekolah hanya bergaya dengan harta yang berasal dari orang tuanya. Lantas, apa yang dibanggakan? Apakah seseorang layak merendahkan orang lain dengan sesuatu yang tidak ia peroleh dari dirinya sendiri? Tentu tidak, sangatlah tidak bijak. Belajarlah dari tukang parkir, ia tidak pernah menyombongkan berapa puluh mobil dan ratusan motor yang ia jaga karena ia sadar bahwa semuanya hanyalah titipan yang akan dating dan pergi dengan sangat mudah. Maka dari itu, yuk koreksi diri bersama-sama. Jangan sampai terlena dengan sesuatu yang sifatnya hanya sementara, dan terus menjaga cinta bagi sesama manusia agar terus diberkahi oleh Tuhan yang maha esa.

Demikianlah kajian makna dari lirik lagu Dulu ciptaan Danar Widianto, yang merupakan kontestan X Factor Indonesia tahun 2021. Semoga bermanfaat untuk kita semua. Apabila kamu memiliki pendapat yang berbeda, jangan ragu untuk menuliskannya dikolom komentar yak! Terimakasih :)

0 Comments

Posting Komentar