Makna Sebenarnya di Balik Lagu Cinta dalam Hati - Ungu


Arti Lagu Ungu Cinta dalam Hati - Lagu ini menceritakan tentang perjuangan cinta seseorang yang tak mengenal lelah. Ia terus fokus untuk “mencintai” dan mengenyampingkan imbalan “dicintai”, karena memang fokus utamanya adalah “memberi” bukan “meminta”.

Walaupun lagu Cinta dalam Hati ini merupakan lagu lama, namun belakangan lagu ini sempat hits kembali di beberapa platform sosial media, seperti TikTok, Instagram, Facebook maupun Youtube. Pada kesempatan kali ini anaksenja.com akan mencoba menemanimu untuk mengkaji makna yang tersembunyi di balik lirik Cinta dalam Hati milik Ungu. Tanpa berlama-lama lagi, mari langsung saja kita mulai pembahasannya dari bait pertama!

Analisis Lirik Lagu Cinta dalam Hati dari Ungu


Mungkin ini memang jalan takdirku
Mengagumi tanpa di cintai
Tak mengapa bagiku asal kau pun bahagia
Dalam hidupmu, dalam hidupmu

Pada bagian awal lagu Cinta dalam Hati ini menceritakan tentang sebuah pengorbanan seseorang dalam perjuangan cintanya, yakni dengan gamblang dijabarkan bahwa “mengagumi tanpa di cintai”. Ia merasa tak mengapa asal yang dicintainya tetap bahagia di dalam hidupnya.

Telah lama kupendam perasaan itu
Menunggu hatimu menyambut diriku
Tak mengapa bagiku cintaimu pun adalah
Bahagia untukku, bahagia untukku

Ia mengaku bahwa sudah lama memendam perasaannya, tak kunjung mengungkapkan isi hatinya karena belum menemukan momen yang tepat, di mana menunggu kode dari yang dicintainya tampak akan menerima dirinya. Tapi kembali lagi ke prinsip awal, “kalau tidak diterima juga tak apa”, karena fokusnya adalah “mencintai”, bukan pamrih untuk “dicintai” kembali.

Ku ingin kau tahu diriku di sini menanti dirimu
Meski ku tunggu hingga ujung waktuku
Dan berharap rasa ini kan abadi untuk selamanya

Walaupun mencoba sekuat mungkin untuk percaya “cinta tak harus memiliki”, namun di dalam hati yang paling dalam pasti tetap memiliki harapan untuk dimengerti. Karena saking cintanya (cinta mati), ia rela menanti seumur hidup hingga seseorang yang dicintainya itu mau membuka hati untuknya. Gila sih ini orang, kualitas cintanya no debat. “Kalau bukan dia, mending tak usah!” 


Dan ijinkan aku memeluk dirimu kali ini saja
Tuk ucapkan selamat tinggal untuk selamanya
Dan biarkan rasa ini bahagia untuk sekejab saja

Harapan yang terbesit di benaknya adalah keinginan untuk memeluk pujaannya tersebut walau hanya sekali saja. Ia ingin mengucapkan selamat tinggal untuk yang terakhir kalinya dan berbahagia walau hanya sebentar di dalam pelukannya. Gambaran di pikiran mimin sih ucapan perpisahan ini diucapkan karena ia sudah mengorbankan dirinya untuk yang dicintainya tersebut dan merasa bahwa waktu hidupnya sudah tak lama lagi Lantas keinginannya ya cuma satu, yakni di peluk dan meninggal di dalam pelukannya (seseorang yang dicintainya) dengan damai.

Mungkin ada beberapa bagian yang menurutmu kurang sesuai? Silakan langsung tulis aja di kolom komentar ya, dan kita akan bahas bersama-sama sampai menemukan makna yang sebenar-benarnya. Kembali mengingatkan bahwa setiap orang pasti memiliki interpretasi yang berbeda-beda di dalam pengamatannya. Jadi, jangan ragu untuk bebas berekspresi asal masih di dalam koridor positif!

Demikian kajian makna dari lirik lagu Cinta dalam Hati milik Ungu yang dibawakan oleh Pasha dengan sangat apik. Apabila ada lagu lain yang ingin kamu ketahui maknanya, kamu bisa request di kolom komentar. Pasti mimin Anaksenja akan memasukkan ke dalam daftar dan segera mempubliskannya! Terimakasih atas waktunya, semoga bermanfaat. :)

0 Comments

Posting Komentar