Gunakan fitur Bookmark untuk menyimpan bacaanmu di lain waktu Info!

Makna Sebenarnya di Balik Lagu Yang Terdalam - Peterpan (Noah)


Arti Lagu Peterpan Yang Terdalam - Lagu ini menceritakan tetang kekecewaan seseorang akibat cintanya bertepuk sebelah tangan. Ia mati-matian memperjuangkan cintanya, tapi kenyataannya dia (yang dicintai) malah berpaling dan lebih memilih mencintai orang lain. Nyesek sih... :(

Yap. Pada kesempatan kali ini anaksenja.com akan menemanimu mengulik makna dari lagu Peterpan, yang diarasemen kembali oleh Noah di akhir tahun 2021 yang berjudul Yang Terdalam. Lagu ini diremake dengan cukup apik, walau mimin rasa masih sama saja sih dengan yang dulu. Tapi, baru satu hari saja sudah mendapatkan jutaan viewers. Hal ini menandakan bahwa lagu lama juga masih bisa diterima di jaman sekarang!


Kalau ingin cerita tentang lagu ini pasti gak ada habisnya, karena lagunya sangat related dengan kisah cinta mimin. Tapi yang terpenting, mari kita fokus dulu ke kajian makna dari lirik lagu Yang Terdalam ini!

Analisis Lirik Lagu Yang Terdalam dari Peterpan / Noah


Kulepas semua yang kuinginkan
Tak akan kuulangi
Maafkan jika kau kusayangi
Dan bila ku menanti

Cinta dapat membutakan seseorang, bahkan menjadikan seseorang menjadi gila, sampai-sampai merelakan segala cita-citanya demi memperjuangkan cintanya. Hal ini dapat terjadi saat seseorang tersebut benar-benar mencintai hingga ke lubuk hatinya yang paling dalam. Membuatnya mau melakukan apapun demi mendapatkan cintanya, walau terkadang membuat seseorang yang dicintainya itu tidak nyaman atau merasa terganggu.

Pernahkah engkau coba mengerti?
Lihatlah ku di sini
Mungkinkah jika aku bermimpi?
Salahkah tuk menanti?

Setelah melakukan segala perjuangan namun belum juga mendapat hasil yang diinginkan, terkadang muncul pertanyaan "apakah dia mengerti tentang apa yang aku usahakan untuk mendapatkannya ya? Atau mimpiku terlalu tinggi? Apakah salah saat aku memperjuangkannya?". Hal ini dapat terjadi karena terkadang cinta bersifat pamrih, yakni ingin mendapat pengakuan atau kejelasan dari dia yang dicintai. 

Takkan lelah aku menanti
Takkan hilang cintaku ini
Hingga saat kau tak kembali
Kan kukenang di hati saja

Sampailah pada bagian reff lagu Yang Terdalam. Pada bagian ini berisi sebuah penegasan, bahwa dia (tokoh utama di dalam lagu ini) benar-benar pejuang cinta sejati. Ia rela menanti jawaban atau kepastian  dari seseorang yang dicintainya walau di dalam ketidakpastian.


Kau telah tinggalkan
Hati yang terdalam
Hingga tiada cinta
Yang tersisa di jiwa

Dan, pada akhirnya sirna sudah semua impian. Ia (yang dicintai) lebih memilih pergi atau memilih orang lain. Rasa cinta yang sudah lama ditanam di lubuk hati yang terdalam seakan-akan meledak dan hancur berkeping-keping hingga tak tersisa (karena tertampar kenyataan). Ya, kecewa dan patah hati. Namanya juga "jatuh cinta", cintanya hilang ya tinggal jatuhnya saja. Sakiiiiittttt!

Dalam mencintai, seharusnya kita sadar bahwa cinta itu tak bisa dipaksa, supaya kita bisa mengontrol diri dan tidak terlalu terluka saat kecewa. Buat kamu yang mungkin mengalami hal yang serupa dengan isi dari lagu Yang Terdalam ini, semangat ya! Kamu pasti bisa melewati masa sulit itu! Dan percayalah, jodohmu yang jauh lebih baik sedang menunggumu di suatu tempat. Teruslah tersenyum!


Demikian kajian makna lagu Peterpan atau Noah yang berjudul Yang Terdalam. Apabila kamu memiliki cerita yang berbeda atau tidak setuju dengan interpretasi yang sudah mimin paparkan, kamu bisa sanggah di kolom komentar. Mari kita temukan bersama-sama semua makna lagu yang ada di muka bumi ini!

Posting Komentar

Silakan berkomentar dengan sopan. Centang Beri Tahu Saya untuk mendapatkan notifikasi dari komentarmu. :)
Oops!
Sepertinya ada yang salah dengan koneksi internetmu. Harap sambungkan ke internet dan mulai menjelajah lagi.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.