Makna Sebenarnya di Balik Lagu Rumit - Langit Sore


Arti Lagu Langit Sore Rumit - Merangkai kata mejadi kalimat itu memang tidak semudah yang dibayangkan. Selalu terlihat rumit meskipun kenyataanya sederhana. Sama seperti sokasik episode kali ini, entah mimin yang kurang piknik atau hati yang tidak bisa berjalan dengan baik. Keduanya cukup menjadi alasan dalam pembahasan episode kali ini, mencoba mengartikan perasaan lewat sebuah lagu. Lagu yang berjudul rumit dipopulerkan oleh langit sore. Memiliki makna yang cukup dalam mendefinisikan sebuah perjuangan. Yuuk, kita lihat sedalam apakah makna yang terdapat di dalamnya? 

Analisis Lirik Lagu Rumit dari Langit Sore

Lelah dengan harapan
Kau tak mungkin ku dapatkan
Tentang perasaan tak bisa dipaksakan

Menggambarkan perasaan seseorang yang mulai lelah dengan harapan. Semua harapan yang selama ini diperjuangkan. Harapan yang menjadi alasan setiap menjalani hidup dan kehidupan. Harapan yang tersemat dalam doa setiap malam. Kemudian menyadari bahwa orang yang diharapkan tersebut tidak mungkin didapatkan. Rasanya jangan ditanya, campur aduk tak karuan. Bayangkan saja ketika semua yang diusahakan tiba-tiba terpatahkan karena berbagai alasan. Lalu berakhir dengan tidak dapat memilikinya. Hancur kecewa sedih marah mejadi satu. Menyadari juga perasaan yang tertanam sejak awal timbul pun tidak bisa untuk dipaksakan. Perihal hati tidak akan baik jika didasari dengan kata dipaksakan, apalagi atas dasar kasihan.

Aku ingin kamu
Tapi kau tak mau
Jangan paksa aku membencimu

Keinginan untuk memiliki semakin menguat seiring berjalanya waktu. Tetapi tidak akan ada artinya sama sekali ketika orang tersebut menginginkan orang lain. Perasaan yang dominan muncul adalah kecewa. Kecewa yang ditimbulkan membuat hati membenci. Membenci tetapi mencitai. Membenci ketika merasakan semua harapan sekaligus usaha terasa sia-sia. Mencintai ketika sedari awal memang seseorang itu yang dibutuhkan, diinginkan, dan diperjuangkan. Membenci karena kenyataanya hanya berjuang sendiri.

Memahami hatimu
Tak akan cukup usiaku
Sementara rindu ini
Semakin menusuk dadaku

Mencoba memahami apa yang salah, kenapa herus berjuang sendiri. Meskipun pada kenyataanya memang jauh dari kata sempurna. Semakin bertambahnya usia bukan semakin pudar akan tetapi perasaan itu semakin tumbuh, tumbuh, dan tumbuh. Tolak ukur masih sama. Meskipun dengan segala kekurangan tidak mengubah sedikit saja harapan yang pernah ada. Memahami juga bagaimana rasanya berjuang sendiri sekaligus berusaha sendiri? Perasaan tersebut digambarkan seperti menusuk dada. Sesak pengap tidak bisa bernafas tetapi ingin tetap berusaha.

Tenyata perasaanmu padaku
Biasa-biasa saja

Kenyataan memang tak seindah yang dibayangkan. Semua perjuangan hanya dianggap biasa saja. Tidak memiliki arti apapun. Iyaa, sama sekali. Jangankan dianggap sekadar mengetuk pintu saja terabaikan. Mimin cukup mengerti perasaan ini, seperti ingin menangis tetapi tertahan tidak bisa keluar sama sekali. Seakan dunia runtuh. Ingin marah tetapi menyadari hati yang memilihnya. Ingin pergi tertahan oleh sisa sisa harapan. 

Cinta itu sederhana
Yang rumit itu kamu
Mencitaimu itu mudah
Yang sulit adalah
Membuatmu juga mencintaimu

Cinta itu memang sederhana ketika bersama. Sedangkan yang rumit diri sendiri. Sudah mengetahui harapan sia-sia, terluka bahkan tidak bisa bersama masih bisa meyakini keajaiban itu nyata. Begitulah definisi cinta. Gilaa, cukup gila  dan logika tak berjalan semestinya. Semua keburukan pun tidak menjadi penghalang. Sebab sudah memutuskan untuk menerima. Memilih mencintai itu berati memutuskan untuk menerima segala kurang dan lebihnya. Ternyata memutuskan menerima saja tidak cukup, yang paling utama adalah bersama. Menerima itu mudah tetapi membuat seseorang menerima kita itu yang susah. Membuat seseorang mencintai kita itu tak semudah membalikan telapak tangan apalagi sudah jelas tidak bisa bersama.

Aku mengerti bahwa bahagiamu bukan denganku
Niscaya semua luka kan sembuh bersama waktu

Lambat laun menyadari semua terlihat sangat konyol. Berusaha tanpa henti ketika sudah mengetahui jawabanya. Mau tidak mau harus tersadar ini sebuah kesalahan. Kesalahan tentang keyakinan dia ingin bersamaku wkwkw konyol banget. Kesehatan mental memang sangat dibutuhkan pada fase ini. Harus mencoba untuk menerima, merelakan, dan mengikhlaskan. Meskipun rasanya cukup berat. Bukan cukup sih tapi sangat berat. Harus siap. Semoga luka itu sebentar saja. Berharap waktu akan menghapusnya secara perlahan. 

Maafkan aku yang pernah ada dihidupmu
Kini ku pergi dan tak kan lagi menggangu

Level tertinggi dalam mencintai yaitu mengikhlaskan. Mencoba mengakhiri harapan yang terlalu tinggi. Sudah saatnya melangkah maju meninggalkan semua harapan. Meninggalkan semua luka. Berharap suatu saat tidak menemui hal ini kembali. Fase inilah saat terbaik untuk mengeluarkan kata pergi. Pergi tidak kembali.

Aku telah belajar ikhlas untuk melepas
Kau abadi sebagai luka yang membekas
Terima kasih untuk cinta yang hadir
Walau bukan seperti ini ku bayangkan kan berakhir

Harus belajar,  belajar bahwa ini keputusan terbaik. Melihat seseorang yang kita cintai bahagia bersama pilihanya. Melepas juga bukan berati kalah. Melepas pertanda bahwa ini level ikhlas yang sesungguhnya. Meskipun meninggalkan luka yang tidak akan pernah bisa hilang. Tidak lupa juga untuk mengucapkan terimah kasih karena telah merasakan semua ini. Level mencintai namun tidak dicintai.

Sedih banget yaa makna lagu yang berjudul rumit ini. Meskipun begitu mimin tetap bangga karena seseorang yang diceritakan dalam lagu tersebut telah berusaha yang terbaik meskipun tidak berakhir seperti yang dibayangkan. Semoga apa yang kalian rasakan dalam lagu tersebut, menjadi bukti perjuangan kalian ketika harus memilih merelakan. Udahan yaa, sokasik kali ini terlalu panjang. Mata sudah sembab, menghayati kalimat satu dengan kalimat lain hihi sampai jumpa di episode sokasik selanjutnya! :)

Us

0 Comments

Posting Komentar