DI ANTARA PERTUMBANGAN RASA - SOKASIK#8


Hai, selamat malam! Serasa masih ingin libur saja nih! Siapa coba yang nggak pengen libur meskipun hanya sekadar menenangkan pikiran? Atau mungkin untuk menghilangkan kejenuhan sekaligus sedikit menghilang dan menikmati suasana baru? Mungkin hanya aku yang tidak begitu menyukai libur. Aneh sih, tapi begitu nyatanya.

Aku tidak terlalu menyukai ada waktu luang karena waktu luang itu adalah sumber dari keoverthingkingan. Yaa, begitulah. Terkadang ada beberapa orang terlihat gila kerja, padahal kenyataanya bukan tentang uang tapi tentang menghilangkan sunyi dan melupakan diri. Seberapa besar seseorang terlihat baik- baik saja, selalu ada celah yang membuat mereka akan terlihat sebaliknya. Seberapa besar orang menemukan sesuatu yang bisa membuatnya tetap baik-baik saja, akan selalu ada sedikit ruang yang tidak ditemukan untuk mengunci semua itu rapat-rapat. Maka, setelah itu  hanya muncul satu kata yaitu pasrah. Mungkin kali ini sok asik bakalan bahas tentang kata pasrah. Sebenarnya apa sih pasrah itu?

Menurut KBBI Revisi V  kata pasrah memiliki arti menyerahkan sepenuhnya: marilah kita- kepada takdir hati yang tabah; ia- apa yang akan diputuskan oleh pengadilan.

Definisi pasrah itu sebenarnya bisa terlihat nyata disekeliling kita. Namun, bagi Us sendiri definisi pasrah itu lebih mirip kalimat “ ya, udahlah yaa. Mau bagaimana lagi ”. Setidaknya sudah berusaha yang terbaik dan berdoa. Ketika sudah mengusahakan ternyata hasilnya belum baik, meski sudah berdoa setiap malam setiap waktu tapi Allah belum mengabulkanya. Merasakan segumpal kecewa dan sebongkah kesedihan. Kemudian kamu merasa mungkin itu sudah jalanya. Sudah yang terbaik. Kemudian keluar kalimat “ ya, udahlah yaa. Mau bagaimana lagi ” menurutku itu definisi pasrah yang sesungguhnya. Merasa sedikit ikhlas meskipun berlumuran kekecewaan.

Setelahnya terselip kalimat…

“ ya udah, aku benar-benar berada pada titik pasrah. Terserah yang di atas. Nalarku terbatas sedangkan skenario Allah tanpa batas. Pikiranku sangat sempit. Jadi, jangan batasi doa dengan menggunakan nalar dan pikiran. Sebab yang kau anggap mustahil bisa dengan mudah Allah wujudkan ”

Biarkan begini saja dulu, nanti kau akan lihat pelangi setelah hujan badai datang. Kamu hanya perlu sedikit bersabar. Lesty Kejora dan Rizky Billar dipertemukan dengan sebaik-baiknya. Melalui hal tak terduga. Irwansyah dan Zaskia Sungkar diberikan kebahagian setelah berpuluh-puluh perjuangan. Raffi Ahmad dan Nagita Slavina bertahan setelah jutaan badai topan datang. Kekuatan doa memang tidak pernah bisa ditebak. Tidak ada yang lebih baik dan menenangakan selain cukup berdoa sekaligus bercerita kepada Sang Pencipta. Sang Maha Mengetahui isi hati hambanya. Maha Membolakbalikan hati seseorang. Tempat untuk meminta, mendoakan, menceritakan banyak hal sebelum fajar setelah tengah malam tanpa sadar meneteskan air mata. Disitulah kata pasrah bermunculan. Pasrah terhadap skenario yang terbaik. Pasrah kepada Sang Pencipta.

~ Us

0 Comments

Posting Komentar