Makna Sebenarnya di Balik Lagu Tersesat - Dialog Dini Hari


Arti Lagu Tersesat Dialog Dini Hari - Secara garis besar, lagu Tersesat ini menceritakan tentang sebuah pertanyaan dasar dari sebuah kehidupan yang dirasa sudah 'aneh' dan tak sejalan dengan pemikiran. Ketika ditemukan dengan segala keadaan, seperti lingkungan yang terasa sudah tidak nyaman dengan segala masalah-masalah membosankannya, maupun kebiasaan diri di dalam kebiasaan-kebiasaan yang terasa menyesatkan.

Seperti yang kita ketahui, tersesat adalah sebuah keadaan di mana kita salah jalan, atau bahasa kerennya adalah 'kesasar'. Jadi kita perlu bertanya tentang arah mana yang paling benar. Tanya kepada siapa? Hmm, jika tersesat di jalan sih tanyanya ke orang sekitar, kalau tersesatnya tentang jalan kehidupan? Daripada berlamaa-lama, yuk langsung saja kita bahas lengkap arti dan makna dari lagu Tersesat ini!

Makna Lagu Dialog Dini Hari - Tersesat

Mesti ke mana?
Harus bagaimana?
Sampai kapan?
Di mana rumah?
Di mana?

Namanya juga tersesat, pastinya tanya dong? Tanya arah, tanya tujuan, tanya jarak tempuh, tanya apapun itu untuk mendapatkan arah menuju jalan pulang. Pulang ke tempat tujuan, seperti rumah atau tempat yang sekiranya bisa membuat hati merasa tentram.

Di mana langit?
Di mana udara?
Di mana dermaga?

Pada bagian ini kembali bertanya, tentang letak langit, udara dan dermaga. Langit bisa kita ibaratkan dengan sebuah impian, udara bisa kita ibaratkan dengan kebutuhan pokok makhluk hidup (manusia). Sedangkan dermaga. kita ketahui adalah sebuah tembok (bangunan) yang berfungsi sebagai penahan ombak (di pelabuhan) atau sebagai tempat pangkalan dan bongkar muatan barang (dari kapal). Jadi bisa kita simpulkan bahwa makna dari kata 'dermaga' di sini adalah sebuah tempat di mana kita (sebagai manusia) bisa berlabuh atau sebuah bangunan kuat untuk menahan semua ombak (masalah) di dalam kehidupan yang penuh dengan segala lika-likunya.

Jika setiap hari adalah pencarian
Di mana petunjuk jalan menuju pulang?
Di mana mereka yang seharusnya bersama?
Di mana?

Kembali lagi muncul sebuah pertanyaan. Pada bagian reff ini menceritakan tentang inti dari lagu Tersesat milik Dialog Dini Hari, yaitu menceritakan tentang sebuah pertanyaan dari sebuah pemikiran yang biasanya menjadi masalah dasar seorang manusia, hal itu adalah 'letak kedamaian'. Seseorang ketika di hadapi dengan berbagai masalah di lingkungan tempatnya berpijak, pasti rasanya tidak nyaman dan ingin segera mendapatkan kedamaian dengan pulang ke rumah.

Masalah seperti melihat keributan entah itu karena perbedaan pilihan politik, perbedaan prisip, perbedaan keyakinan, maupun 'omongan tetangga' yang dipeributkan mati-matian. Bagi seseorang yang selalu mengutamakan kedamaian pasti akan gusar dan merasa terusik ketika ia berusaha mendamaikan tapi malah lingkungannya masih saja tetap sama.

Dan, rumah di sini memiliki makna yang sangat luas. Secara etimologi, rumah memiliki arti sebuah bangunan untuk tempat tinggal. Seperti kita ketahui, tempat tinggal adalah tempat yang nyaman dan tempat untuk pulang. Seperti halanya pangkuan ibu, dekapan orang terkasih (mungkin istri / suami), dan juga Tuhan. Tak bisa kita pungkiri, saat kita merasa tersesat dan merasa 'tidak pada tempatnya' pasti kita akan merindukan tempat-tempat seperti itu.

Jika tersesat adalah hidup
Kematian adalah mercusuar

Dan, pada akhir lagu ini menjelaskan maksud dari arah lagu ini mau di bawa ke mana, yaitu mau di bawa untuk menyadarkan bahwa hidup ini hanya sementara dan kematian adalah mutlak dan sangatlah dekat.

Bagi umat beragama, kita percaya bahwa manusia adalah makhluk yang diciptakan Tuhan dengan 'kebebasan' tentang pilihan jalan hidup. Mau taat kepadaNya atau tidak selagi masih hidup di dunia semua itu terserah, namun perlu diingat bahwa semua hal yang kita lakukan maupun amalkan di dunia ini pasti akan ada pertanggung jawabannya. Seperti yang kita yakini, adanya surga dan neraka adalah bukti bahwa pertanggungjawaban itu benar adanya.

Menurut KBBI, salah satu arti dari mercusuar adalah sesuatu yang dipakai untuk memperoleh nama dan untuk bergagah-gagah. Jadi, kesimpulan dari bait terakhir ini adalah jika hidup hanya untuk kegembiraan, cari senang, dan hal-hal lain yang tidak didasari dengan niatan 'mencari bekal' untuk menuju ke kehidupan abadi ya hanyalah sia-sia saja, hanya bisa menjadi kebanggaan ketika kematian tiba. Dikenal sebagai tokoh yang banyak 'gaya', tapi entah nasibnya bagaimana di sana (dunia barunya).

Dari lagu Tersesat milik Dialog Dini Hari ini mengajarkan kepada kita bahwa jangan terlalu hanyut dalam buaian duniawi yang sangat mudah untuk menyesatkan kita. Membuai ke arah kegembiraan sesaat yang akan menyusahkan kita di hari akhir nanti karena kekurangan bekal (amal kebaikan). Semoga analisis atau interpretasi dari likik lagu Dialog Dini Hari berjudul Tersesat ini bisa bermanfaat untuk kita semua. Jika kamu memiliki makna lain dan ingin kamu ceritakan, silakan langsung saja tulis di kolom komentar ya! Terimakasih, sampai jumpa di postingan anaksenja.com selanjutnya!

0 Comments

Post a Comment