Makna di Balik Lagu Resah Jadi Luka - Daun Jatuh


Arti Lagu Daun Jatuh Resah Jadi Luka - Apa yang kamu pikirkan setelah mendengar kata "Resah"? Apakah tentang lagu Payung Teduh? Atau malah tentang perasaan gundahmu kala terbayang-bayang wajahnya? Dan perlu kamu ketahui, sebenarnya lagu ini menceritakan tentang perasaan seseorang yang bersyukur akibat dipertemukan dengan sesosok "pahlawan" di saat yang tepat. Namun tak lama kemudian dikecewakan oleh orang yang sama akibat ... apa hayo? Yuk langsung saja kita ungkap di setiap bagiannya! 

" Makna Lirik Lagu Daun Jatuh - Resah Jadi Luka "

Ku menemukanmu saat ku terjebak
Di situasi yang membuatku resah
Kau merangkulku di saat yang lain menindasku
Ingin rasanya aku selalu bersamamu

Mendapat bantuan memang sangat menyenangkan. Dapat memperingan beban kehidupan karena ada yang mau membantu menopang. Cara menopang di sini bermacam-macam, bisa jadi mendengarkan segala keluh kesah, memberi saran positif yang membuat diri menjadi lebih semangat dalam menjalani hidup, atau menghibur dengan candaan-candaannya yang mampu melupakan segala masalah yang sedang terjadi.

Pada bagian pertama ini, menceritakan tentang seseorang yang sedang bersyukur akibat bertemu dengan seseorang yang bisa menentramkan hatinya. Datang tepat waktu, di kala terpuruk dan tak ada yang menolong. Kemudian Dia datang, membuat hati senang, dan rasanya ingin terus bersamanya.

Ku menemukanmu saat aku terjatuh
Ke dalam ruang yang penuh kepahitan
Kau melindungiku di saat yang lain menyerangku
Ingin rasanya aku melihatmu di setiap langkahku

Hampir mirip dengan bagian sebelumnya, namun dengan persoalan yang berbeda. Masih tentang rasa syukur akibat dipertemukan dengannya. Dia datang di saat tak ada satupun orang yang mendukung ataupun melindungi. Kemudian Dia datang dengan segala caranya untuk membela dan melindungi dari segala hinaan dan cacian. Siapa coba yang gak ingin terus bersama-sama dengan seorang pahlawan seperti itu?

Tapi mengapa tiba-tiba seakan kau pergi
Melepas rangkulanmu dan berhenti melindungiku tanpa sebab

Saat merasa nyaman-nyamannya, saat merasa sayang-sayangnya, saat merasa cinta-cintanya, tiba-tiba sesosok pahlawan itu perlahan menghilang. Melepas semuanya yang sebelumnya pernah ia berikan. Tak lagi datang di saat membutuhkan pertolongan, saat hinaan datang, dan segala cobaan datang dari segala penjuru.

Mungkin alam semesta tak menerimanya
Dan waktu tak memberi kesempatannya
Tapi setidaknya kau telah merubahku
Dari resah menjadi luka

Tak bisa memaksa, hanya bisa berpasrah. Takdir berkata lain, tak sesuai harapan. Mungkin memang bukan jodohnya. Namun tetap saja muncul rasa kecewa, ketika kehilangan sesosok pahlawan yang telah terasa "sangat dekat" dan mungkin saja sudah melahirkan benih-benih cinta. Yang semulanya merasa resah karena keadaan sekitar begitu memprihatinkan, kini berubah menjadi luka karena merasa kehilangan sesosok pahlawan yang pernah menjadi pelindung dari segala cobaan.

Namun aku akan tetap di sini
Menunggu alam semesta menerima
Dan angin membawakan jawabannya
Karena detak jantung dan nadiku akan selalu
Merindukanmu

Mungkin Dia sudah tak mau tau lagi. Mungkin merasa ilfil karena terlalu mengandalkannya, jadi Dia merasa hanya dimanfaatkan saja. Atau bisa jadi karena risih, saat sadar bahwa rasa cinta kepadanya sudah mulali dirasakannya. Mungkin saja dulu ia datang hanya karena merasa kasihan, bukan karena rasa cinta. Namun diri terlalu percaya diri dan egois, merasa bahwa Dia juga memiliki rasa yang sama.

Walaupun Dia sudah pergi, namun diri masih menunggunya kembali. Mungkin dia sedang sibuk? Atau sedang khilaf? Bisa saja kan dia kembali di waktu yang akan datang? Walau entah kapan, tapi masih tetap percaya bahwa Dia adalah sosok yang pantas untuk dinanti.

Demikian kajian makna atau bedah arti lagu Resah Jadi Luka dari Daun Jatuh. Mungkin kajian makna ini bisa ngena di hatimu karena sedang merasakan hal yang sama. Atau malah bisa jadi kamu enggak setuju dengan apa yang udah Mimin Anaksenja jabarkan? Langsung saja utarakan pendapatmu tentang lagu ini di kolom komentar yak! Mari kita ungkap bersana-sama tentang makna sebenarnya dari lagu Resah Jadi Luka ini!

6 komentar

  1. Balasan
    1. Yang meninggalkan atau yang ditinggalkan nih? 🤭

      Hapus
  2. Balasan
    1. Memang keren banget kak. Terdengar simpel walau sebenarnya liriknya lumayan dalem 😁

      Hapus
  3. keren nih mimin nya, skill menganalisa nya ga di ragukan lagi, saya sebagai pencipta lagu ini mau ngucapin terimakasih banyak buat anaksenja.com, semoga sukses selalu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, yang bener nih? Terimakasih kembali atas apresiasinya kak. Entah bener atau enggak, saya juga selalu doain agar daun jatuh selalu terbang dan terus tinggi untuk mencapai titik yang dicita-citakan. :)

      Hapus


EmoticonEmoticon