Makna di Balik Lagu Nematomorpha - Fourtwnty


Makna Lagu Fourtwnty - Nematomorpha ~ Band yang mungkin sering kamu sebut dengan panggilan fortwenty, fourtwenty, atau fortuenti ini pada tahun 2020 telah merilis lagu baru yang berjudul Nematomorpha. Pada kesempatan kali ini anaksenja.com akan mengajakmu mencari arti lagu Nematomorpha dari Fourtwnty. Walaupun dalam keadaan pandemi, Fourtwnty tetap semangat untuk berkarya. Terbukti dengan munculnya lagu ini, lagu yang menyimpan sebuah tanda tanya besar karena judulnya menggunakan bahasa yang bisa dibilang "aneh". Selain bertujuan untuk merilis single terbaru, lagu ini juga ditujukan untuk peringatan 10 tahun mereka berkarya di kancah musik Indonesia.

Sebenarnya apa sih nematomorpha itu? Nematomorpha adalah salah satu jenis hewan parasit yang biasa disebut dengan cacing bulu kuda. Lantas, apa maksud dari semua ini? Mari, langsung saja kita ungkap semuanya!

Analisis Lirik Lagu Nematomorpha - Fourtwnty

Ini dongeng seorang teman
Yang menjelma menjadi nematomorpha
Keluarga tinggal cerita
Sudah halu ini pasalnya

Dongeng adalah cerita yang tidak benar-benar terjadi. Jika dongeng seorang teman, berarti bisa bermakna cerita palsu tentang teman atau cerita teman yang palsu (penipu, curang atau gadungan). Namun di sini dijelaskan di baris selanjutnya, dengan keterangan "yang menjadi nematomorpha". Sebelum mencari tau, mimin menganggap bahwa nematomorpha itu sejenis phobia. Dan ternyata salah, bukan sebuah masalah psikologi melainkan hewan-hewanan. Nematomorpha merupakan salah astu jenis cacing-cacingan yang hidupnya selalu menumpang dan hanya mencari untung sendiri, bisa dikatakan parasit. Sehingga, dongeng di sini bisa diartikan sebagai teman yang selalu menyembunyikan maksud asli dan selalu bertopeng dengan memanfaatkan sesuatu dari diri (kita) untuk tujuannya sendiri.

Sebuah hubungan yang erat, sepertihalnya persahabatan akan terasa seperti keluarga sendiri. Nyaman dalam berbagi cerita, mengutarakan rasa, dan melakukan hal lain secara bersama-sama dengan segala tawa dan suport dari satu sama lain. Namun semua itu hanya menjadi sebuah kehalusinasinan apabila ada yang memiliki sifat seperti nematomorpha.

Angka sepuluh banyak cerita
Antara aku, kau dan kita semua
Air merah jadi saksinya
Ku yakin kau sudah lupa

Angka 10, seperti halnya ulang tahun Fourtwnty yang bersamaan dengan rilisnya single Nematomorpha ini. Selama perjalanan panjang yang bertahun-tahun pasti sudah melewati segala lika-liku kehidupan bersama-sama. Dari yang sebelumnya tidak dikenal, sampai akhirnya seperti sekarang, dikenal di mana-mana dengan segala keistimewaan yang selalu mereka ciptakan setiap harinya.

Saat mulai membentuk grup musik di 10 tahun kemarin, pasti diawali dengan sebuah tujuan dan kesepakatan bersama. Tujuannya sudah dijelaskan di bagian reff kok. Sabar ya, kita pasti akan segera menuju ke bagian tersebut. Hehehe...

Kau lupa
Susahnya
Kau ingat
Senangnya

Memang sudah sewajarnya, satu kebahagiaan bisa melupakan seribu kejadian yang pernah terjadi sebelumya. Namun apakah hal itu adalah baik? Dengan melupakan proses, itu tandanya tidak menghargai sejarah. Melupakan semua hal-hal yang pernah dikorbankan dan disepakati bersama-sama karena terbuai dengan hasil yang sebenarnya bukan tujuan utama.

Dan pada akhirnya, kita masuk ke bagian reff! Mari kita bahas!

Kita cari suka
Bukan angka
Kalau soal angka
Memang ini bukan tempatnya

Jika di urutkan dari awal, kita bisa mengambil kesimpulan bahwa sebenarnya tujuan dibentuknya Fourtwnty adalah untuk senang bersama-sama atas dasar suka. Suka untuk berkarya tanpa memikir angka (nominal). Jika pada akhirnya malah ada yang memikirkan uang sebagai tujuan utama, sudah bisa dikatakan bahwa melenceng dari tujuan awal kan?

Kita cari senang
Bukan uang
Kalau soal uang
Memang benar ku salah orang

Kembali lagi ditegaskan bahwa yang menjadi tujuan awal adalah kesenangan, bersenang-senang dengan karya yang mereka ciptakan dengan tujuan menghibur diri dan sesamanya. Jika dari kegiatan yang mereka tekuni tersebut menghasilkan uang, seharusnya jika masih berpedoman dengan tujuan awal "uang" bisa dianggap sebagai bonus belaka. Dan jika sudah diingatkan namun masih saja ngeyel dengan memperjuangkan tujuan barunya (uang), yasudah, yang tersisa hanyalah kekecewaan dari kebersamaan yang pernah terciptakan.

Kita sebagai penggemar maupun penikmat musik 4.20 hanya bisa menyuport dan mendoakan supaya grup musik ini tidak berurai seperti kebanyakan band lain ketika dihadapkan dengan permasalahan yang serius. Perpisahan bukanlah satu-satunya pilihan, masih banyak solusi lain yang lebih baik tanpa harus mengorbankan para kita dan hal-hal lain yang pernah diperjuangkan selama ini. Selamat ulang tahun yang ke-10 untuk Fourtwnty!

Demikianlah makna atau arti lagu dari Fourtwnty yang berjudul Nematomorpha. Jika ada kesalahan mohon diingatkan. Dan jika kamu memiliki makna lain dari lirik lagu ini, silakan tulis saja di kolom komentar. Mari kita bedah lagu Nematomorpha ini sejelas-jelasnya dan sedalam-dalamnya!

0 Comments

Post a Comment