Analisis Lagu Bimbo - Rindu Kami Padamu (Makna dan Nilai Religius)


Analisis Lagu Bimbo Rindu Kami Padamu - Bimbo adalah salah satu grup band legend atau legenda yang di miliki Indonesia. Grup musik ini didirikan sekitar tahun 1967-an. Berasal dari Bandung, mereka membentuk grup musik yang berpersonelkan dari lingkup keluarga. Mereka adalah tiga bersaudara kakak beradik, yang terdiri dari Sam Bimbo, Acil Bimbo, dan Jaka Bimbo. Hmm ... apakah kalian juga tertarik membentuk grup musik dengan adik kakakmu?

Lagu-lagu mereka bercerita tentang cinta, Tuhan, bahkan satire sosial. Untuk kali ini, Mimin Anak Senja akan mengajakmu untuk bersama-sama mengulik makna di dalam lagunya yang berjudul Rindu Kami Padamu. Lagu yang dibawakan dengan instrumen khas mereka, menyayat hati para pendengarnya yang menikmati dan menghayati di setiap kata dalam lagunya.

Lirik pada lagu Bimbo - Rindu Kami Padamu ini tidaklah panjang, malah bisa dikata sangat singkat, namun berisikan makna yang amat mendalam. Bertemakan religi islam, lagu Bimbo ini berisikan tentang kerinduan seorang hamba kepada rasulnya. Penasaran? Mari langsung saja kita mulai!

Nilai Religius / Agama dalam Lirik Lagu Bimbo - Rindu Kami Padamu


Rindu kami padamu ya rasul
Rindu tiada terperi

Rindu memiliki beberapa arti, salah satunya adalah sangat ingin dan sangat berharap terhadap sesuatu. Sedangkan kata terperi memiliki kata terucap, atau terkata. Pada bait ini menceritakan tentang seorang hamba yang berharap kepada rasulnya. Harapan itu sangatlah luas, bisa kita ambil salah satu contohnya yaitu syafaat. Syafaat merupakan pertolongan yang sangat istimewa, karena tidak semua makhluk Tuhan memilikinya. Rasul, atau Nabi Muhammad S.A.W adalah sosok yang selalu dijunjung dan diharap akan syafaat yang dimilikinya. Bagi penganut agama Islam, syafaat dari Rasul sangatlah berarti. Mampu sebagai penyelamat di dunia maupun di akhirat.

Cinta yang sangat besar, biasanya malah susah untuk diucapkan. Seperti halnya bershalawat. Terkadang kita menangis saat memohon syafaatnya, sampai-sampai mulutnya bergetar dan tak mampu mengatakan apapun karena mengingat telah mengingkari banyak hal dari hadis ataupun sunahnya.

Berabad jarak darimu ya rasul
Serasa dikau di sini

Kehadiran Rasulullah berada di sekitar tahun 570-an. Sudah sangat lama bukan? Mengingat kita berada di tahun 2000-an. Walaupun begitu, kehadiran beliay terasa begitu dekat saat kita selalu mengingat dan bershalawat kepadanya.

Pada bagian reff setelah ini sangat menyentuh bagi Mimin. Selain gaya bahasa, maknanya juga sangat dalam dan berarti. Yuk langsung saja kita bahas!


Cinta ikhlasmu pada manusia
Bagai cahaya suarga

Suarga adalah kata lain dari surga, yang diyakini sebagai alam akhirat yang membahagiakan untuk roh manusia setelah fase kematian di dunia. Hanya orang-orang tulus dan ikhlas yang bisa menghuninya, selain yang sudah mendapat ampunan langsung dari Tuhan ataupun syafaat dari rasul. Maka dari itu, tulusnya cinta dari Rasul kepada manusia di ibaratkan seperti cahaya surga, cahaya dari tempat yang istimewa di mana banyak keindahan dan kebahagiaan di dalamnya.

Dapatkah kami membalas cintamu
Secara bersahaja

Bait terakhir di bagian reff ini merupakan sebuah perasaan dari seorang umat yang teramat mencintai junjungannya. Ingin membalas rasa cinta yang diberikannya melalui kata, prilaku, dan lain sebagainya. Ingin melakukan yang terbaik kepadanya, jika saja bisa. Hal itu dilakukan karena kecintaannya kepada sang kekasih Allah, yaitu Nabi Muhammad S.A.W.

Membalas cintanya dengan sahaja, atau dengan sederhana bisa kita lakukan dengan cara bershalawat dan menerapkan segala perintah dan menjauhi segala larangannya. Terutama adalah mencintai dan berguna untuk sesama manusia dan menjauhi segala keributan ataupun hal-hal yang merugikan, karena kita semua adalah saudara.

Terimakasih telah berkunjung dan mengikuti sampai akhir. Apakah kamu memiliki tafsir lain mengenai lagu Bimbo - Rindu Kami Padamu ini? Jika iya, atau ada koreksi mengenai tulisan mimin di atas mohon sampaikan di dalam komentar yak! Semoga bermanfaat.

0 Comments

Posting Komentar