Gunakan fitur Bookmark untuk menyimpan bacaanmu di lain waktu Info!

Makna Lirik Lagu Aku Harus Jujur dari Kerispatih yang Sebenarnya

Artikel ini mengungkap arti dan makna asli yang tersembunyi di dalam lirik lagu Aku Harus Jujur dari Kerispatih, simak artikel lengkapnya.
Makna Sebenarnya di Balik Lagu Aku Harus Jujur dari Kerispatih

Arti Lagu Aku Harus Jujur - Setelah ditelisik, lagu Aku Harus Jujur menceritakan tentang seseorang yang menderita akibat memendam sebuah kebenaran, di mana jika kebenaran itu diungkap dapat menghancurkan berbagai hal di sekiratnya. Maka dari itu, untuk... untuk info lengkap mengenai makna lagu Aku Harus Jujur, silakan simak hingga akhir!

Lagu Kerispatih berjudul Aku Harus Jujur rilis pada tanggal 22 Desember tahun 2009, yang juga masuk kedalam album Kerispatih yang bertajuk Semua Tentang Cinta, yang didistribusikan oleh label Nagaswara.

Namun, lagu ini akhir-akhir ini menjadi viral di Tiktok, setelah ada yang memotong dan mereupload konten dari YouTube Abdel Achrian. Dalam vidio tersebut, Doadibadai Hollo, atau yang kerap dipanggil dengan Badai, selaku pencipta lagu Aku Harus Jujur mengungkapkan sebuah kebenaran yang kurang lebihnya seperti berikut.


Orang itu terlibat dalam wedding gue. Dia cerita sama kita berdua, terutama sama gue,bahwa dia itu membohongi pasangannya selama bertahun-tahun, yang ternyata dia itu tidak suka dengan wanita, dia "begitulah", gitu ya. Dia natural curhat ama gue, dan dia bilang, "aku mesti jujur, mas, sama pasanganku, aku gak mau membohongi dia dengan keterbatasanku ini". Gue pada saat itu, "iye yeh, kalau dibikin lagu idenya luar biasa ya, gue belum pernah bikin yang seperti ini." Akhirnya gue bikin lagu itu, "Maafkan kali ini, aku harus jujur..."

Mungkin kamu sudah sangat penasaran tentang lagu Aku Harus Jujur artinya apa? Tak perlu resah, karena pada kesempatan kali ini anaksenja.com akan menemanimu mencari tahu maksud lagu Aku Harus Jujur dari Kerispatih sedetail-detailnya. Tanpa berlama-lama lagi, mari kita mulai pembahasannya dari bait pertama!


Analisis Lirik Lagu Aku Harus Jujur dari Kerispatih

Maafkan, kali ini aku harus jujur
Kau harus tahu siapa aku sebenarnya
Terfikir dalam benakku tentang cinta terlarang
Selama ini kupendam

Pada bagian awal lagu Aku Harus Jujur menceritakan tentang seseorang yang hendak jujur kepada kekasihnya, bahwa ia memiliki sebuah rahasia yang disembunyikan. Rahasia tersebut adalah tentang siapa jati dirinnya yang sebenarnya, tentang "cinta terlarang" yang pernah muncul di dalam benaknya.

Jangan salahkan keadaan ini, sayang
Semua adalah keterbatasanku saja
Tak mampu menjadi yang kaumau
Aku mencoba dan aku tak mampu

Ia (tokoh utama di dalam lagu ini) berharap sang kekasih mampu mengertinya, bahwa ia seperti itu karena ketidakmampuannya menjadi seseorang yang normal. Padahal ia sudah mencobanya, melakukan berbagai hal untuk bisa menjadi "normal" seperti umumnya seorang lelaki. Tapi apa daya, tetap tidak bisa, ia selalu kembali ke setelan pabrik, menyerah pada keadaan yang dimilikinya.


Tak bisa lagi mencintaimu
Dengan sisi lainku
Aku tak sanggup menjadi biasa
Aku tak sanggup

Pada bagian reff lagu Aku Harus Jujur ini berisikan sebuah keputusasaan yang sudah benar-benar di ujung tanduk. Mau bagaimanapun caranya, entah berlagak (seolah-olah) menjadi (pribadi) orang lain, mengubah sudut pandang, belajar ikhlas, dan apapun itu tetap gagal. Maka dari itu, munculah kalimat "aku sudah tidak sanggup lagi untuk mencintaimu".

Tak ada satu pun yang mungkin bisa
Terima kaum seperti aku
Kumohon jangan salahkan aku lagi
Ini aku yang sebenarnya

Pada bagian ini ada sebuah kata yang sangat kontroversial, dan kata ini menjadi kata kunci yang menggambarkan isi dari lagu ini yang sebenarnya. Kata tersebut adalah "kaum seperti aku". Sebenarnya mimin pun baru ngeh akhir-akhir ini. Setelah ada yang komen, langsung wush mencari info yang valid dan segera memperbarui penuh isi analisisnya, hehehe...


Jika digambarkan ke dalam kata-kata, mungkin akan menjadi "maafkan aku, jika selama ini menyembunyikan suatu hal yang mungkin akan sangat menyakitimu. Memang, mungkin tak ada yang bisa menerima manusia sejenis aku di dunia ini, termasuk kamu. Tapi bagaimana pun juga, aku ingin jujur kepadamu, inilah aku yang sebenarnya, tolong mengerti ya?"

Yap, ia, pria dalam lagu ini merupakan kaum LGBT, atau yang bisa disebut dengan homo / maho / penyuka sesama jenis. Dia sudah bertahun-tahun menikah, tapi tak pernah bisa jujur kepada sang isrti bahwa sebenarnya ia bukan manusia normal. Dan ia ingin mengungkapkan jati dirinya yang sebenarnya, dengan harap bisa dimengerti dan dipahami secara menyeluruh.

Semoga kajian makna lagu Kerispatih berjudul Aku Harus Jujur ini dapat bermanfaat untukmu. Buat kamu yang ingin menyimak lirik lagunya, tenang saja, karena anaksenja.com sudah menyediakan lirik lagu lengkapnya. Tak lupa juga beserta vidio klipnya. Selamat menyimak!


Lirik Lagu Kerispatih - Aku Harus Jujur

Maafkan, kali ini aku harus jujur
Kau harus tahu siapa aku sebenarnya
Terfikir dalam benakku tentang cinta terlarang
Selama ini kupendam

Jangan salahkan keadaan ini, sayang
Semua adalah keterbatasanku saja
Tak mampu menjadi yang kaumau
Aku mencoba dan aku tak mampu

Tak bisa lagi mencintaimu
Dengan sisi lainku
Aku tak sanggup menjadi biasa
Aku tak sanggup

Tak ada satu pun yang mungkin bisa
Terima kaum seperti aku
Kumohon jangan salahkan aku lagi
Ini aku yang sebenarnya

Tak mampu menjadi yang kau mau
Aku mencoba dan aku tak mampu
Aku tak sanggup

Tak bisa lagi mencintaimu
Dengan sisi lainku
Aku tak sanggup menjadi biasa
Aku tak sanggup

Tak ada satu pun yang mungkin bisa
Terima kaum seperti aku
Kumohon jangan (kumohon jangan) salahkan aku lagi (salahkan aku)
Ini aku

Maafkan kali ini
Aku harus jujur


Musik dan Vidio Klip Kerispatih - Aku Harus Jujur


Tentang

Album: Semua Tentang Cinta
Dirilis: 2009
Artis: Kerispatih
Genre: Pop, Indonesian Pop, Indonesian Rock
Nominasi: AMI Award untuk Penata Musik Pop Terbaik


Review Lagu Aku Harus Jujur dari Netizen

Ada beberapa netizen yang berkomentar di berbagai vidio yang membahas lagu ini, dan hal itu sangatlah menyita perhatian. Mungkin beberapa komentar ini bisa menambah referensi kita semua untuk lebih memahami makna lirik Aku Harus Jujur dari Kerispatih. Berikut ini beberapa kutipan yang menjadi sorotan mimin.

@gerrysatria96
"Dari dulu memang sudah ngerasa aneh ama lagu ini, setelah tau liriknya "Terpikir dalam benakku tentang cinta terlarang yang selama ini kupendam", dan akhirnya rasa penasaran tersebut terjawab sama podcastnya cing abdel. Setelah bertahun tahun sering nyanyiin lagu ini, gak pernah sadar tentang apa arti sebenarnya dari lagu ini."

@bintangf5513
"Hebat Mas Badai, bisa menyimpan makna lain dalam lagu ini. Selama ini gak pernah ngeh, padahal udah bertahun-tahun dengar dan nyanyi lagu ini di karokean, tapi gak tau kalau ternyata arti lagunya untuk kaum yang berbeda. Luar biasa! Kok maknanya baru tersampaikan sekarang yah?? 😂😂😂"

@elroysembiring782
"Iya, lagu ini bukan untuk pendukung pelangi, melainkan kisah nyata yang bermula dari kejujuran dan di eksekusi dengan sangat baik, makanya enak di dengar."


@chikallitra2177
"Pas dengar lirik "terima kau seperti aku" malah jadi pusing, ini lagu arti liriknya mau ke mana? Eh, ternyata "terima kaum seperti aku". Nah... Baru nyambung, tapi... Wahhh"

@binarajafloristmandiraja3490
"Nggak papa kalau nggak jujur ke pasangan, asal berusaha untuk tetap normal dihadapannya, daripada lepasin istri demi menuruti hawa nafsu sendiri? Dukung dan doakan agar menjadi lebih baik. Jangan pernah katakan "asal kamu nyaman dan bahagia, lakukan apa yang kamu mau" (Menjadi kaum lgbt)"

@harfilirwanda3938
"Gua sih gak masalah makna lagu ini tentang apa. Yang jelas, keren banget nih yang nulis liriknya! Toh, gak semua orang bisa nyanyiin lagu ini dengan makna atau maksud yang sama, kan? Jadi, stop mengkotak-kotakan musik! Salam..."

@losschannel6545
"Padahal dulu kusangka cerita dari lagu ini tentang seorang mafia yang menyembunyikan identitas ke pacarnya."

Pepatah jepang pernah mengatakan bahwa "membaca kolom komentar adalah jalan ninjaku". Terimakasih yang sudah berkomentar di kolom vidio klipnya, dan mohon untuk kesediaannya mimin kutip dan sedikit edit. Semoga dari beberapa komentar di atas bisa bermanfaat untuk kita semua. :)


Penutup

Untuk link download lagu Kerispatih - Aku Harus Jujur mp3, tidak perlu ya? Karena lagunya sudah bisa dinikmati secara gratis di mana-mana, seperti Youtube, Spotify, Resso, Joox, SoundCloud, Deezer, iTunes, Apple Music dan pemutar media online lainnya. Begitu juga untuk kunci gitar Aku Harus Jujur chord, kamu bisa menemukannya dengan mudah di web sebelah.

Perlu diketahui bahwa lirik lagu Aku Harus Jujur yang mimin sediakan sepenuhnya menjadi hak cipta atau hak milik dari penulis, artis, band dan label musik yang bersangkutan. Semua materi yang dipaparkan hanya bertujuan untuk informasi dan edukasi.

Mungkin kamu tidak setuju dengan apa yang sudah anaksenja.com jabarkan, karena mimin percaya pendapat serta pengetahuan setiap orang itu berbeda-beda. Maka dari itu, mimin persilakan kamu untuk megungkapkan pendapatmu di kolom komentar. Mungkin saja interpretasi lagu Aku Harus Jujur darimu jauh lebih baik dan dapat bermanfaat bagi yang lainnya. Mari kita bahas bersama-sama hingga menemukan makna sebenarnya yang tersembunyi di balik lirik lagu Aku Harus Jujur dari Kerispatih!

2 komentar

  1. Itu menceritakan bahwa dia gay ,
    1. Akan segera dikaji ulang kak, terimakasih atas tanggapannya.
Silakan berkomentar dengan sopan. Centang Beri Tahu Saya untuk mendapatkan notifikasi dari komentarmu. :)
Oops!
Sepertinya ada yang salah dengan koneksi internetmu. Harap sambungkan ke internet dan mulai menjelajah lagi.
AdBlock Detected!
Kamu menggunakan plugin "AdBlock" ya? Yuk matikan dulu fitur Ad-Blocknya dan masukkan anaksenja.com ke dalam whitelist plugin pemblokiran iklanmu!
⋯⋯⋯
Pendapatan yang kami peroleh dari iklan digunakan untuk mengelola situs web ini. Terimakasih sudah berkunjung. :)
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.