Gunakan fitur Bookmark untuk menyimpan bacaanmu di lain waktu Info!

Makna Sebenarnya di Balik Lagu Bertahan dari Rama


Arti Lagu Rama Bertahan - Lagu ini menceritakan tentang seorang pejuang cinta yang mati-matian mempertahankan cintanya dengan ketulusan dan kesabaran yang ia punya. Maka dari itu, untuk... untuk info lebih lengkapnya, silakan simak hingga akhir ya!

Lagu Rama berjudul Bertahan rilis pada tanggal 9 Januari tahun 2007. Walaupun sudah satu dekade lebih, namun kepopuleran lagu Bertahan ini masih tetap terjaga hingga sekarang. Hal itu dapat dilihat di tangga lagu Spotify, maupun juga maraknya para pengcover di Youtube. Salah satu cover terbaik menurut mimin adalah yang berjudul "Bertahan Felix Cover #rama" di kanal Youtube Felix Official.

Mungkin kamu sudah sangat penasaran dan segera ingin tau lagu Rama yang berjudul Bertahan ini sebenarnya menceritakan tentang apa? Tak perlu risau, karena pada kesempatan kali ini anaksenja.com akan menemanimu membedah makna di balik lirik lagu Bertahan. Tanpa berlama-lama lagi, mari kita mulai pembahasannya dari bait pertama!


Analisis Lirik Lagu Bertahan dari Rama

Lihat aku di sini
Kau lukai
Hati dan perasaan ini
Tapi entah mengapa
Aku bisa memberikan maaf padamu

Pada bagian awal lagu Bertahan menceritakan tentang seseorang yang sangat kuat. Kuat di sini dalam artian mampu menahan diri dari hujaman rasa sakit akibat tingkat laku dan perbuatan negatif sang kekasih. Ia (tokoh utama dalam lagu ini) pun merasa bingung karena selalu bisa memberi maaf kepada sang kekasih yang tak pernah berhenti berbuat kesalahan. 

Lihat aku di sini
Bertahan
Walau kau sering menyakiti
Hingga air mataku
Tak dapat menetes dan habis terurai

Ia pun meminta untuk dilihat, bahwa ia masih ada untuk sang kekasih, tetap bertahan di dalam satu cinta walau seringkali dibuat menangis karena rasa sakit hati yang sulit untuk dibendung (ditahan). Seseorang yang memiliki bakat sabar emang mengerikan, dan (katanya) orang baik memang selalu dimanfaatkan. (Apakah benar demikian?)


Mungkin karena... Cinta
Kepadamu tulus dari dasar hatiku

Pada bagian reff lagu Bertahan ini berisikan sebuah dugaan. Dugaan pertama tentang mengapa ia (tokoh utama) bisa menjadi pemaaf dan tetap bertahan walau selalu disakiti adalah karena "cinta", cinta yang tulus dari dasar hati kepada sang kekasih. 

Mungkin karena... Aku
Berharap kau dapat mengerti cintaku

Dugaan yang kedua adalah karena ia memiliki harapan yang besar, bahwa suatu saat nanti sang kekasih bisa berubah (tidak nakal lagi) dan mampu mengerti bahwa ia (tokoh utama) sangat mencintainya (kekasih). 


Meski kau terus sakiti aku
Cinta ini
Akan selalu memaafkan
Dan aku percaya nanti engkau
Mengerti bila cintaku takkan mati

Walaupun ia terus tersakiti, ia tetap bertekad akan selalu memaafkan dan bertahan karena ingin memperjuangkan cintanya. Sampai suatu hari nanti sang kekasih mengerti, bahwa hanya ia yang mampu mencintainya (kekasih) dengan sungguh-sungguh tanpa pamrih sedikit pun.

Menurut mimin orang yang seperti ini cukup langka ditemukan di jaman sekarang sih. Jika ada mungkin 1:1000 orang yang bisa benar-benar tulus mencintai pasangannya tanpa embel-embel apapun.

Terlepas dari itu semua, kita harus mencontoh tindakan seperti ini, dan belajar untuk tidak mengecewakan pasangan, karena kesempatan yang baik tidak selalu datang untuk yang kedua kalinya. Selalu sayangilah pasanganmu dengan tulus, karena karma akan selalu ada bagi orang-orang baik, begitu juga bagi orang-orang jahat.

Semoga kajian makna lagu Rama berjudul Bertahan ini dapat bermanfaat untukmu. Buat kamu yang ingin menyimak lirik lagunya, tenang saja, karena anaksenja.com sudah menyediakan lirik lagu lengkapnya. Tak lupa juga beserta vidio klipnya. Selamat menyimak!


Lirik Lagu Rama - Bertahan

Lihat aku di sini
Kau lukai
Hati dan perasaan ini
Tapi entah mengapa
Aku bisa memberikan maaf padamu

Mungkin karena... cinta..
Kepadamu tulus dari dasar hatiku

Mungkin karena... aku..
Berharap kau dapat mengerti cintaku

Lihat aku di sini
Bertahan
Walau kau sering menyakiti
Hingga air mataku
Tak dapat menetes dan habis terurai

Mungkin karena... cinta..
Kepadamu tulus dari dasar hatiku

Mungkin karena... aku..
Berharap kau dapat mengerti cintaku

Meski kau terus sakiti aku
Cinta ini
Akan selalu memaafkan
Dan aku percaya nanti engkau
Mengerti bila cintaku takkan mati


Musik dan Vidio Klip Rama - Bertahan


Untuk link download lagu Rama - Bertahan mp3, tidak perlu ya? Karena lagunya sudah bisa dinikmati secara gratis di mana-mana, seperti Youtube, Spotify, Resso, dan pemutar media online lainnya.

Mungkin kamu tidak setuju dengan apa yang sudah anaksenja.com jabarkan, karena mimin percaya pendapat serta pengetahuan setiap orang itu berbeda-beda. Maka dari itu, mimin persilakan kamu untuk megungkapkan pendapatmu di kolom komentar. Mungkin saja interpretasimu mengenai lagu Bertahan ini jauh lebih baik dan dapat bermanfaat bagi yang lainnya. Mari kita bahas bersama-sama hingga menemukan makna sebenar-benarnya yang tersembunyi di balik lirik lagu Bertahan dari Rama!

Posting Komentar

Silakan berkomentar dengan sopan. Centang Beri Tahu Saya untuk mendapatkan notifikasi dari komentarmu. :)
Oops!
Sepertinya ada yang salah dengan koneksi internetmu. Harap sambungkan ke internet dan mulai menjelajah lagi.
AdBlock Detected!
Kamu menggunakan plugin "AdBlock" ya? Yuk matikan dulu fitur Ad-Blocknya dan masukkan anaksenja.com ke dalam whitelist plugin pemblokiran iklanmu!
⋯⋯⋯
Pendapatan yang kami peroleh dari iklan digunakan untuk mengelola situs web ini. Terimakasih sudah berkunjung. :)
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.