Makna Sebenarnya di Balik Lagu Separuh Aku - NOAH


Arti Lagu Noah Separuh Aku - Lagu ini menceritakan tentang seseorang yang mencintai denngan cara sembunyi-sembunyi. Ia memendam perasaan (cinta) kepada seseorang terdekatnya, sehingga jika... jika ingin mengetahui makna keseluruhannya, simak hingga akhir yak!

Lagu Separuh Aku merupakan lagu debutan NOAH, setelah sang vokalis, Ariel, menjalani masa pembenahan diri di kantor polisi. Mimin pun kaget, setelah tahu bahwa nama Peterpan tiba-tiba berubah menjadi NOAH (dikala itu). Tapi ya gak masalah juga, karena mau siapapun namanya, jika itu Ariel yang nyanyi rasanya tetap Peterpan juga. Hehehe...

Seperti yang kita ketahui, lagu Separuh Aku rilis pada tanggal 6 Agustus 2012 di kanal Youtube Musica Studios, yang hingga sampai saat ini sudah menorehkan 70 juta viewers lebih. Tak heran sih, karena lagunya memang easy listening dan menyimpan makna yang dalam di dalam lirik lagunya.

Mungkin kamu sudah sangat penasaran dan segera ingin tau lagu NOAH yang berjudul Separuh Aku ini sebenarnya menceritakan tentang apa? Tak perlu resah, karena pada kesempatan kali ini anaksenja.com akan menemanimu membedah makna di balik lirik lagu Separuh Aku. Tanpa berlama-lama lagi, mari kita mulai pembahasannya dari bait pertama!


Analisis Lirik Lagu Separuh Aku dari NOAH

Dan terjadi lagi
Kisah lama yang terulang kembali
Kau terluka lagi
Dari cinta rumit yang kau jalani

Pada bagian awal lagu Separuh Aku ini menceritakan tentang seseorang yang sedang menenangkan hati seseorang (yang dicintai), yang sedang terluka karena urusan cintanya. Seperti seorang sahabat yang berfungsi sebagai penampung curhatan, dan kembali mengingatkan ketika sahabatnya mengulangi masalah yang sama, yakni terluka karena kerumitan cinta yang dijalaninya.

Ku ada di sini
Pahamilah, kau tak pernah sendiri
Kar'na aku s'lalu
Di dekatmu saat engkau terjatuh

Kemudian menjelaskan bahwa “aku ada di sini,”. Hal ini untuk menunjukkan bahwa “jangan takut, jangan merasa sendirian, karena ada aku yang selau ada untukmu,”. Apapun yang terjadi, yang namanya sahabat pasti akan selalu ada untuk menghibur sahabatnya di kala terpuruk.

Namun ada juga istilah sahabat menjadi cinta, karena cinta memang tak mengenal siapa, dimana, dan kapan terjadinya. Maka dari itu, ketika sahabat yang dicintainya itu terpuruk terkadang ada celah untuk masuk kedalam hatinya. Hal ini lah yang sedang diusahakan agar bisa mendapatkannya (sahabat yang dicintai).

Aku ingin kau merasa
Kamu mengerti aku mengerti kamu
Aku ingin kau sadari
Cintamu bukanlah dia

Ketika mencintai, sudah sewajarnya jika ingin dicintai balik. “Saling mengerti” adalah salah satu hal yang paling diinginkan, seperti mengerti bahwa dia perngertian dan dimengerti bahwa dia juga pengertian. Kesalingan ini dapat menjadi pondasi yang kuat untuk sebuah hubungan.

Lantas menyadarkannya, kepada sahabat yang dicintai, bahwa dia (kekasih dari sahabatnya) bukanlah orang yang tepat untuk dicintai. Intinya, ia sedang mempromosikan dirinya bahwa ia lebih baik daripada kekasih dari sahabatnya tersebut, yang nyatanya hanya sering menciptakan luka.


Dengar laraku
Suara hati ini memanggil namamu
Kar'na separuh aku
Dirimu

Pada bagian reff lagu Separuh Aku sudah cukup jelas, bahwa berisikan tentang ungkapan perasaan cinta yang mengharapkannya untuk segera sadar, bahwa ia benar-benar serius perihal mencintainya. Saking cintanya, ia merasa bahwa separuh hatinya adalah dia (sahabat yang sedang terluka). Maka dari itu, ia sangat berharap bisa di ketahui isi hatinya dan segera bersanding dengannya (sahabat), agar bisa sepenuhnya mendapatkan hak untuk membahagiakannya.

Menyentuh laramu
Semua lukamu t'lah menjadi lirihku
Kar'na separuh aku
Dirimu

Dikarenakan sangat dan benar-benar mencintai, ia merasa juga terluka saat seseoarng yang dicintainya terluka. Hal ini diakibatkan terlalu mencintai sehingga turut merasakan apa yang sedang dirasakan seseorang yang dicintainya tersebut.

Hal ini sering kita anggap dengan istilah “peduli”, yakni sebuah rasa positif ketika ada seseorang yang sedang membutuhkan bantuan. Ia datang dengan penuh perhatian, karena landasannya “cinta” yang sudah dipendamnya sejak lama.

Memang cukup mengagumkan sih, untuk seseorang yang bisa memendam perasaannya kepada seseorang selalu ada di dekatnya. Seperti jatuh cinta kepada sahabat, yang jika diungkapkan takut menodai persahabatan dan jika tidak diungkapkan hanya akan mencipakan lara sendirian. Padahal, jika menginginkan pasangan yang berkualitas terbaik itu ya sahabatmu sendiri, karena hanya sahabatlah yang paling mengerti dan memahami.

Semoga kajian makna lagu Separuh Aku dari Noah ini dapat bermanfaat untukmu. Buat kamu yang ingin menyimak lirik lagunya, tenang saja, karena anaksenja.com sudah menyediakan lirik lagu lengkapnya. Tak lupa juga beserta vidio klipnya. Selamat menyimak!


Lirik Lagu Noah - Separuh Aku

Dan terjadi lagi
Kisah lama yang terulang kembali
Kau terlukalagi
Dari cinta rumit yang kau jalani

Aku ingin kau merasa
Kamu mengerti aku mengerti kamu
Aku ingin kau sadari
Cintamu bukanlah dia

Dengar laraku
Suara hati memanggil namamu
Karena separuh aku
Dirimu

Ku ada di sini
Pahamilah kau tak pernah sendiri
Karena aku selalu
Di dekatmu saat engkau terjatuh

Aku ingin kau merasa
Kamu mengerti aku mengerti kamu
Aku ingin kau pahami
Cintamu bukanlah dia

Dengar laraku
Suara hati memanggil namamu
Karena separuh aku
Dirimu

Dengar laraku
Suara hati ini memanggil namamu
Karena separuh aku

Menyentuh laramu
Semua lukamu telah menjadi lirihku
Karena separuh aku
Dirimu


Musik dan Vidio Klip Noah - Separuh Aku


Mungkin kamu tak setuju dengan apa yang anaksenja.com utarakan, karena mimin percaya pendapat serta pengetahuan setiap orang itu berbeda-beda. Maka dari itu, mimin persilakan kamu untuk megungkapkan pendapatmu di kolom komentar. Mungkin saja interpretasimu mengenai lagu Separuh Aku ini jauh lebih baik dan dapat bermanfaat bagi yang lainnya. Mari kita bahas bersama-sama hingga menemukan makna sebenar-benarnya yang tersembunyi di balik lirik lagu Separuh Aku dari NOAH!

0 Comments

Posting Komentar