Makna Sebenarnya di Balik Lagu MPV - Danilla


Arti Lagu Danilla MPV - Lagu ini menceritakan tentang seseorang yang sedang dilanda kebingungan, karena banyaknya pendapat yang menuntutnya untuk menjadi sesuatu namun tidak sejalan dengan jati dirinya.

Lagu MPV ini rilis secara digital pada tanggal 2 Januari 2022 di kanal Youtube Danilla Riyadi. Lagu anyar dari Danilla ini mendapat respon pro dan kontra. Dapat kita lihat di bawah vidio klipnya, tepatnya di kolom komentar.

Mimin mengutip salah satu komentar di bawah vidio klip MVP yang sangat keren. Komentar ini diungkapkan oleh akun tak berfoto profil dan bernama Akbar Sayuti.

Dari alur yang saya tangkap, kak Danilla ini menyinggung tentang kekerasan seksual terhadap wanita yang sering dianggap sebagai objek birahi.

-) wanita itu harus pandai berdandan
-) wanita itu harus kurus
-) wanita itu harus pandai dalam urusan dapur

Dan dalam video klip ini ada sebuah bentuk perlawan, bahwa "keterbatasan tak menghambat".

Terus kak Danilla juga resah karna banyak orang menyebutnya "Si Ratu Senja", "Danilla Si Senja Diambang Waktu", ataupun "Danilla Si Cewe Suka Ngomong Jorok".

Kak Danilla hanya ingin mengatakan bahwa, "karya ku lebih dari itu, dan aku bukan itu-itu aja. Biasa aja dong kalau ada cewek ngomong jorok, jangan didewa-dewakan."

Sama-sama, Danilla.


Sebenarnya masih banyak kutipan lain yang keren-keren, seperti mengatakan bahwa lagu ini diciptakan karena banyak yang komen "kok Danilla sekarang kek gini?", atau "aku rindu Danilla yang dulu,". Yaelah, manusia kan bisa aja berkembang. Manusia bisa berubah. Manusia juga bisa bosan jika gitu-gitu terus. Tapi ya namanya netizen, terserah lah...

Lagu ini dibuatnya secara mengalir dengan inspirasi yang ia dapatkan dari jejaring sosial TikTok. Selain itu, lagu MPV (yang dimaknai Danilla sebagai Most Paluable Vlayer) ini ditulis atas kebingungan Danilla terhadap penggemar yang selalu berekspektasi musiknya akan terdengar seperti album pertama, Telisik (2014). (voi.id)

Mungkin kamu udah penasaran banget tentang lagu Danilla Riyadi berjudul MPV ini sebenarnya menceritakan tentang apa? Tak perlu gelisah, karena pada kesempatan kali ini anaksenja.com akan menemanimu mengulik makna di balik lirik lagunya. Tanpa berlama-lama lagi, mari kita mulai pembahasannya dari bait pertama!


Analisis Lirik Lagu MPV dari Danilla Riyadi

Kamu bicara apa
Aku jawabnya apa
Kamu maunya apa
Aku maunya apa

Pada bagian awal lagu MPV ini menceritakan tentang ketidaksambungan (tidak nyambung) sebuah interaksi. Seperti sebuah penuntutan yang tak berdasar, hanya ingin sesuatu namun tidak mau mengerti tentang bagaimana caranya menjadi sesuatu.

Misal, seperti seorang fans (penggemar) kepada idolanya. Penggemar tersebut akan senang atau bangga ketika idolanya menjadi seperti apa yang ia inginkan, dan akan nyinyir, protes atau marah ketika idolanya menjadi sosok lain yang tak sesuai yang ia harapkan.

Ketidaksambungan ini menciptakan sebuah tembok yang saling merugikan. Pihak artis akan menjadi terusik dan terganggu ketika berkarya, dan pihak penggemar akan risau dan tidak tenang karena hasil dari sang idola tidak sesuai ekspektasi

Dia yang pernah ada
Memanjakan dirimu
Kamu memang tak bisa 
Menerima yang baru

Terlalu bergantung memang terkadang menyebalkan. Karena ketergantungan itu memiliki sifat "harus", kalau tidak sesuai ya bakal memberontak dan menimbulkan ketidaknyamanan.


Seperti penggemar yang selalu memuja dan memuji karya yang disukai. Lalu keluar karya baru yang tak sama dan mungkin menjadi salah satu jenis yang tidak disukainya langsung muncul sebuah klaim, "aku tidak suka ini, bagus yang kemarin."

Ketidakbisaan move on ini menyebabkan siapapun menjadi susah. Baik itu orang lain, sang idola, ataupun diri sendiri.

Bilang saja suka, yang mudah dicerna
Bilang saja enggan untuk terbang
Bilang saja sukar, tinggalkan yang lama
Bilang saja enggan untuk kembang

Kalau suka, ya bilang saja suka dengan bahasa yang mudah dipahami. Jangan malah berbelit-belit dan kesannya seperti menghina. Dan, jika tidak suka dengan yang baru, ya tinggalkan saja yang lama. Move onlah, karena hanya dengan move on seseorang bisa menghargai yang baru, begitu juga dengan yang lama.

Tak selamanya yang salah adalah orang lain. Bisa saja yang salah itu diri sendiri, yang tak bisa menyesuaikan dan mengerti tentang perubahan. Jika tidak mau berkembang, tetap gitu-gitu saja, ya silakan saja. Tapi jangan gunakan "yang lama" untuk dijadikan alat menyerang "yang baru" hanya karena keegoisan diri sendiri. Malu-maluin.


Lirik Lagu Danilla - MPV

[Narasi Opening]
Haloo,
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Saya Danilla Riyadi
Umur saya tergantung kalian dengar ini di tahun berapa
Karena saya lahir tahun 90-an
Dan, aku ini, album ini spesial dibuat untuk kalian
yang mau mendengarnya

[Verse]
Kamu bicara apa
Aku jawabnya apa
Kamu maunya apa
Aku maunya apa

[Chorus]
Bilang saja suka,
yang mudah dicerna
Bilang saja enggan untuk terbang

Bilang saja sukar,
tinggalkan yang lama
Bilang saja enggan untuk kembang

[Verse 2]
Dia yang pernah ada
Memanjakan dirimu
Kamu memang tak bisa 
menerima yang baru

[Chorus]
Bilang saja suka,
yang mudah dicerna
Bilang saja enggan untuk terbang

Bilang saja sukar,
tinggalkan yang lama
Bilang saja enggan untuk kembang

Bilang saja suka,
yang mudah dicerna
Bilang saja enggan untuk terbang

Bilang saja sukar,
tinggalkan yang lama
Bilang saja enggan untuk kembang

[Narasi Ending]
Gue boleh enggak sih bikin sesuatu yang baru
Tanpa lo bawa-bawa embel-embel yang lama?
Boleh enggak sih gue dilihat sebagai orang yang mulai dari nol?
Karena gue yakin sih banyak juga orang yang juga pingin
"Lo boleh enggak lihat gue present?"
Jangan lihat aksi gue untuk di beberapa past
Jangan embel-embel gue yang belakang itu dibawa-bawa
Gue pingin sih kayak gitu, jadi...
Tailah


Musik dan Vidio Klip Danilla - MPV


Mungkin kamu tak setuju dengan apa yang anaksenja.com utarakan, karena mimin percaya pendapat serta pengetahuan setiap orang itu berbeda-beda. Maka dari itu, mimin persilakan kamu untuk megungkapkan pendapatmu di kolom komentar. Mungkin saja interpretasimu mengenai lagu MPV ini jauh lebih baik dan dapat bermanfaat bagi yang lainnya. Mari kita bahas bersama-sama hingga menemukan makna sebenar-benarnya yang tersembunyi di balik lirik lagu MPV dari Danilla Riyadi!

0 Comments

Posting Komentar