Makna Sebenarnya di Balik Lagu Aku Tenang (Pinginku Siji) dari Happy Asmara dan Terjemahannya


Arti Lagu Happy Asmara Aku Tenang -  Secara garis besar, lagu Aku Tenang ini menceritakan tentang ugkapan cinta kepada sang kekasih (orang yang tercinta), bahwa dia bahagia ketika bersamanya (kekasih) dan tak ingin kehilangannya sampai kapanpun itu.

Lagu Aku Tenang ciptaan Wahyu Raply (pencipta aslinya) ini rilis pada tanggal 24 Januari 2020 di kanal Youtube jogja musik project. Kemudian dicover oleh Happy Asmara pada tanggal 8 Februari 2020, yang sampai saat ini sudah mendapatkan 30-an juta viewers. Tak hanya itu, lagu ini juga dicover oleh Woro Widowati, Nella Kharisma, dan musisi-musisi lain yang juga mendapatkan banyak viewers.

Mungkin kamu penasaran tentang lagu Jawa berjudul Aku Tenang ini sebenarnya menceritakan tentang apa? Tak perlu risau, karena pada kesempatan kali ini anaksenja.com akan menemanimu mengulik makna di balik lirik lagunya. Tanpa berlama-lama lagi, mari kita mulai pembahasannya dari bait pertama!

Analisis Lirik Lagu Aku Tenang dari Happy Asmara dengan Terjemahan Bahasa Indonesia


Sumilire angin dalu iki
(semilirnya angin malam ini)
Kelingan esemmu dhek wingi
(teringat senyummu kemarin)
Tansah kegawa nganti saiki
(masih terbawa sampai sekarang)
Ra bisa ilang nganti kegawa ngimpi
(tak bisa hilang sampai terbawa mimpi)

Pada bagian awal lagu Happy Asmara - Aku Tenang ini mengkisahkan tentang seseorang yang sedang kasmaran. Ia tersenyum-senyum sendiri ketika teringat senyuman di wajah orang yang tercinta (kekasih). Senyuman itu terus teringat hingga masuk ke dalalm mimpi.

Rasa kebahagiaan dari pertemuan (kencan) di hari kemarin (lampau) masih terasa hingga beberapa hari setelahnya. Hal ini menciptakan “perasaan rindu”, yang menjadikan diri menjadi terus terngiang-ngiang akan kehadirannya (kekasih) sampai terbawa ke dalam mimpi. Namanya juga sdang kasmaran, hehehe...

Wis suwe aku ngenteni kowe
(sudah lama aku menunggumu)
Nganti saiki iso dadi siji
(sampai sekarang bisa jadi satu)
Mung kowe sing purun nampa apa kahananku
(hanya kamu yang mau menerima apa keadaanya aku)
Matur suwun, tresnamu mung kanggo aku
(terimakasih, cintamu hanya untukku)

Sebelum menjadi satu (dulu), diceritakan bahwa pernah memimpikan untuk bersama-sama di dalam satu ikatan cinta. Dan, akhirnya tiba saat terbaik di mana “aku dan kamu” menjadi satu dengan tujuan yang sama, yakni untuk memperoleh kebahagiaan bersama-sama.

Rasa bersyukur itu tidak berhenti di situ, karena muncul sebuah kesadaran bahwa hanya dia (kekasih) yang mau menerima semuanya secara apa adanya. Tak menuntut harus menjadi ini ataupun itu, karena hanya dengan bermodalkan keapa-adaanlah bahagia bisa didapatkan.


Pengenku siji, nyandhing kowe saklawase
(inginku hanya satu, bersanding denganmu selamanya)
Ra ana wong liya sing iso misahake
(tak ada yang bisa memisahkan kita)
Cukup sliramu gawe atiku tenang
(cukup dirimu membuat hatiku tenang)
Ra bakal ilang merga kowe sing tak sayang
(tak akan hilang karena kamu yang kusayang)

Pada bagian reff lagu Happy Asmara - Aku Tenang menceritakan tentang ungkapan permintaan yang ditujukan kepada kekasih, bahwa keinginan tertinggi yang dirasakannya adalah tetap bersama kekasih selama-lamanya. Harapannya adalah walaupun dalam suka maupun duka, tetap bersama-sama dan tidak ada yang bisa memisahkan (selain maut yang menjemput).

Cinta memang dapat membuat seseorang merasa bahagia, namun hanya berlaku kepada seseorang yang mencintai seseorang yang tepat (jodohnya). Semoga kita selalu dipertemukan dengan orang yang tepat, agar pengabdian cintanya tidak sia-sia dan terus berbahagia di setiap saat. Aamiin...

Mungkin kamu tak setuju dengan apa yang anaksenja.com utarakan, karena mimin percaya pendapat serta pengetahuan setiap orang itu berbeda-beda. Maka dari itu, mimin persilakan kamu untuk megungkapkan pendapatmu di kolom komentar. Mungkin saja interpretasimu mengenai lagu Aku Tenang ini jauh lebih baik dan dapat bermanfaat bagi yang lainnya. Mari kita bahas bersama-sama hingga menemukan makna sebenar-benarnya yang tersembunyi di balik lirik lagu Aku Tenang dari Happy Asmara!

0 Comments

Posting Komentar