Makna Sebenarnya di Balik Lagu Salah - Rizky Febian


Arti Lagu Rizky Febian Salah - Lagu ini menceritakan tentang seseorang yang sedang balas dendam kepada kekasihnya yang diketahui memiliki selingkuhan. Lantas ia pun juga berselingkuh, namun bedanya tidak ketahuan. Yaampun, main balas-balasan kek bocil!

Lagu Salah ini rilis pada tanggal 25 Februari 2022 di kanal Youtube Rizky Febian, yang langsung mendapatkan puluhan ribu viewers di hari pertamanya upload. Seperti yang kita ketahui, Rizky Febian selalu sukses dengan lagu-lagunya, seperti halnya lagu Kesempurnaan Cinta yang masih hits hingga saat ini.

Mungkin kamu sudah sangat penasaran dan segera ingin tau lagu Rizky Febian yang berjudul Salah ini sebenarnya menceritakan tentang apa? Tak perlu risau, karena pada kesempatan kali ini anaksenja.com akan menemanimu mengulik makna di balik lirik lagunya. Walau sebenarnya mimin sendiri mikir berulang kali karena beranggapan alur di dalam lagu ini cukup rumit. Namun ya, langsung kita mulai pembahasannya aja lah! Skuuuy!


Analisis Lirik Lagu Salah dari Rizky Febian

Selama ini kau masih merasa
Aku selalu menantimu
Dua minggu kau tak menghampiri
Karena kau dengan yang lain

Pada bagian awal lagu Salah ini berisikan sebuah ungkapan kekesalan dikarenakan mengetahui kekasihnya berselingkuh. Lantas ia (tokoh utama di dalam lagu ini) beranggapan bahwa kekasihnya baik-baik saja, tak memiliki rasa bersalah jika sedang berselingkuh, dan parahnya lagi kekasihnya tersbut tak sadar jika sudah ketahuan berselingkuh.

Selama ini ku pun mendua
Tapi kau tak tahu sayang

Dan kejutan pun tiba, ia (tokoh utama) tak mau kalah. Ia pun balas dendam dengan berselingkuh juga. Namun bedanya, ia tak ketahuan.

Ini bukanlah prestasi loh ya, jangan ditiru. Sampai kapanpun, yang namanya berselingkuh bukanlah hal yang baik. Apapun alasannya, kemunafikan itu bukanlah hal yang bisa dibenarkan. Dunia sudah terlalu sesak dengan kemunafikan, kita gak usah ikut-ikutan daripada dunia ini cepat meledak akibat terlalu banyak kekacauan yang terjadi. (berlebihan gak sih? wkwk, maap yak!).

Ibanya hatiku sayang
Karna pikiranmu salah selama ini
Setiap kau tak datang sayang
Padahal aku tak pernah ada di rumah

Lantas merasa iba atau kasihan kepada kekasihnya karena tak tau apa-apa. Kekasihnya berpikir bahwa ia tak sadar (belum mengetahui kekasihnya berselingkuh), dan merasa semuanya baik-baik saja tanpa adanya masalah. Padahal nyatanya sudah tertangkap basah, walau secara sepihak.

Kekasihnya mengira ia (tokoh utama) selalu di rumah, karena setiap kekasihnya main ia selalu ada (di rumah). Padahal, ketika kekasihnya tak mampir ke rumahnya, ia tak pernah ada di rumah. Kemanakah? Ya bertemu dengan yang lain. Ya ampun, parah semua!


Selalu ku bilang
Aku tak sebaik kau pikir
Tak pernah ku nantikan kamu

Pada bagian reff lagu Salah milik Rizky Febian ini menceritakan tentang seseorang yang menegaskan bahwa dirinya bukanlah orang yang baik. Ia bukanlah seseorang yang setia, yang hanya memikirkan satu orang, dan parahnya lagi tak pernah menantikan kehadiran kekasihnya tersebut. Ia adalah seseorang yang bebas, yang bisa jauh lebih parah jika ada orang lain yang cari masalah kepadanya.

Ku cinta kamu
Bukan berarti ku tak mendua
Sayang kau nilai aku salah

Lantas muncul statemen, bahwa sebenarnya ia juga mencintai, namun bukan berarti menjadi kemutlakan untuk “setia”. Tak ada jaminan setia untuk kekasihnya, karena mungkin memang hanya main-main saja (tak serius). Ini menandakan bahwa dia seseorang yang kurang ajar.

Mungkin ini seseorang yang layak mendapatkan predikat Bad Boy, yang pengertiannya adalah seorang cowok yang memiliki sifat yang terbilang nakal. Kalau cewek, ya jadinya Bad Girl. Kalau bencong, ya jadinya Bad... badtheway, gak usah dibahas ya, bikin merinding.


Pada intinya, lagu Salah ini memang lagu yang salah. Sama sekali tidak menjadi contoh yang baik, jadi jangan ditiru ya teman-teman. Walaupun menjadi lagu yang notabenenya salah atau menyimpang, namun lagu ini tetaplah memiliki manfaat. Salah satu manfaat yang bisa kita ambil dari lagu Salah ini adalah kita dapat meningkatkan keberhati-hatian (kewaspadaan) agar tak mendapati pasangan yang edan, yang hanya memikirkan napsunya sendiri tanpa menggunakan hati.

Jika kondisinya menjadi nakal karena dinakalin duluan, menurut mimin tetaplah bukan hal yang baik jika akhirnya memilih untuk membalas dendam. Karena sebaik-baiknya manusia adalah yang mau memaafkan kesalahan dan kejahatan orang lain. Lebih baik memaafkan dan menyelesaikan hubungan dengan baik-baik, dan berdoa agar mendapatkan pengganti yang jauh lebih baik. Kalau balas dendam terus-terusan ya gak akan ada akhirnya.

Namun, jika kondisinya adalah hanya merasa atau hanya menuduh pasangannya berselingkuh tanpa adanya bukti, ya itu sudah jelas-jelas orang gila. Karena ia beralaskan balas dendam untuk dosa yang tidak benar-benar ada. Kasihan kekasihnya yang udah benar-benar serius, namun diselingkuhi hanya karena kecurigaan semata. Yaampun, semakin rumit!

Intinya, tetaplah menjadi orang baik. Gak usah termotivasi untuk menjadi buruk, walau orang-orang disekitarmu menjahatimu. Tetaplah berusaha menjadi orang baik, karena Tuhan pasti lebih menyukai orang-orang yang berkepribadian baik. Biarkan Tuhan yang membalas mereka yang menjahatimu, kamu cukup tabah dan mengikhlaskan kejahatan-kejahatan mereka. Jangan mudah terkontaminasi ya kawan!

Maafin mimin yang malah menyisipkan emosi di analisis lagu kali ini. Karena mungkin pengalaman pribadi mimin yang pernah diselingkuhi, dituduh selingkuh padahal gak selingkuh, dan itu sangatlah menyakitkan. Maaf banget!

Buat kamu yang ingin menyanyi atau menyimak lirik lengkapnya, tenang saja, karena mimin sudah menyiapkan semuanya secara lengkap beserta variasi di ending lagunya. Tak lupa juga, mimin juga sudah menyiapkan vidio klipnya, walau sekarang masih belum rilis sih. Hihi, selamat menyimak dan mendengarkan!


Lirik Lagu Rizky Febian - Salah

[Verse]
Selama ini kau masih merasa
Aku selalu menantimu
Dua minggu kau tak menghampiri
Karena kau dengan yang lain

[Pre-Chorus]
Ibanya hatiku sayang
Karna pikiranmu salah selama ini
Setiap kau tak datang sayang
Padahal aku tak pernah ada di rumah

[Chorus]
Selalu ku bilang
Aku tak sebaik kau pikir
Tak pernah ku nantikan kamu

Ku cinta kamu
Bukan berarti ku tak mendua
Sayang kau nilai aku salah

[Verse 2]
Selama ini ku pun mendua
Tapi kau tak tahu sayang

[Pre-Chorus2]
Ibanya hatiku sayang
Karena pikiranmu salah selama ini
Setiap kau tak datang sayang
Padahal aku tak pernah ada di rumah

[Chorus]
Selalu ku bilang
Aku tak sebaik kau pikir
Tak pernah ku nantikan kamu

Ku cinta kamu
Bukan berarti ku tak mendua
Sayang kau nilai aku salah

[Chorus End]
Tak pernah kunantikan dirimu
Ku cintamu, bukan berarti ku tak mendua
Setiap kau tak datang sayang

Tak pernah kunantikan dirimu
Ku cintamu, bukan berarti ku tak mendua
Setiap kau tak datang sayang
Aku tak ada di rumah


Musik dan Vidio Rizky Febian - Salah


Jika kamu memiliki pengalaman atau cerita yang related dengan lagu ini, jangan sungkan untuk menceritakannya di kolom komentar ya? Jika mengalami masalah, mungkin mimin atau teman yang lainnya bisa membantumu. Jika memiliki cerita unik, mungkin mimin dan teman yang lain juga bisa belajar dari ceritamu, agar bisa menjadi manusia yang lebih baik lagi. :)

Mungkin kamu tak setuju dengan apa yang anaksenja.com utarakan, karena mimin percaya pendapat serta pengetahuan setiap orang itu berbeda-beda. Maka dari itu, mimin persilakan kamu untuk megungkapkan pendapatmu di kolom komentar. Mungkin saja interpretasimu mengenai lagu Salah ini jauh lebih baik dan dapat bermanfaat bagi yang lainnya. Mari kita bahas bersama-sama hingga menemukan makna sebenar-benarnya yang tersembunyi di balik lirik lagu Salah dari Rizky Febian!

0 Comments

Posting Komentar