Makna Sebenarnya di Balik Lagu Runtuh - Feby Putri Feat. Fiersa Besari


Arti Lagu Feby Putri Feat. Fiersa Besari Runtuh - Secara garis besar, lagu ini menceritakan tentang seseorang yang sedang terpuruk dan belum menemukan solusi untuk masalahnya, namun malah dipaksa untuk bisa "rela" oleh lingkungan sekitar yang sejatinya tak memahami tentang bagaimana keadaan yang sebenarnya.

Pada kajian makna dari anaksenja.com kali ini kita akan membahas satu lagu yang mungkin kita sendiri pernah mengalaminya, yaitu ketika dihadapkan dengan sebuah masalah yang cukup rumit namun lingkungan tak bersedia menjadi tampungan dari segala cerita kita. Ya, pada akhirnya malah masalah menjadi lebih runyam dan pikiran stres semakin merajarela. Semoga dengan kita memahami makna dari lagu Runtuh ini dapat menjadikan kita bisa lebih mengerti tentang orang lain, terutama tentang diri sendiri.

Analisis Lirik Lagu Runtuh dari Feby Putri Feat. Fiersa Besari

Ku terbangun lagi
Diantara sepi hanya pikiran yang ramai
Mengutuki diri
Tak bisa kembali tuk mengubah alur kisah

Pada bait pertama lagu Runtuh ini menceritakan tentang seseorang yang mungkin bisa dibilang sedang stres berat, merasa bahwa sedang sendirian namun di dalam kepalanya terdapat banyak pikiran yang membebaninya. Lantas merasa sangat kecewa karena tidak berguna, merasa gagal dalam mengupayakan untuk sembuh dari keadaan tersebut. Intinya, seseorang itu sedang sangat terpuruk.

Ketika mereka meminta tawa
Ternyata rela tak semudah kata

Walau di dalam diri terdapat masalah yang sangat besar, terkadang lingkungan selalu memaksa kita untuk terus terlihat bahagia. Mungkin di dalam sebuah pertemanan sering muncul kalimat penyemangat, "udah dong, gak usah sedih. Ayo lupain semuanya dan bahagia bersama-sama!". Benar niat mereka baik, namun kan tak semua manusia memiliki sifat "ringan rela", ada juga yang tipikalnya pemikir, pendendam, pecinta mati, dan lain sebagainya. Maka dari itu, merelakan tidak selalu menjadi hal yang mudah bagi setiap manusia.

Ketika kau lelah
Berhentilah dulu, beri ruang, beri waktu
Mereka bilang syukurilah saja
Padahal rela tak semudah kata

Dan ada lagi yang menyarankan untuk "ikhlasin aja". Apakah benar dengan merelakan sesuatu dapat menyelesaikan sebuah masalah? Belum tentu, karena merelakan sesuatu yang sebelumnya sangat berharga atau berarti itu bukanlah hal ringan, tak semudah kata-kata, yang artinya untuk melepaskan sesuatu hal besar pasti memerlukan usaha yang besar juga. Jadi, jangan menyepelekan atau memukul sama rata semua masalah, karena setiap masalah memiliki tekanan yang berbeda dan memerlukan solusi yang berbeda pula.

Tak perlu khawatir ku hanya terluka
Terbiasa tuk pura pura tertawa
Namun bolehkan sekali saja ku menangis
Sebelum kembali membohongi diri

Pada bagian reff lagu Runtuh ini bercerita tentang jawaban kepada kepedulian orang lain yang sebelumnya memiliki beraneka macam saran, bahwa "aku (diri yang sedang terjangkit masalah) tidak apa-apa, tak usah khawatir karena rasa khawatirmu malah menambah beban untukku. Dan, apakah aku boleh meminta sedikit waktu? Aku ingin menangis sebentar saja, mungkin dengan menangis dapat sedikit meringankan bebanku, sebelum aku kembali menjadi pembohong ahli dengan topeng bahagia palsuku lagi."

Kita hanyalah manusia yang terluka
Terbiasa tuk pura pura tertawa
Namun bolehkah sekali saja ku menangis
Ku tak ingin lagi membohongi diri
Ku ingin belajar menerima diri

Dan, pada akhirnya kita semua adalah sama. Masing-masing dari kita pasti memiliki suatu masalah, dan setiap manusia yang memiliki masalah pasti ada kalanya berusaha untuk menutupi masalahnya dengan senyum palsunya. Setiap orang pasti ingin bisa terbebas dari masalahnya masing-masing, namun setiap orang tersebut terkadang sulit untuk menemukan solusi yang tepat dan lebih memilih menangis (menyendiri) untuk meringankan lukanya dan berharap rasa itu bisa sembuh sendiri seiring berjalannya waktu.

Kebutuhan orang itu berbeda-beda, terkadang ada seseorang yang hanya membutuhkan untuk didengar saja, dilihat saja, dipuk-puk saja, disenyumin saja, maupun di diamkan saja. Tidak semua orang membutuhkan solusi atau kata-kata bijak, malah bisa saja kata-kata bijakmu itu bisa lebih melukai dan membebani seseorang tersebut.

Intinya, jangan pernah patah semangat saat menghadapi suatu masalah. Ada dari beberapa orang yang berpikir "lebih baik mati" daripada menghadapi dan menyelesaikan masalahnya, semoga kita semua dijauhkan dari pemikiran tersebut dan dihindarkan dari tindakan bunuh diri karena kita semua tau bahwa hal tersebut sebenarnya tidak bisa menyelesaikan masalah sama sekali. Ingatlah, masih ada akhirat. Jadi, kita harus selalu percaya bahwa masih ada Tuhan, Dialah yang akan menyelamatkan kita dan hanya kepadaNyalah semuanya akan kembali.

Semoga analisis lirik lagu Runtuh milik Feby Putri Feat. Fiersa Besari ini dapat bermanfaat untuk kita semua. Apabila kamu memiliki tafsir yang berbeda, jangan ragu untuk mengungkapkannya di kolom komentar anaksenja.com ya! Mari kita bersama-sama menemukan makna yang sebenarnya di balik lirik lagu Runtuh dari Feby Putri Feat. Fiersa Besari ini!

2 komentar

  1. Analisa yang keren banget! semangat untuk manusia yang sedang di rundung masalah!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih kak atas suportnya. Semoga bermanfaat :)

      Hapus


EmoticonEmoticon