Makna Sebenarnya di Balik Lagu Easy On Me - Adele dan Terjemahannya


Arti Lagu Adele Easy On Me - Lagu ini menceritakan tentang seseorang yang sebenarnya terpuruk akibat diselingkuhi namun bersikap seperti tidak ada apa-apa. Ia bersikap layaknya orang normal yang tidak mengalami masalah besar, padahal dibalik itu semua hatinya hancur berkeping-keping, seperti pecahan beling yang siap disantap pemain kuda lumping.

Ya, pada pertengahan bulan Oktober 2021 ini Mamah Adele kembali merilis sebuah lagu yang langsung booming. Bagaimana tidak, baru bebrapa hari di upload sudah mendapatkan puluhan juta (hampir ratusan juta) pendengar di kanal Youtubenya. Maka dari itu, anaksenja.com cukup penasaran untuk mengulik makna di balik lirik lagu Easy On Me ini.

Agar lebih mudah, dikarenakan blog ini mengkaji lirik lagu menggunakan bahasa Indonesia, lirik lagu Adele yang berjudul Easy On Me akan diterjemahkan dulu kedalam bahasa Indonesia. Berikut kita tampilkan lirik lagu Easy On Me dan terjemahannya. Apabila ada kesalahan saat menerjemahkan, jangan sungkan untuk memberitahu mimin melalui kolom komentar ya! Tanpa berlama-lama, mari kita langsung saja mulai dari bait pertama!

Analisis Lirik Lagu Easy On Me dari Adele

There ain't no gold in this river
(Tidak ada emas di sungai ini)
That I've been washing my hands in forever
(Bahwa aku telah mencuci tangan selamanya)
I know there is hope in these waters
(Aku tahu ada harapan di perairan ini)
But I can't bring myself to swim
(Tapi aku tidak bisa membawa diriku untuk berenang)
When I am drowning in this silence
(Saat aku tenggelam dalam kesunyian ini)
Baby, let me in
(Sayang, biarkan aku masuk)

Pada bagian pertama lagu ini kita dipertemukan dengan beberapa bahasa kiasan. Seperti kata emas yang dapat kita artikan sebagai perhiasan atau harta yang berharga. Selain itu ada kata sungai yang dapat kita artikan sebagai sebuah rintangan, yang mana kita ketahui bahwa sungai selalu memiliki arus, yang jika arusnya sangat kuat pasti akan sulit untuk kita raih bahkan lihat keindahan di dasarnya.

Harta (perhiasan) dapat diperoleh manusia dengan cara bekerja terlebih dahulu. Segala perjuangan pasti akan dilakukan demi mewujudkan impian, yakni kebahagiaan berupa harta yang sangat berharga. Di dalam sebuah hubungan, harta yang paling mahal adalah sebuah kebersamaan yang sangat nyaman, seperti kesetiaan, keikhlasan, dan hal-hal lain yang sifatnya membahagiakan satu sama lain.

Namun, di dalam sebuah hubungan pasti akan ada lika-likunya, di mana jika ujiannya terasa sangat berat pasti akan sangat melelahkan. Walau begitu, sejatinya selalu ada harapan di segala hal, termasuk di dalam hubungan percintaan yang terasa sudah rusak parah. Walaupun harapannya kecil, sebenarnya jika memang memiliki niat dan tekad yang kuat pasti bisa deh untuk kembali menemukan kebahagiaan bersama-sama.

Dan saat merasa segala hal telah dilakukan namun tidak menemukan titik yang baik, yang bisa dilakukan hanya memohon, memohon untuk dimengerti dan dikasihani.

There ain't no room for things to change
(Tidak ada ruang untuk hal-hal berubah)
When we are both so deeply stuck in our ways
(Saat kita berdua sangat terjebak di dalam jalan kita)
You can't deny how hard I have tried
(Kamu tidak dapat menyangkal betapa kerasnya aku telah mencoba)
I changed who I was to put you both first
(Aku mengubah siapa aku untuk menempatkan kamu berdua terlebih dahulu)
But now I give up
(Tapi sekarang aku menyerah)

Sebuah perjuangan hanya dapat dilihat oleh seseorang yang dapat menghargai sebuah perjuangan, bukan seseorang yang sudah dibutakan dengan hal lain, yang pasti akan membuatnya tak acuh tan tak mau tau. Seperti seseorang pasangan yang menemukan cinta barunya, pasti sudut pandangnya hanya fokus kepada selingkuhannya tersebut dan menidakpedulikan pasangan aslinya yang sedang terluka karena tindakannya.

Inti dari bagian ini menceritakan tentang sebuah rasa lelah akibat diselingkuhi, sudah berusaha untuk mengerti dan mengalah namun malah mendapatkan hasil nol. Ya sudah, lebih baik menyerah.

I had good intentions
(Aku punya niat baik)
And the highest hopes
(Dan harapan tertinggi)
But I know right now
(Tapi aku tahu sekarang)
It probably doesn't even show
(Itu mungkin bahkan tidak muncul)

Mampu mengerti pasangan yang selingkuh bukanlah hal yang mudah, pasti akan terasa sangat berat saat melihat pasangannya berbahagia dengan orang lain. Namun jika si pasangan malah tidak sadar akan kesabaran dari pasangan aslinya dan malah memilih untuk pergi meninggalkannya, ya sudah. Tak ada harapan. Tak ada gunanya bertahan. Lebih baik lupakan, walau berat untuk diterima.

Go easy on me, baby
(Tenanglah padaku, sayang)
I was still a child
(Aku masih anak-anak)
Didn't get the chance to
(Tidak mendapatkan kesempatan untuk)
Feel the world around me
(Rasakan dunia di sekitarku)
I had no time to choose what I chose to do
(Aku tidak punya waktu untuk memilih apa yang aku pilih untuk dilakukan)
So go easy on me
(Jadi santai saja padaku)

Mungkin pasangan yang doyan selingkuh menganggap pasangannya adalah seorang anak kecil, yang bisa ia kibulin setiap saat demi kebahagiaan yang sesaat / sesat. Bukannya sebenarnya cara terbaik untuk memperlakukan seorang anak kecil itu dengan mencurahkan segala bentuk kasih sayang? Tapi, jika orangnya egois yang hanya memikirkan dirinya sendiri ya pasti akan lebih memilih untuk membohongi dan mencari kegembiraan lain. Hanya orang bodoh yang lebih memilih meninggalkan daripada berjuang bersama-sama demi sebuah hubungan yang telah dibangun sejak lama. Ingatlah, karma selalu ada.

Selain enak di dengar, lagu dari Mama Adele ini menyimpan sebuah makna yang sangat berharga. Belum tentu dari kebahagiaan baru yang dipilih akan mendapatkan cinta yang sejati, dan merugilah teruntuk orang-orang bodoh yang selalu mengedepankan nafsu daripada hati. Semoga mimin ataupun kamu tidak termasuk ke dalam golongan orang bodoh itu, dan semoga kita selalu bisa menjaga hatinya dan hatinya dia juga selalu terjaga untuk kita.

Apabila ada kesalahan dalam penerjemahan, mohon dikoreksi yak. Dan apabila kamu gak setuju dengan apa yang anaksenja.com paparkan, kamu bisa menuliskan pendapatmu tentang lagu Easy On Me dari Adele ini di kolom komentar. Mari kita bahas bersama-sama di sana dan menemukan makna sebenarnya yang tersembunyi dibalik lirik lagu Adele - Easy On Me!

0 Comments

Posting Komentar