Makna Sebenarnya di Balik Lagu Rapsodi - JKT48


Arti Lagu JKT48 Rapsodi - Lagu ini menceritakan tentang sepasang kekasih yang pada akhirnya menginjakkan kaki di sebuah momen sakral, yakni pernikahan. Seperti yang kita ketahui, ujung dari sebuah hubungan percintaan yang serius adalah pernikahan, dengan mengikat janji suci untuk sehidup semati dan berjuang demi kebahagiaan bersama.

Apa arti Rapsodi? Dalam KBBI, arti dari Rapsodi adalah pernyataan kegembiraan yang berlebihan. Seperti saat tiba sebuah momen pernikahan, pasti perasaannya akan meledak-ledak karena merasa telah dipertemukan dengan jodoh yang selalu diimpikan.

Perlu kita ketahui, bahwa lagu Rapsodi ini merupakan single original yang pertama kali pernah dirilis oleh JKT48. Seperti yang kita tahu, bahwa sebelum-sebelumnya JKT 48 selalu mengadaptasi dari induknya yang berasal dari Jepang sana, ya, AKB48. Walau sebenarnya semuanya terlihat baik-baik saja, namun jika telah memiliki lagu original sendiri nampaknya akan menambah kepercayaan diri para personilnya dan menandakan bahwa idol grup ini memiliki perkembangan yang cukup baik.

Yap, daripada berlama-lama, lebih baik langsung saja kita eksekusi makna di balik lirik lagu Rapsodi dari bait pertama!

Analisis Lirik Lagu Rapsodi dari JKT48

Kulihat ada yang bersinar
Di kedua bola matamu (oh kasihku)
Kau buat malam gelap ini
Jadi penuh cahaya
Terang kilau pesona

Pada bagian awal lagu ini berisikan sebuah rayuan yang ditujukan kepada pasangan. Pastinya jika bertemu dengan seseorang yang dicintai akan menciptakan rasa bahagia, seperti akan menambah semangat untuk melakukan sesuatu. Pandangan dari seseorang yang tersayang memang terkadang dapat menyihir suatu keadaan.

Kau buat aku sempurna
Saat kau berkata iya (oh kasihku)
Kau izinkan ku berlaga
Mengarungi dunia (mengarungi dunia)
Di sisimu selamanya

Menjalin ikatan cinta ke jenjang lebih serius memang merupakan suatu momen yang sangat sakral. Saat prosesnya, pasti akan dimulai dari pengungkapan isi hati untuk mengutarakan ingin bersamanya (yang dicintai) selamanya dengan menjalin sebuah pernikahan. Istilah singkatnya lamaran. Saat dua hati bertemu, pasti akan merasa hidupnya telah lengkap dan sempurna.

Kita saling bersandar
Hingga bumi tak berputar
Cinta kita takkan pudar
Selamanya

Ya, sebagai pasangan yang baik sudah seharusnya akan terus bersama-sama dan saling menguatkan saat menemui badai maupun halang rintang di dalam kehidupan. Cinta sejati tak akan pudar walau kematian datang, karena percaya pasti akan kembali dipertemukan dengan seseorang yang tersayang di lain kehidupan nanti. Ya, selamanya.

Kasih andai anganku bersuara dia kan bernyanyi
Rapsodi indah yang kan bermuara di fajar hati
Kelingking kita berjanji
Jari manis jadi saksi
Bahagia
Hingga sang bumi
Enggan berputar lagi

Mengikat janji di sini berartikan janji sehidup semati, yang sangat berkaitan dengan sebuah “pernikahan”. Seseorang yang serius pasti akan berani berjanji untuk saling berjuang dan menjaga hati agar tetap rukun tentram bersama-sama hingga sampai kapanpun juga, atau selamanya. Kita gak bahas poligami ya, yang umum-umum aja, mimin sendiri juga gak ngerti konsep poligami itu sebenarnya yang bagaimana.

Baiklah, demikian kajian makna dari lirik lagu Rapsodi milik JKT48. Apabila kamu memiliki tafsir yang berbeda, jangan ragu untuk mengungkapkannya di kolom komentar yak! Kritik dan saran dari kalian juga sangat berguna untuk perkembangan blog sederhana ini agar menjadi lebih baik lagi. Terimakasih sudah berkunjung, dan semoga bermanfaat! :)

0 Comments

Posting Komentar