MENEMUKAN PASANGAN HIDUP MELALUI DIRI SENDIRI - SOKASIK#10


Hai, balik lagi bareng Us dalam episode yang tertunda setelah berbulan-bulan lamanya, wkwk. Masih seperti biasanya, Sokasik bakalan membahas peristiwa apapun yang sering terjadi. Sedikit melihat melalui jendela mungil yang sedari tadi memberikan cahaya indah. Cerah, langit tampak memberikan dukungan kepada semua orang bahwa kalian akan baik-baik saja. Biru membiru putih menawan. Seolah memberikan hadiah untuk obat penawar kelelahan hati dan pikiran. Ya, setuju banget! Memang tanpa sadar menatap langit cerah sekaligus pepohonan hijau adalah sebuah obat terbaik. Sembari mengatakan dalam hati, “pasti bisa! Semua akan baik-baik saja!”. Begitulah cara mempertahankan kesehatan mental, selama pandemi ini belum berakhir.

Entah mengapa banyak yang tidak sesuai dengan rencana. Banyak hati yang berbeda, banyak hal yang harusnya dipertahankan malah dilepaskan, begitu pula sebaliknya. Terlalu banyak yang tak sejalan meskipun sudah diusahakan. Mungkin tidak apa jika harus terhenti.

Terhenti berati tidak berjalan (berputar, bergerak, dan sebagainya) lagi ; tidak berlanjut; tertahan; terputus. Sedikit menghilang dari hiruk pikuk perihal hati yang tak pernah tertata dengan baik. Sedikit bertanya dalam hati, apakah akan baik-baik saja untuk tetap sendiri? Apakah akan baik-baik saja jika tidak memikirkan perihal cinta?  Apakah akan baik-baik saja jika sedikit mempercayai bahwa semua laki-laki tidaklah sama? Apakah akan baik-baik saja jika terus menerus berpikir semua hal akan indah pada waktunya? Apakah akan baik-baik saja jika memilih berhenti? Entahlah, jawaban itu terlalu rumit, lebih rumut dari mencari jarum di tengah jerami. Meskipun kekhawatiran akan selalu ada, ketakutan diam-diam menyela, krisis kepercayaan akan semakin merajalela, tak akan ada pendengar terbaik, tak ada lagi ruang untuk sekadar bercerita.

Sendiri, iya, ternyata benar tidak ada yang lebih mengerti selain diri sendiri. Tidak ada tempat yang lebih baik selain diri sendiri. Sedikit diam, sedikit memendam adalah pilihan terbaik. Baik. Iyaa apa benar semua hal baik itu benar terjadi.

Astaghfirullohaladzim, mimin harap semua pikiran itu tidak akan pernah ada dalam benak kalian yaa. Kalian boleh mengeluh, tentang apapun itu, namun jangan berpikir seperti itu. Hilangkan semua pemikiran yang hanya akan menyita semangat. Kalian boleh gagal dalam hal apapun, tapi ingat, harus ada satu alasan untuk tetap berjuang! Bukan sekadar terhenti, melainkan sedikit terhenti dan banyak bangkit lagi dan lagiii! 

Us pernah mendengar Keanu mengatakan kepada salah satu temanya, bahwa mencari pasangan itu seperti kalian mencari sepatu. Yang tau itu cocok, pas, dan nyaman hanyalah kita sendiri, bukan orang lain. Jadi semua itu kembali ke diri sendiri. Cari pasangan itu yang hati-hati, ditanya kamu pengen cari yang seperti apa? Itu semua ada tidak pada diriku. Jangan mencari yang tidak ada, atau harus mengadakan semua itu. Harus siap hidup itu sebuah tantangan. Bahagia itu harus diperjuangkan, meskipun kita tidak tau bahagia itu konsepnya seperti apa. Kita tidak bisa pukul rata hidup ini akan bahagia atau tidak.

Bahkan Nagita Slavina pernah mengatakan kepada semua orang sewaktu podcast bahwa mau mencari pasangan yang cocok tidak akan pernah ketemu. Kita yang hidup dari kecil bersama orangtua saja pasti ada ketidakcocokan, ada aja berantemnya. Apalagi ini orang lain. Pasti akan banyak ketidakcocokan itu. Berarti kita hanya ada dua pilihan, mau atau tidak. Kalau tidak, ya cari yang lain. Kalau mau. ya udah, harus siap dengan segala konsekuensi, menerima segala kekurangan dan kelebihan. Saling melengkapi satu sama lain. Kalau kamu cari yang cocok, nggak bakalan ada, yang tau itu cocok atau tidak hanyalah diri sendiri.

Nahh, kira-kira begitu yang Us pernah dengar. Semoga kalian bisa lebih mengerti diri kalian sendiri. Jika masih mempermasalahkan perihal kecocokan, segera buang jauh pemikiran itu. Kecocokan tidak akan pernah ada, yang ada mau menerima atau tidak. See you yaa sobat Sokasik, Us doakan kalian selalu dalam keadaan baik-baik saja. Jangan lupa makan cokelat ya, karena itu akan membuatmu merasa lebih bahagia! ;)

Us

0 Comments

Posting Komentar