Makna Sebenarnya di Balik Lagu Rasa dan Karsa dari Figura Renata


Arti lagu Figura Renata R asa dan Karsa - Lagu ini menceritakan tentang manusia yang sejatinya hanyalah makhluk yang selalu membutuhkanNya untuk segalahal yang ada, baik itu yang bersifat duniawi maupun akhirati. Daripada berlama-lama, mari langsung saja kita mulai pembahasannya dari awal lagunya!

Makna dari Lirik Lagu Rasa dan Karsa

Dan waktu ku tak lama
Semoga bisa bermakna
Untuk semesta
Tua
Renta
Senja

Ketika menyadari bahwa hidup hanya sementara, atau bisa dikatakan 'sadar bahwa ketiadaan (kematian) pasti akan datang', pasti akan selalu berusaha melakukan yang terbaik untuk segala hal agar hidupnya berarti. Seperti berguna untuk orang lain, hewan, alam, dan semua makhluk utuk berserah kepadaNya.

Dan juga pada bait ini pencipta lagu mengajak para pendengarnya untuk sadar bahwa dunia yang kita tinggali ini sudah lama, atau bisa dibilang 'sudah tua'. Bahkan tak hanya itu, dunia ini sudah terasa renta, atau sakit-sakitan. Terbukti dengan adanya banyak fenomena alam yang sudah tak beraturan. Seperti bencana alam dimana-mana, musim yang susah untuk diprediksi, dan lain sebagainya. Apa kamu juga merasakan bahwa bumi ini sedang tidak baik-baik saja? Tulis pendapatmu di kolom komentar ya!

Sisa perih jemari
Mendamba hujan
Kala Oktober
Masih tersisa jua
Rasa pelupuk lara

Perih jemari biasanya didapati seseorang seusai melakukan sesuatu yang sangat berat, seperti bekerja keras. Dan sisa-sisa perih itu membekas kuat disetiap waktu dan terkadang malah tak berasa karena sudah terbiasa dan rasa perih itu telah mati rasa. Hal ini seperti menggambarkan tentang sebuah luka yang diperoleh setelah mendapat cobaan yang sangat berat.

Seperti yang kita ketahui, di Indonesia musim hujan akan datang dan berproses pelan-pelan mulai dari akhir Oktober. Hujan sering diibaratkan dengan kepiluan atau kesedihan. Seperti hujan di malam minggu, yang mengibaratkan doa para jomblo yang iri dengan pasangan-pasangan yang berbahagia di jalanan. Lantas, pada bagian ini secara keseluruhannya menceritakan tentang kesadaran akan sebuah luka yang pasti akan datang. Mungkin seperti siksaan di hari pertanggungjawaban setelah fase kematian? Entahlah...

Laaraaaaa
Laaraaaaa
Aaaa...

Jika benar bahwa lagu ini menceritakan tentang amal kebaikan, pasti setiap orang akan merasa sia-sia saat belum bisa melakukan yang terbaik selagi masih diberi kesempatan untuk hidup di dunia. Dan itu sangat melarakan.

Warna makna tercipta
Sisipkan harap dan doa
Warna makna tercipta
Sisipkan harap dan doa

Pada bagian reff ini sebenarnya sangatlah singkat, hanya berisikan dua kalimat atau dua baris saja. Namun siapa sangka makna di dalamnya sangat luas dan bermanfaat. 'Warna' di sini mengibaratkan tentang sebuah hal yang beraneka ragam, seperti sebuah pengalaman yang sangat acak dan beraneka ragam. Bagi setiap orang yang berpikir, setiap kejadian di dalam hidup pasti memiliki maknanya sendiri-sendiri. Baik itu kejadian yang sudah terjadi maupun yang diharapkan akan terjadi. Sehingga alangkah baiknya untuk kita planing baik-baik agar sesuatu yang kita citakan tidak meleset jauh, tentunya diimbangi dengan doa kepada sang pencipta agar selalu dimudahkan dan diberikan petunjuk untuk memperolehnya.

Demikian analisis lengkap dari setiap bait lirik lagu Rasa dan Karsa dari Figura Renata. Hal yang bisa kita ambil dari lagu ini adalah jangan pernah lupakan Tuhan, karena tanpanya semua yang kita impikan hanyalah sia-sia. Namun tidak menutup kemungkinan jika masih ada makna lain yang terkandung di dalamnya. Silakan ungkap di kolom komentar ya jika kamu memiliki makna yang lainnya!

0 Comments

Post a Comment