Gunakan fitur Bookmark untuk menyimpan bacaanmu di lain waktu Info!

Menelisik Arti dan Makna Lagu Sorai dari Nadin Amizah

Artikel ini mengungkap arti dan makna asli yang tersembunyi di dalam lirik lagu Sorai dari Nadin Amizah, simak artikel lengkapnya.
Makna Sebenarnya di Balik Lagu Sorai dari Nadin Amizah

Arti Lagu Sorai - Secara garis besar, lagu Sorai menceritakan tentang seseorang yang sedang merindukan kekasihnya, yang telah pergi meninggalkannya. Maka dari itu, untuk... untuk info lengkap mengenai makna lirik lagu Sorai, silakan simak hingga akhir!

Lagu Sorai dirilis Nadin pada bulan Januari tahun 2019. Sudah lewat satu tahun lebih ketika analisis makna ini diterbitkan. Mimin sendiri bisa dibilang baru saja mengenal sosok Nadin Amizah, setelah mendengar lagunya yang berjudul Bertaut dan Cermin. Lagunya terdengar enak dan memiliki rangkaian kata yang sangat menarik.

Kita tidak akan menemukan kata sorai di dalam KBBI, karena seperti apa yang sudah pernah dijelaskan oleh Nadin di Twitternya, bahwa kata sorai ini merupakan kata ulang salin suara dari sorak-sorai yang memiliki arti sebuah pekikan sebagai tanda kebahagiaan. Katanya sih, lagu ini menceritakan tentang sebuah perpisahan yang indah, saling merelakan satu sama lain.

Mungkin kamu sudah sangat penasaran tentang lagu Sorai artinya apa? Tak perlu resah, karena pada kesempatan kali ini anaksenja.com akan menemanimu mencari tahu maksud lagu Sorai dari Nadin Amizah sedetail-detailnya. Tanpa berlama-lama lagi, mari kita mulai pembahasannya dari bait pertama!

Analisis Lirik Lagu Sorai dari Nadin Amizah

Langit dan laut saling membantu
Mencipta awan hujan pun turun
Ketika dunia saling membantu
Lihat, cinta mana yang tak jadi satu

Pada bait pertama ini terdapat metafora di dalam kata laut dan langit, yang bermakna dua kesatuan yang berbeda, seperti sebuah hubungan antara pria dan wanita. Diibaratkan seperti kesatuan alam, yang bisa saling suport untuk menghasilkan fenomena alam. Seperti halnya hujan, yang terjadi akibat penguapan air sehingga membentuk awan dan turun kembali menjadi tetesan-tetesan air di permukaan.

Alam tampak solid dalam menjalankan skenarionya. Berbeda dengan manusia, yang bervariatif dan tak pernah seragam. Untuk sekadar pendapat saja tak pernah sama, semua memiliki kebenaran masing-masing. Dapat dipertengkarkan di mana pun dan sampai kapan pun. Sebenarnya hal ini bukan masalah besar, hanya karena kurangnya rasa "memahami" atau "memaklumi" menyebabkannya menjadi biang dari sebuah masalah besar.

Jika dibandingkan dengan hubungan alam yang begitu kompak, hubungan antar manusia sangatlah tidak sebanding. Seperti halnya hubungan antar kekasih, banyak dari sebagian manusia lebih memilih ribut daripada mengalah dan damai.

Segala hal dapat dijadikan sebagai alasan untuk sebuah perpisahan atau perceraian. Padahal jika saling mendukung dan ikhlas mencintai, sebuah perpisahan tidak akan pernah terjadi. Seperti alam, yang selalu solid di dalam ekosistem maupun proses fenomenanya sehingga membentuk satu kesatuan yang padu.

Awan dan alam saling bersentuh
Mencipta hangat, kau pun tersenyum
Ketika itu kulihat syahdu
Lihat, hati mana yang tak akan jatuh

Baris pertama dan kedua di bait ini menggambarkan tentang hangatnya suatu hubungan. Lebih dari sebuah pelukan, karena ini adalah dasar dari segalanya di dalam sebuah hubungan. Hangat adalah kondisi terbaik, setelah kita sadari bahwa dingin menggambarkan suatu hubungan yang hambar dan panas menggambarkan suatu hubungan yang penuh akan keributan.

Ketika berada di dalam suatu hubungan yang hangat, dapat menciptakan rasa nyaman dan bahagia. Maka dari itu, muncul pertanyaan “hati mana yang tak akan jatuh?”.

Kau memang manusia sedikit kata
Bolehkah aku yang berbicara?
Kau memang manusia tak kasat rasa
Biar aku yang mengemban cinta

Ini adalah bagian dari reff, di mana bagian ini diulang-ulang sebanyak dua kali di dalam lagu ini. Pada bagian ini menceritakan tentang kekurangan diri lain (pasangan) yang berusaha dilengkapi oleh diri sendiri agar bisa menciptakan sebuah kesatuan yang utuh.

Jika pasangannya pendiam, lebih baik diimbangi dengan pancingan obrolan agar suasana tidak hambar. Atau jika pasangan dirasa tidak begitu terlihat rasa cintanya, diimbangi dengan rasa cinta yang lebih agar bisa menyadarkan atau mengembalikan perasaannya kembali ke jalan yang benar. Memang, sebuah cinta membutuhkan pengorbanan. Harus ada yang mengalah di setiap masalah jika ingin hubungannya tetap utuh dan terjaga.

Kau dan aku saling membantu
Membasuh hati yang pernah pilu
Mungkin akhirnya tak jadi satu
Namun bersorai pernah bertemu

Pada bait terakhir lagu Sorai menceritakan tentang kepasrahan, setelah mati-matian merawat sebuah hubungan yang berakhir dengan perpisahan. Perlu kita ketahui, perpisahan itu banyak sekali konteksnya. Bisa saja perpisahan terjadi setelah ada pertengkaran, ada masalah keluarga, karena ada orang lain, atau bisa juga karena dipisahkan oleh kehidupan (kematian).

Pernah saling membantu dengan menguatkan satu sama lain, memberi semangat saat terpuruk, menjadi tempat ternyaman dalam mencurahkan isi hati, dan kegiatan lain demi menyongsong sebuah harapan yang diyakini. Namun jika takdir berkata lain, semua manusia hanya bisa berpasrah dan berusaha ikhlas menerimanya agar muncul perasaan tentram di hatinya.

Setelah muncul rasa ikhlas, maka rasa penyesalan akan terasa begitu ringan dan bahkan malah menimbulkan rasa syukur yang sangat membahagiakan. Sadar akan Tuhan lebih tahu tentang mana yang lebih baik untuk diri sendiri. Banyak hal positif yang bisa diambil seusai tiba sebuah perpisahan, salah satunya adalah mendapat bekal untuk hubungan berikutnya yang lebih baik lagi.

Buat kamu yang ingin menangis ketika merasakan sebuah perpisahan, menangislah. Menangislah jika itu bisa melegakan dan membuat hatimu lega. Jangan menahan jika itu malah membuatmu semakin terluka. Tapi ingat dan tanam dalam-dalam, kamu harus segera bangkit dan harus lebih kuat karena perjalanan hidup masih panjang dan tidak berhenti di satu tujuan (yang sudah hilang).

Semoga kajian arti lagu Nadin Amizah - Sorai dapat bermanfaat untukmu. Buat kamu yang ingin bernyanyi, tenang saja, karena anaksenja.com sudah menyediakan Nadin Amizah - Sorai lirik lengkapnya. Tak lupa juga beserta musik dan vidio klipnya. Selamat menyimak!

Lirik Lagu Nadin Amizah - Sorai

Langit dan laut saling membantu
Mencipta awan hujan pun turun
Ketika dunia saling membantu
Lihat cinta mana yang tak jadi satu

Kau memang manusia sedikit kata
Bolehkah aku yang berbicara
Kau memang manusia tak kasat rasa
Biar aku yang mengemban cinta

Awan dan alam saling bersentuh
Mencipta hangat kau pun tersenyum
Ketika itu kulihat syahdu
Lihat hati mana yang tak akan jatuh

Kau memang manusia sedikit kata
Bolehkah aku yang berbicara
Kau memang manusia tak kasat rasa
Biar aku yang mengemban cinta

Kau dan aku saling membantu
Membasuh hati yang pernah pilu
Mungkin akhirnya tak jadi satu
Namun bersorai pernah bertemu

Musik dan Vidio Klip Nadin Amizah - Sorai


Komentar Netizen Terhadap Lagu Sorai

Ada beberapa komentar netizen di kolom vidio klipnya yang cukup menyita perhatian. Mungkin komentar ini bisa menambah referensi kita semua untuk lebih memahami makna lirik Sorai milik Nadin Amizah. Berikut ini beberapa kutipan yang menjadi sorotan mimin.

@pitimaulda3205
"Menurutku, makam itu adalah lambang dari matinya perasaan. Di kanan ada nisan Si Nona, yang ditemani dengan karangan bunga segar sebagai pertanda bahwa perasaannya baru saja (akhirnya) mati. Dan di kiri ada nisan sang tuan, yang perasaannya telah lebih dahulu mati. Sorai ini merayakan keberhasilan si nona untuk akhirnya dapat merelakan; mengikhlaskan."

@nerinart4032
"Jangan terlalu diam, Tuan. Aku tidak paham bagaimana menciptakan alur yang membuatmu nyaman. Kau memang manusia sedikit kata, tak kasat rasa, tapi cobalah buka mata dan hatimu, bahwa kita sedang bersama, menjalin cinta dan mampu berbalas rasa. Ragamu hingga kini membuatku ragu, ucapmu seolah menoreh luka yang lama kembali memburu. Bisakah kita saling menghargai artinya "ada"? Sebelum kehilangan meraja di antara kita.

Jangan merasa paling tersakiti, Tuan. Kita hanya sama-sama tidak tau apa yang dirasakan. Kau terlalu diam dan enggan berbagi kisah, seolah diammu membuatku resah.

Kita perlu bicara. Namun sayang, aku terlalu "butuh kamu" buat kamu yang "terlalu butuh waktu". - 1921, skbm."

@raihanalqadrie6004
"Cinta itu seperti sholat tarawih. Bukan tentang siapa yang datang lebih awal, melainkan siapa yang bertahan hingga akhir."

@rxxyyz5385
"Aku terlalu mencintai manusia, hingga Tuhan merasa cemburu dan memberiku luka."

@derrybudiman
"Kerasukan apa seorang anak umur 19 tahun nulis lagu seperti ini?! "Ketika langit dan laut saling membantu, mencipta awan dan hujan pun turun," romantis dan scientific sekali. "Ketika dunia saling membantu, lihat cinta mana yang tak jadi satu," jadi teringat lagu India Arie yang One. Terima kasih telah hadir di dunia musik dunia :)"

@widyapuspitasari2415
"Sorai. Untuk jiwa yang kembali sepi, untuk jalan yang berbeda arah, untuk hati yang sudah pasrah."

@widyakartika8923
"Jangan bersedih karena itu telah berakhir, tapi bersyukurlah bahwa itu pernah terjadi."

Pepatah jepang pernah mengatakan bahwa "membaca kolom komentar adalah jalan ninjaku". Terimakasih yang sudah berkomentar di kolom vidio klipnya, dan mohon untuk kesediaannya mimin kutip dan sedikit edit. Semoga dari beberapa komentar di atas bisa bermanfaat untuk kita semua. :)

Penutup

Untuk link download lagu Nadin Amizah - Sorai mp3, tidak perlu ya? Karena lagunya sudah bisa dinikmati secara gratis di mana-mana, seperti Youtube, Spotify, Resso, Joox, SoundCloud, Deezer, iTunes, Apple Music dan pemutar media online lainnya. Begitu juga untuk kunci gitar Sorai chord, kamu bisa menemukannya dengan mudah di web sebelah.

Perlu diketahui bahwa lirik lagu Sorai yang mimin sediakan sepenuhnya menjadi hak cipta atau hak milik dari penulis, artis, band dan label musik yang bersangkutan. Semua materi yang dipaparkan hanya bertujuan untuk informasi dan edukasi.

Mungkin kamu tidak setuju dengan apa yang sudah anaksenja.com jabarkan, karena mimin percaya pendapat serta pengetahuan setiap orang itu berbeda-beda. Maka dari itu, mimin persilakan kamu untuk megungkapkan pendapatmu di kolom komentar. Mungkin saja interpretasi lagu Sorai darimu jauh lebih baik dan dapat bermanfaat bagi yang lainnya. Mari kita bahas bersama-sama hingga menemukan makna sebenar-benarnya yang tersembunyi di balik lirik lagu Sorai dari Nadin Amizah!

Posting Komentar

Silakan berkomentar dengan sopan. Centang Beri Tahu Saya untuk mendapatkan notifikasi dari komentarmu. :)
Oops!
Sepertinya ada yang salah dengan koneksi internetmu. Harap sambungkan ke internet dan mulai menjelajah lagi.
AdBlock Detected!
Kamu menggunakan plugin "AdBlock" ya? Yuk matikan dulu fitur Ad-Blocknya dan masukkan anaksenja.com ke dalam whitelist plugin pemblokiran iklanmu!
⋯⋯⋯
Pendapatan yang kami peroleh dari iklan digunakan untuk mengelola situs web ini. Terimakasih sudah berkunjung. :)
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.