Makna di Balik Lagu Lara - Dialog Senja


Makna Lagu Dialog Senja Lara - Jumpa lagi di anaksenja.com! Kali ini mimin akan mengajakmu mengulik arti lagu Dialog Senja yang berjudul Lara. Apakah ada di antara kamu yang belum mengenal siapa Dialog Senja ini? Dialog senja adalah grup musik yang terdiri dari dua orang saja, dengan format dua vokal dan dua gitar. Grup musik ini terbentuk sejak tahun 2016-an yang menerapkan aliran folks/pop di dalam karyanya.

Lagu yang berjudul "Lara" ini kembali booming di tahun 2020-an ini setelah di cover oleh seseorang perempuan bersuara merdu. Maka dari itu, mimin jadi tau lagu ini dan menarik perhatian untuk dianalis maknanya. Apa kamu juga penasaran tentang makna apa yang ada di balik lirik lagu Lara dari Dialog Senja ini? Mari kita mulai saja pembahasannya!

Analisis Lirik Lagu Lara - Dialog Senja

Ketika senja datang
Ku merasa setengah diriku menghilang
Bagaikan tak berdosa
Kau hancurkan rasa yang selama ini kutanam

Senja ... uhuy! Seperti sebagian nama dari blog kecil ini, anak SENJA. Tapi, apakah makna dari kata "senja" di bagian ini memiliki makna yang sama dengankata "senja" dari nama blog ini? Ya pasti tidak dong!

Senja di bagian puisi pada awal lagu ini berartikan akhir waktu. Seperti akhir waktu dari matahari, yang telah habis dan digantikan oleh waktu sang bulan. Mudahnya gini, siang menjelang malam, habisnya waktu siang ditandakan dengan datangnya sore, atau di kala senja tiba.

Kalau di bagian ini, "waktu habis"nya itu diibaratkan di dalam suatu hubungan percintaan. Berakhirnya suatu hubungan yang membuat diri merasa seperti ada yang hilang, ya, belahan hati yang pergi.

Saat semuanya telah pergi
Bayangmu kembali mengisi
Entah apa yang kau mau
Ku tak berhak lagi tuk mengungkit kembali

Setelah sekian lama berpisah, tiba-tiba sang mantan datang lagi. Ngapain?! Bisa jadi karena menyesal pernah berpisah, atau bisa juga hanya ingin bersahabat kembali karena tak mau bermusuhan setelah hadirnya perlisahan, atau yang paling di takutkan adalah ia datang untuk balas dendam akan kesakitan yang juga ia rasakan. Entah, tapi yang pasti ia (tokoh utama) tak mau mengingkit masa lalu karena sudah terlalu letih merasakan luka yang pernah dirasa.

Menghapus tinta
Yang pernah kau lukis di kanvas hatiku
Merobek semua
Bayangan yang tampak di relung sukmaku

Sekarang lepas dari puisi yang di bacakan tanpa dilagukan, dan masuk pada bagian puisi atau lirik yang dinyanyikan. Pada bagian ini menceritakan tentang usaha seseorang untuk melupakan sesuatu, bisa jadi seseorang yang pernah berharga di hidupnya, sehingga membutuhkan usaha yang keras agar bisa melupakannya. Ingin dan memiliki tekad untuk menghapus semua kenangan yang pernah dilakukan bersama-sama dengannya (mantan). Ya, intinya seperti itu lah. Atau kamu memiliki makna lain dari bagian ini? Silakan tulis di kolom komentar ya!

Ego telah menghasutku
Tuk kembali padamu
Namun logika berkata
Baiknya kumenjauh

Setelah sekian lama berpisah, dan dia (mantan) muncul lagi, rasa ingin memiliki terkadang muncul lagi dan lagi. Suatu rasa yang pernah ada memang sejatinya tak pernah bisa hilang begitu saja, karena ingatan bersamanya akan selalu abadi sampai kapan pun juga.

Tapi sebelum larut dalam cinta yang sama dikali kedua, ada suara dari sebagian sisi hati yang berteriak untuk menyadarkan bahwa seharusnya jangan lagi mengulang kesalahan yang sama. Dan sadar, dan menghindar, membuang rasa itu jauh, jauh dan jauh.

Jauh
Jauh
Jauh
Jauh

Ya, jauh, jauh dan jauh. Berharap jauh-jauh darinya (mantan) agar tak lagi merasakan sakit yang pernah terasa di masa lalu. 

Ego telah menghasutku
Tuk kembali padamu
Perang tak membawaku
Untuk pergi menjauh

Namun kembali lagi, semakin dekat dengannya (mantan) malah semakin muncul rasa itu kembali. Diri semakin dilema, bingung harus berbuat apa, dan kembali luluh untuk mencinta lagi. Menyerah pada keinginan diri.

Dan, pada akhirnya bagian setelah ini adalah bagian dari lirik yang dilagukan pertama tadi namun dibawakan dengan cara berteriak. Hal ini mengandung makna bahwa ingin memaksa diri agar tak luluh pada rayuan mantan dan tetap tegar agar tak lagi mengulangi kesalahan yang sama tuk kesekian kalinya.

Rasa semangat untuk benar-benar mupakan mantan memang terkadang goyah saat ia malah kembali datang dan dekat-dekat terus setiap waktu. Bagaimana mau lupa coba kalau dianya aja datang terus dengan menghadirkan rasa nyaman lagi seperti dulu. Ya, kalau gak dengan ilhlas ya dengan memaksakan diri agar bisa menjauh dan tak lagi masuk ke dalam lubang yang sama.

Demikianlah pembahasan makna / arti di balik lirik lagu Lara dari Dialog Senja. Jika kamu tak setuju dan ingin menyanggah karena memiliki pendapat lain, Mimin sangat senang dan sangat mempersilakan kamu untuk mengutarakannya di kolom komentar. Jangan ragu, mari kita kaji makna dari lirik lagu Lara ini sampai ke akar-akarnya!

1 komentar


EmoticonEmoticon