Sholawat Tibbil Qulub Lengkap - Arab, Latin, Terjemahan, dan Makna


Selawat (sholawat/shalawat) Thibbil Qulub ini memiliki arti obat/penyembuh hati. atau yang biasa disebut dengan selawat Ath Thibbiyyah dan selawat Nur Al Abshar ini merupakan gubahan dari seorang ulama Mesir yang bernama Syaikh Ahmad bin Ahmad Ibn Ahmad Al Adawiy Al Malkiy Al Khalawaty Al Dardir.  Ia masyhur dengan sebutan Syekh Dardir.

Teks Bacaan Sholawat Tibbil Qulub

~ Arab ~
اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ طِبِّ الْقُلُوْبِ وَدَوَائِهَا وَعَافِيَةِ اْلأَبْدَانِ وَشِفَائِهَا وَنُوْرِ اْلأَبْصَارِ وَضِيَائِهَا وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلِّمْ

~ Latin ~
Allahumma sholli`ala Sayyidina Muhammadin
Thibbil qulubi wa dawa-iha
Wa `afiyatil abdani wa syifa-iha
Wa nuril abshori wa dhiya-iha
Wa `ala alihi wa shohbihi wa sallim

~ Arti ~
Ya Allah curahkanlah rahmat kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW
Sebagai obat hati dan penyembuhnya
Penyehat badan dan kesembuhannya
Dan sebagai penyinar penglihatan mata beserta cahayanya
Dan karuniakanlah rahmat kesejahtraan atas keluarga dan sahabat beliau (Nabi Muhammad SAW)

~ Makna ~
Salah satu bentuk karya sastra arab adalah syair. Syair atau puisi dari arab memang dikenal sangat hebat. Bentuk dan susunan kalimatnya sangat indah. Metafora yang digunakan dapat membuat pembacanya terbuai atau terlena. Salah satu jenis syair berbahasa arab adalah selawat, atau yang sering kita kenal dengan shalawat. Syair jenis ini sering dikumandangkan di masjid setelah adzan, di acara pengajian, atau di dalam pertunjukan religi islami.

Syair selawat sangatlah banyak, salah satunya berjudul Tibbil Qulub. Seperti yang sudah dijelaskan di awal potingan, syair Tibbil Qulub ini digubah oleh ulama Mesir, yaitu Syekh Dardir.

Selawat ini dapat menjadi bacaan atau sebagai amalan sehari-hari. Selain sebagai amalan, selawat ini juga dapat menjadi doa. Manfaat dari membaca selawat Tibbil Qulub ini dengan istikamah adalah akan mendapat kesehatan jasmani (lahir) dan rohani (batin), serta akan disembuhkan dari segala penyakit. Tentunya atas izin Allah.

Semoga kita semua dapat istikamah dalam melafalkan atau menghayati makna selawat Tibbil Qulub ini. Sehingga dapat selalu berada di dalam lindunganNya, dijauhkan dari segala mara bahaya dan diberikan kesehatan baik itu jasmani ataupun rohani.

0 Comments

Post a Comment