Gunakan fitur Bookmark untuk menyimpan bacaanmu di lain waktu Info!

Makna Lirik Lagu Kalih Welasku dari Denny Caknan yang Sebenarnya

Artikel ini mengungkap arti dan makna asli yang tersembunyi di dalam lirik lagu Kalih Welasku dari Denny Caknan, simak artikel lengkapnya.
Makna Sebenarnya di Balik Lagu Kalih Welasku dari Denny Caknan

Arti Lagu Kalih Welasku - Secara garis besar, lirik lagu Kalih Welasku menceritakan tentang seseorang yang menderita akibat cintanya pupus di tengah jalan. Maka dari itu, untuk... untuk info lengkap mengenai arti lagu Denny Caknan Kalih Welasku, silakan simak hingga akhir!

Lagu ini dirilis pada tanggal 30 Desember tahun 2022, yang juga masuk di dalam album Denny Caknan yang bertajuk " Kalih Welasku ". Tak tanggung-tanggung, lagu ini betah nangkring di posisi #1 trending Youtube seusai dipublikasikan, dan menorehkan 10 juta viewers lebih setelah seminggu diupload.

Mungkin kamu sudah sangat penasaran tentang lagu Kalih Welasku artinya apa? Tak perlu resah, karena pada kesempatan kali ini anaksenja.com akan menemanimu mencari tahu maksud lagu Kalih Welasku dari Denny Caknan sedetail-detailnya. Tanpa berlama-lama lagi, mari kita mulai pembahasannya dari bait pertama!


Analisis Makna Lirik Lagu Kalih Welasku dari Denny Caknan

Anane mung tresno kalih welasku
Adanya hanya cinta dan belas kasihku
Anane mung iki sing tak nduweni
Adanya hanya ini yang ku punya

Bagi seseorang yang benar-benar mencinta, pasti akan dengan setulus hati memberikan jiwa dan raganya kepada yang dicintainya (kekasih). Seperti lagunya Andmesh, yang penggalan liriiknya adalalh "terimalah lagu ini dari orang biasa, namun cintaku padamu luar biasa".

Hal ini mengingat "tak semua orang memiliki harta yang berlebih", jadi tak semua orang bisa membahagiakan kekasihnya dengan materi, melainkan hanya bisa dengan hal-hal yang sederhana, seperti bertutur baik, setia, pandai bercanda (lucu), dan lain sebagainya.

Doyo doyo ngganduli
Rasanya ingin mempertahankan
Doyo doyo nangisi
Rasanya ingin menangisi
Kesandung-sandung aku
Aku tersandung-sandung
Maksane atimu
Ketika memaksakan hatimu

Ada pepatah Spanyol yang berbunyi, "El amor no puede ser forzado", atau dalam bahasa Indonesianya adalah "cinta tak bisa dipaksakan". Jika sudah berusaha semaksimal mungkin tapi hasilnya tetap zonk, mau bagaimana?

Siapapun itu, pasti tak ingin berpisah dengan seseorang yang sangat dicintainya. Tapi jika takdir berkata lain, pasti hanya akan menderita jika terus memaksakan hubungan. Walau sebenarnya merelakan hubungan juga sakitnya minta ampun Hihh.. dilema banget!


Gapuk meh tumbang
Rapuh hampir tumbang
Tak gawe gawe dewe
Aku sendiri yang membuatnya
Raiso ngukur kurang kesadaranku
Tak bisa mengukur, kesadaranku kurang

Hal utama yang harus dilakukan ketika mengalami kegagalan adalah "introspeksi diri". Walau sebenarnya cukup sulit, namun harus tetap dilakukan untuk mengoreksi diri agar bisa berbenah dan kegagalan yang sama tidak terulang lagi.

Walau tak semua masalah berasal dari kesalahan diri sendiri, namun apa salahnya untuk berintrospeksi? Toh nanti bisa sedikit menenangkan diri dan tidak terbebani dengan pikiran negatif kepada orang lain.

Kekarepanku yen pancen dadi siji
Keinginanku jika memang menjadi satu
Iso ngrumat lan baturi
Bisa merawat dan menemani
Tekan besok nganti petuk pati
Sampai besok nanti bertemu ajal
Urung kewujud we kesusu mutusi
Belum terwujud, kamu malah asal memutuskan

Cinta-cita tertinggi dalam  mencintai adalah bisa bersanding dengan orang yang dicintai sampa mati. Seperti halnya pepatah Portugis, yang berbunyi "amor vivo e morto", yang berarti "cinta sehidup semati".

Namun kembali lagi ke poin awal, "jika bukan jodohnya, kita bisa apa?"


Aku sembrono ning ra sepiro
Aku memang ceroboh, tapi tak seberapa
Malah dadi perkoro
Malah jadi masalah
Nanging rapopo ketulo tulo
Tapi tak apa jika harus menderita
Dadi tulisan kanggo cerito tuo
Biar menjadi cerita di hari tua

Kecerobohan memang bisa menjadi pemicu dari sebuah masalah besar, namun apa bisa dibenarkan jika hanya gara-gara kecerobohan berakhir dengan sebuah perpisahan? Apakah sepadan? Mengapa tidak ada kesempatan kedua atau mencoba memaklumi, memafkan, dan meyakini bahwa "mungkin ini berasal dari ketidak sengajaan, semoga nanti bisa berubah dan lebih berhati-hati lagi." ??

Semua kembali ke pribadi masing-masing sih, tak bisa disama ratakan. Mungkin karena memang belum jodohnya, dan perpisahan tersebut merupakan petunjuk dari Tuhan agar segera kembali ke jalan yang benar (segera bertemu dengan jodoh yang sebenarnya).

Agar bisa hidup tenang dan bahagia, kita memang perlu memenuhi pikiran dengan hal-hal yang positif. Walau terkadang sulit karena masalahnya terasa sangat berat, percayalah, bahwa Tuhan tak akan memberikan cobaan diluar batas kemampuan seseorang. :)

Semoga kajian arti lagu Denny Caknan - Kalih Welasku dapat bermanfaat untukmu. Buat kamu yang ingin bernyanyi, tenang saja, karena anaksenja.com sudah menyediakan Denny Caknan - Kalih Welasku lirik lengkapnya. Tak lupa juga beserta musik dan vidio klipnya. Selamat menyimak!


Lirik Lagu Denny Caknan - Kalih Welasku dengan Terjemahan Bahasa Indonesia

Anane mung tresno kalih welasku
Adanya hanya cinta dan belas kasihku
Anane mung iki sing tak nduweni
Adanya hanya ini yang ku punya

Doyo doyo ngganduli
Rasanya ingin mempertahankan
Doyo doyo nangisi
Rasanya ingin menangisi
Kesandung-sandung aku
Aku tersandung-sandung
Maksane atimu
Ketika memaksakan hatimu

Gapuk meh tumbang
Rapuh hampir tumbang
Tak gawe gawe dewe
Aku sendiri yang membuatnya
Raiso ngukur kurang kesadaranku
Tak bisa mengukur, kesadaranku kurang

Kekarepanku yen pancen dadi siji
Keinginanku jika memang menjadi satu
Iso ngrumat lan baturi
Bisa merawat dan menemani
Tekan besok nganti petuk pati
Sampai besok nanti bertemu ajal
Urung kewujud we kesusu mutusi
Belum terwujud, kamu malah asal memutuskan

Aku sembrono ning ra sepiro
Aku memang ceroboh, tapi tak seberapa
Malah dadi perkoro
Malah jadi masalah
Nanging rapopo ketulo tulo
Tapi tak apa jika harus menderita
Dadi tulisan kanggo cerito tuo
Biar menjadi cerita di hari tua


Musik dan Vidio Klip Denny Caknan - Kalih Welasku

Tentang

Artis: Denny Caknan
Album: Kalih Welasku
Dirilis: 2022
Ciptaan: Denny Caknan dan Duo ONAR ( Bayu Onyonk & Soepardi Aye )
Lisensi: DC Production


Review Lagu Kalih Welasku dari Netizen

Ada beberapa komentar netizen di kolom vidio klipnya yang cukup menyita perhatian. Mungkin komentar ini bisa menambah referensi kita semua untuk lebih memahami makna lirik Kalih Welasku milik Denny Caknan. Berikut ini beberapa kutipan yang menjadi sorotan mimin.

@Fikri Rz
"Aku bukan berasal dari Suku Jawa, tapi setelah dengar lagu-lagu Mas Denny jadi seneng sama lagu Jawa. Lagu-lagu dari Mas Denny sangat bagus sangat memanjakan telingaku!"

@yadi kaka
"Bangga denganmu, Mas Denny. Karyamu jos banget! Lirik dan lagunya sangatlah berkualitas! Kamu memang musisi sejati, seorang musisi yang selalu berusaha menciptakan karya lagu yang sangat bagus! Semoga lagu Kaleh Welasku ini bisa didengar di seluruh pelosok negri, dan semoga lagu-lagu Jawa bisa mendunia! Salam paseduluran, Mas Denny, sangking bocah-bocah perantauan."

@Iwan Maulana
"Mempertahankan memang lebih sulit daripada mendapatkan."

@Yogii
"Apapun yang ada di depanmu sekarang, jalani. Apapun yang terjadi besok, hadapi. Dan apapun yang masih menjadi rahasia di hari lusa, nantikanlah dengan sabar. Legowono atimu, dari apapun hasil hidupmu🤘 #Malang, 4 Januari 2023"

@prayoga septyanto
"Mungkin, kita adalah sepenggal kisah yang lupa ditamatkan oleh penulisnya. Lalu terkubur oleh waktu, hingga membuat sang tokoh utama terjebak di suatu masa yang disebut dengan “kenangan”. ~Ringintelu, 3 januari 2023"

@BABY WAN CHANEL
"Semua akting (di dalam vidio klip Kalih Welasku) diperankan dengan gaya natural terbaiknya. Memang harus ada series seperti ini Mas Den, keren! Kita tau siapa art Jowo yang berkelas saat ini. Skripnya di tambah lagi biar makin keren jalan critanya. Dibumbuhi dengan lagu baru yang bikin penasaran. Btw, Mba Bela cocok loh sama Mas Nopek... Ehh, Mas Denny! Kelihatan lebih penyabar, karena Mas Denny kelihatannya orangnya keras. Kamu butuh wanita yang lebih dewasa, Mas Den. Karena kamu pekerja dan pemikir keras, perlu pendamping yang lemah lembut."

Pepatah Jepang pernah mengatakan, bahwa "membaca kolom komentar adalah jalan ninjaku". Terimakasih yang sudah berkomentar di kolom vidio klipnya, dan mohon untuk kesediaannya mimin kutip dan sedikit edit. Semoga dari beberapa komentar di atas bisa bermanfaat untuk kita semua. :)


Penutup

Untuk link download lagu Denny Caknan - Kalih Welasku mp3, tidak perlu ya? Karena lagunya sudah bisa dinikmati secara gratis di mana-mana, seperti Youtube, Spotify, Resso, dan pemutar media online lainnya. Begitu juga untuk kunci gitar Kalih Welasku chord, kamu bisa menemukannya dengan mudah di web sebelah.

Perlu diketahui bahwa lirik lagu Kalih Welasku yang mimin sediakan sepenuhnya menjadi hak cipta atau hak milik dari penulis, artis, band dan label musik yang bersangkutan. Semua materi yang dipaparkan hanya bertujuan untuk informasi dan edukasi.

Mungkin kamu tidak setuju dengan apa yang sudah anaksenja.com jabarkan, karena mimin percaya pendapat serta pengetahuan setiap orang itu berbeda-beda. Maka dari itu, mimin persilakan kamu untuk megungkapkan pendapatmu di kolom komentar. Mungkin saja interpretasi lagu Kalih Welasku darimu jauh lebih baik dan dapat bermanfaat bagi yang lainnya. Mari kita bahas bersama-sama hingga menemukan makna sebenarnya yang tersembunyi di balik lirik lagu Kalih Welasku dari Denny Caknan!

Posting Komentar

Silakan berkomentar dengan sopan. Centang Beri Tahu Saya untuk mendapatkan notifikasi dari komentarmu. :)
Oops!
Sepertinya ada yang salah dengan koneksi internetmu. Harap sambungkan ke internet dan mulai menjelajah lagi.
AdBlock Detected!
Kamu menggunakan plugin "AdBlock" ya? Yuk matikan dulu fitur Ad-Blocknya dan masukkan anaksenja.com ke dalam whitelist plugin pemblokiran iklanmu!
⋯⋯⋯
Pendapatan yang kami peroleh dari iklan digunakan untuk mengelola situs web ini. Terimakasih sudah berkunjung. :)
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.