Makna Sebenarnya di Balik Lagu Aku yang Salah - Elmatu


Arti Lagu Elmatu Aku yang Salah - Lagu ini menceritakan tentang kisah percintaan berbeda keyakinan (agama), yang menyebaban hubungan tak bisa dilanjutkan ke jenjang yang lebih serius (pernikahan) karena adanya larangan tentang "tidak boleh menikah dengan seseorang yang berbeda agama". Maka dari itu, untuk... untuk lebih lengkapnya, silakan simak hingga akhir ya!

Lagu Elmatu - Aku Yang Salah rilis pertama kali pada tanggal 3 Juli tahun 2020 di kanal Youtube Holywings Music. Lagu ini diproduseri Anji, dan sempat trending menjadi fyp di Tiktok beberapa saat lalu. Mungkin kamu juga pernah mendengarkan lagu ini dengan kutipan lirik "tolong tanyakan pada Tuhanmu"? Jika iya, berarti kita sama, hehew...

Mungkin kamu sudah sangat penasaran dan segera ingin tau lagu Elmatu yang berjudul Aku yang Salah ini sebenarnya menceritakan tentang apa? Tak perlu risau, karena pada kesempatan kali ini anaksenja.com akan menemanimu membedah makna di balik lirik lagu Aku yang Salah. Tanpa berlama-lama lagi, mari kita mulai pembahasannya dari bait pertama!


Analisis Lirik Lagu Aku yang Salah dari Elmatu

Sejak pertama kita
Menjalin kisah cinta
Tak ada yang bisa
Merubah kisah kita

Pada bagian awal lagu Aku Yang Salah ini menceritakan tentang seseorang yang sedang sadar diri, bahwa kisah cinta yang sedang dijalani bersama kekasihnya dari awal (mula) memang ada yang salah, yang ketentuan tersebut tidak bisa dirubah atau diganggu gugat sama sekali.

Ternyata...
Aku salah
Iman yang berbicara
Tolong aku Tuhan
Mengapa semuanya terjadi

Sesuatu yang salah itu adalah ketidak samaan keyakinan (agama), yang menyebabkan tidak bisa berlanjut ke hubungan yang lebih serius (pernikahan), karena adanya larangan di dalam agama maupun norma sosial.

Lantas melakukan protes kepada Tuhan, "mengapa semua ini bisa terjadi?!". Ia (tokoh utama di dalam lagu ini) beranggapan bahwa hanya Tuhan yang bisa membantunya, sehingga ia hanya meminta pertolongan dariNya, dengan harap bisa diberikan petunjuk untuk mendapatkan hasil (takdir) yang terbaik (baginya).


Tolong tanyakan pada Tuhanmu
Bolehkah aku yang bukan umat-Nya mencintai 
hamba-Nya
Bila memang cinta ini salah
Mengapa kita yang harus terjatuh
Terlalu dalam

Setelah bertanya (protes) kepada Tuhannya sendiri (dari si tokoh utama), lalu meminta kepada pasangannya (yang berbeda agama) untuk gantian menanyakan kepada Tuhannya (milik kekasih), "apakah boleh jika aku yang bukan umatNya menjalani cinta bersama hambaNya?".

Hal itu ditanyakan karena ia selalu merasa bersalah, entah di pihaknya sendiri maupun di pihak orang lain (karena berbeda agama). Padahal ia sudah merasa cinta banget kepada kekasihnya, tapi merasa terhalang larangan di dalam agamanya maupun agama pasangannya.

Ternyata
Beta salah

Dan, pada akhirnya ia pun merasa salah, karena ia hanyalah seorang umat yang tidak bisa apa-apa, selain mengikuti perintahNya dan menjauhi laranganNya. Ia tidak bisa merubah hukum di dalam agama.


Maka dari itu, yang bisa dilakukan hanyalah mencoba menerima semuanya dengan lapang dada. Walaupun sebenarnya ia merasa sangat tidak Terima, karena tak bisa melanjutkan hubungan ke jenjang yang lebih serius (pernikahan) akibat berbeda keyakinan (agama).

Seperti lagu Seamin Tak Seiman dari Mahen, Peri Cintaku dari Ziva, maupun puisi Antara Surau dan Gereja (dari temansenja), yang menceritakan tentang cinta berbeda agama, lagu ini juga memiliki pesan "janganlah memaksakan sesuatu yang memang tidak bisa dipaksakan, daripada hanya menyesal dan berakhir dengan penderitaan."

Cinta memanglah anugerah dari Tuhan, namun terkadang kita sering menyalah artikan dan mengedepankan napsu daripada logika dan hati. Ada beberapa orang yang lebih memilih untuk memperjuangkan cintanya walau sudah tau salah, tapi yang terpenting adalah "bisa mendapatkannya (kekasih yang berbeda agama) bagaimanapun caranya!".


Padahal, sebagai umat beragama kita dituntun untuk menjalankan perintahNya dan menjauhi laranganNya. Memang sesuatu itu perlu untuk diperjuangkan, seperti pendidikan, karir, maupun cinta (yang sesuai). Tapi semuanya memiliki porsinya masing-masing, atau batasannya masing-masing. Seperti cinta, yang tidak boleh menikahi saudara kandung, sesama jenis, maupun berbeda agama.

Kita memang diberikan kebebasan untuk memilih sesuatu yang kita inginkan, namun semuanya juga ada aturannya, tak semata-mata hanya karena ingin, menjadikan semuanya (yang diinginkan) halal atau diperbolehkan. Jika belum tau atau mengerti, mending belajar lagi (mengenai agama). Jika sudah tau, ya jangan dilanggar dong, hehe...

Semoga kajian makna lagu Aku yang Salah dari ELMATU ini dapat bermanfaat untukmu. Buat kamu yang ingin menyimak lirik lagunya, tenang saja, karena anaksenja.com sudah menyediakan lirik lagu lengkapnya. Tak lupa juga beserta vidio klipnya. Selamat menyimak!


Lirik Lagu Elmatu - Aku Yang Salah | Tolong tanyakan pada Tuhanmu

Sejak pertama kita
Menjalin kisah cinta
Tak ada yang bisa
Merubah kisah kita

Ternyata, aku salah
Iman yang berbicara
Tolong aku Tuhan
Mengapa semuanya terjadi

Tolong tanyakan pada Tuhanmu
Bolehkah aku yang bukan umat-Nya mencintai 
hamba-Nya
Bila memang cinta ini salah
Mengapa kita yang harus terjatuh
Terlalu dalam

Bolehkah ku
(Bolehkah aku) yang bukan umatnya
Bila memang cinta ini salah
Mengapa kita yang harus terjatuh
Terlalu dalam

Ternyata
Beta salah


Musik dan Vidio Klip Elmatu - Aku Yang Salah


Mungkin kamu tak setuju dengan apa yang anaksenja.com utarakan, karena mimin percaya pendapat serta pengetahuan setiap orang itu berbeda-beda. Maka dari itu, mimin persilakan kamu untuk megungkapkan pendapatmu di kolom komentar. Mungkin saja interpretasimu mengenai lagu Aku yang Salah ini jauh lebih baik dan dapat bermanfaat bagi yang lainnya. Mari kita bahas bersama-sama hingga menemukan makna sebenar-benarnya yang tersembunyi di balik lirik lagu Aku yang Salah dari Elmatu!

0 Comments

Posting Komentar