Gunakan fitur Bookmark untuk menyimpan bacaanmu di lain waktu Info!

Makna Sebenarnya di Balik Lagu Sudah - Ardhito Pramono


Arti Lagu Ardhito Pramono Sudah - Lagu ini menceritakan tentang seseorang yang ingin menenangkan pasangannya yang selalu meributkan hal yang itu-itu saja, atau selalu mengungkit hal buruk yang itu-itu saja. "Sudah ya? Apa kamu tidak bosan selalu murung dan emosian seperti itu? Tersenyumlah, karena banyak hal indah selain yang itu-itu saja."

Lagu Sudah ini merupakan OST dalam film Story Of Kale: When Someone’s in Love, yang rilis pada tanggal 17 Oktober 2020 di kanal youtube Ardhito Pramono. Lagu ini dibawakan Ardhito dengan sangat romantis, dengan iringan piano dan suara khas Ardhito yang mampu membuat para wanita klepek-klepek.

Mungkin kamu sudah sangat penasaran dan segera ingin tau lagu Ardhito Pramono yang berjudul Sudah ini sebenarnya menceritakan tentang apa? Tak perlu resah, karena pada kesempatan kali ini anaksenja.com akan menemanimu mengulik makna di balik lirik lagunya. Tanpa berlama-lama lagi, mari kita mulai pembahasannya dari bait pertama!


Analisis Lirik Lagu Sudah dari Ardhito Pramono

Sudah...
Sudahi semua bicara
Kuingin segera berdua
Dan pagi menjelang melahirkan mentari

Pada bagian awal lagu Ardhito Pramono berjudul Sudah ini menceritakan tentang seseorang yang sedang menenangkan diri beserta lawan bicaranya. Seperti sebuah pertikaian, yang memecah kebersamaan dan hanya menciptakan kesedihan. 

Pagi dan sudah
Sudahi semua prasangka
Dunia berputarlah saja
Rekam peristiwa yang takkan terulangi

Kembali mengingatkan, "sudahlah, tak usah bersuudzon lagi. Berpikir yang baik-baik saja, daripada ribut terus malah gak dapat apa-apa,".

Apapun yang terjadi, dunia tetap akan berputar. Seperti waktu, yang akan tetap berjalan walau banyak masalah yang terjadi. Jadi, buat apa masalah selalu diributkan tanpa adanya tindakan? Bukankah fokus kepada perbaikan dengan hal-hal baik malah lebih menyenangkan?

Pagi dan sudah
Sudahi malam yang duka
Dunia kau kan baik saja
Hujan akan tiba melahirkan pelangi

Selalu ada pelangi setelah hujan, yang berarti akan selalu ada hal indah setelah penderitaan. Tinggal sampai kapan akan menghentikan penderitaan tersebut. Seperti halnya dengan saling memaafkan, yang akan berakhir dengan kedamaian.


Sudah
lupakan semua derita
Doa semesta mencairkan
Luka akan hilang perlahan terobati

Penderitaan jika diingat terus menerus pasti akan terus bersemayam, dan itu hanya akan membebani hidup. Salah satu cara untuk bisa lepas dari penderitaan adalah dengan cara mengikhlaskannya. Terima saja semua penderitaan itu, toh mungkin memang takdirnya harus seperti itu?

Tuhan itu Maha Mengetahui, ketika hambanya benar-benar ikhlas pasti akan diberikan kedamaian, entah dipikiran maupun diperasaan (hati). Maka dari itu, untuk bisa lepas dari penderitaan salah satu caranya ialah dengan mengikhlaskan penderitaan itu sendiri.

Belajar memahami masa depan
Tak kah yang disimpan akan tenang
Melahirkan semua nada indah
Mencoba menjadi bahagiamu sendiri

Tibalah pada bagian reff lagu Ardhito Pramono yang berjudul Sudah. Belajar memahami masa depan ialah dengan memperbaiki masa sekarang. Jika menginginkan masa depan yang cerah ya harus dipersiapkan sedari sekarang. Seperti saling menerima dan memaafkan, yang akan membentuk kedamaian di masa depan.

Tidak ada yang bisa bertanggung jawab atas kebahagiaan seseorang. Maka dari itu, ciptakanlah kebahagiaanmu sendiri dengan caramu, karena kalau menuntut kebahagiaan dari orang lain bakalan sulit, dan bahkan malah bisa berakhir dengan kekecewaan.

Dengan memaafkan seseorang dapat menciptakan ketenangan, yang pada akhirnya melahirkan kebahagiaan. Walau sebenarnya sulit untuk bisa memaafkan atau mengikhlaskan segala prasangka dan kesalahan orang lain (pasanmgan). Tapi apa salahnya mencoba hal tersebut?


Lirik Lagu Ardhito Pramono - Sudah

Sudah...
Sudahi semua bicara
Ku ingin segera berdua
Dan pagi menjelang
Melahirkan mentari

Pagi dan sudah
Sudahi semua prasangka
Dunia berputarlah saja
Rekam peristiwa yang takkan terulangi

Pagi dan sudah
Sudahi malam yang duka
Dunia kau kan baik saja
Hujan akan tiba
Melahirkan pelangi

Belajar memahami masa depan
Tak kah yang disimpan akan tenang
Melahirkan semua nada indah
Mencoba menjadi bahagiamu sendiri
 
Sudah...
Lupakan semua derita
Doa semesta mencairkan
Luka akan hilang perlahan terobati
 
Belajar memahami masa depan
Tak kah yang disimpan akan tenang
Melahirkan semua nada indah
Mencoba menjadi bahagiamu sendiri


Musik dan Vidio Klip Ardhito Pramono - Sudah


Mungkin kamu tak setuju dengan apa yang anaksenja.com utarakan, karena mimin percaya pendapat serta pengetahuan setiap orang itu berbeda-beda. Maka dari itu, mimin persilakan kamu untuk megungkapkan pendapatmu di kolom komentar. Mungkin saja interpretasimu mengenai lagu Sudah ini jauh lebih baik dan dapat bermanfaat bagi yang lainnya. Mari kita bahas bersama-sama hingga menemukan makna sebenar-benarnya yang tersembunyi di balik lirik lagu Sudah dari Ardhito Pramono!

Posting Komentar

Silakan berkomentar dengan sopan. Centang Beri Tahu Saya untuk mendapatkan notifikasi dari komentarmu. :)
Oops!
Sepertinya ada yang salah dengan koneksi internetmu. Harap sambungkan ke internet dan mulai menjelajah lagi.
AdBlock Detected!
Kamu menggunakan plugin "AdBlock" ya? Yuk matikan dulu fitur Ad-Blocknya dan masukkan anaksenja.com ke dalam whitelist plugin pemblokiran iklanmu!
⋯⋯⋯
Pendapatan yang kami peroleh dari iklan digunakan untuk mengelola situs web ini. Terimakasih sudah berkunjung. :)
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.