Gunakan fitur Bookmark untuk menyimpan bacaanmu di lain waktu Info!

Makna di Balik Lagu Bahasa Kalbu - Raisa & Andi Rianto (Titi DJ)


Arti Lagu Raisa (Titi DJ) Bahasa Kalbu - Single terbaru Raisa Andriana, atau yang lebih kerap dikenal dengan nama Raisa saja ini rilis di channel Youtube raisa6690 pada tanggal 27 Agustus 2020. Lagu yang berjudul Bahasa Kalbu ini dibawakan Raisa dengan sangat apik, ditambah dengan instrumen musik dari Andi Rianto yang membuat lagu ini menjadi terasa lebih hidup.

Perlu kita ketahui, bahwa sebenarnya lagu Bahasa Kalbu ini diciptaka oleh Titi DJ. Tak heran jika lirik lagunya dapat sangat menyentuh. Dipenuhi dengan bahasa-bahasa yang lumayan mudah dipahami, namun sebenarnya memiliki makna yang sangat luar biasa.

Selepas dari keistimewaan audio dan liriknya, pada vidio klipnya juga membuat para penonton atau penikmat lagunya menjadi merinding. Vidio yang bernuansa hitam putih menggambarkan seperti sebuah ingatan atau mimpi bersama sang pujaan hati.


Terlihat seorang wanita di dalam ruangan kaca yang sedang tertidur tidak bisa apa-apa, digambarkan dengan sebuah ikatan akar pohon yang melilit di tubuhnya. Kemudian hadir seorang lelaki yang merawatnya dengan ikhlas, digambarkan dengan penuh senyuman.

Lalu membayangkan bahwa dahulu mereka pernah bersama-sama bahagia, digambarkan pada bagian saat mereka menari bersama-sama, ada efek garis-garis yang biasa digunakan di dunia perfilman untuk adegan membayangkan masa lalu. Sampai pada akhirnya wanita itu bugil. Eh, maksudnya tertinggal hanya pakaiannya saja dan si lelaki bergantian yang terlilit akar pohon di bawah kasur. Apa maksud dari semua ini?

Karena pada postingan ini hanya fokus ke pembahasan makna lirik lagunya, lebih baik kita fokus ke pembahasan makna ya? Jika banyak yang request supaya anaksenja.com juga membahas makna dari vidio klipnya, boleh juga deh kapan-kapan akan mimin buatkan. Eksklusif buat kamu!

Mungkin kamu sudah sangat penasaran dan segera ingin tau lagu Raisa (Titi DJ) yang berjudul Bahasa Kalbu ini sebenarnya menceritakan tentang apa? Tanpa berlama-lama lagi, mari kita mulai pembahasannya dari bait pertama!


Analisis Lirik Lagu Bahasa Kalbu dari Raisa (Ciptaan Titi DJ)

Kau satu terkasih
Kulihat di sinar matamu
Tersimpan kekayaan batinmu

Pada bait pertama ini menceritakan tentang kekaguman kepada seorang kekasih. Kata "satu" di baris pertama menggambarkan tentang kesetiaan, hanya memiliki dia seorang, yang tercinta. Percaya bahwa kekasihnya juga sama-sama memberikan timbal balik, yakni memiliki rasa yang tulus di dalam hatinya, terlihat dari sorot matanya yang begitu meyakinkan.

Di dalam senyummu
Kudengar bahasa kalbumu
Mengalun bening menggetarkan

Pada bait ini mengkisahkan tentang rasa cinta yang sangat dalam kepada kekasihnya. Bayangkan saja, sampai-sampai bisa mendengar sesuatu hanya dari sebuah senyuman. Namun, mendengar di sini memiliki makna lain loh ya.


Senyuman adalah gerak ekspresif seseorang untuk menunjukkan rasa senang atau bahagia. Sedangkan kalbu dalam KBBI memiliki arti hati yang suci. Untuk kata bening sendiri, bisa saja bermakna tentang bersih atau suci. Dapat disimpulkan bahwa aku (tokoh utama) bisa merasakan ketulusan (kesucian) hati darinya (kekasihnya).

Jarang lho sampai ada yang bisa benar-benar merasakan ketulusan cinta dari pasangannya. Kebanyakan malah hanya bisa merasakan kecurigaan dengan tuduhan-tuduhan yang tanpa beralasan. Hayo ngaku saja kamu? Hehehe...

Kini dirimu yang selalu 
Bertahta di benakku 
Dan aku 'kan mengiringi 
Bersama 
Di setiap langkahmu

Pada bagian bridge ini memiliki makna yang amat sangat begitu romantis. Menceritakan bahwa hanya ada dia (kekasihnya) seorang yang berada di hati (tokoh utama). Lalu memiliki tekad untuk terus mendampingi (kekasihnya) sampai kapan dan dalam keadaan apapun.

Menceritakan tentang kesetiaan yang teramat dalam. Tekad untuk tetap mendampingi pasangan entah bagaimana keadaannya, di mana saja, dan sampai kapan saja. Bersama-sama sampai selamanya.


Percayalah 
Hanya diriku paling mengerti 
Kegelisahan jiwamu, kasih 
Dan arti kata kecewamu

Reff bait pertama ini memiliki makna tentang kepercayaan diri yang sangat tinggi. Merasa bahwa hanya aku (tokoh utama) yang paling mengerti (kekasihnya) dalam keadaan apapun, baik itu kegelisahan maupun kesusahan. Hal ini diutarakan untuk meyakinkan kekasihnya agar memperoleh kepercayaan bahwa aku (tokoh utama) yang paling tepat untukmu (kekasihnya).

Kasih, yakinlah 
Hanya aku yang paling memahami 
Besar arti kejujuran diri 
Indah sanubarimu, kasih 
Percayalah

Ini adalah bait terakhir di dalam bagian reffnya, begitu juga sebagai penutup dari lagu Bahasa Kalbu ini. Pada Bagian ending ini menegaskan kembali bahwa kamu (kekasihnya) supaya percaya saja kepadaku (tokoh utama) yang selalu bisa mengerti tentang semuanya darimu (kekasihnya). Entah itu perkataan, sesuatu yang disembunyikan di balik diam, kejujuran, kebaikan, ketulusan, dan apapun itu semuanya dapat dimengerti karena begitu besar rasa cintanya kepada sang kekasih.


Keromantisan dikemas begitu halus dalam lirik lagu Bahasa Kalbu ini. Menggunakan bahasa puitis yang lumayan mudah dipahami, membuat para pendengarnya merasa nyaman dan mungkin bisa sampai baper. Tampilan Raisanya juga tampak begitu anggun, solekan di wajahnya membuatnya sangat terlihat cantik, dan... cukup! Dia sudah berkeluarga whoey!

Semoga kajian makna lagu Raisa (Titi DJ) berjudul Tega ini dapat bermanfaat untukmu. Buat kamu yang ingin menyimak lirik lagunya, tenang saja, karena anaksenja.com sudah menyediakan lirik lagu lengkapnya. Tak lupa juga beserta vidio klipnya. Selamat menyimak!


Lirik Lagu Raisa & Andi Rianto (Titi DJ) - Bahasa Kalbu

Kau satu terkasih
Kulihat di sinar matamu
Tersimpan kekayaan batinmu

Ho..o...
Di dalam senyummu
Kudengar bahasa kalbumu
Mengalun bening menggetarkan

Kini dirimu yang selalu
Bertahta di benakku
Dan aku 'kan mengiringi
Bersama
Di setiap langkahmu

Percayalah
Hanya diriku paling mengerti
Kegelisahan jiwamu, kasih
Dan arti kata kecewamu
Kasih, yakinlah
Hanya aku yang paling memahami
Besar arti kejujuran diri
Indah sanubarimu, kasih
Percayalah


Di dalam senyummu
Kudengar bahasa kalbumu
Mengalun bening menggetarkan

Kini dirimu yang selalu
Bertahta di benakku
Dan aku kan mengiringi
Bersama ho..o..o...
Di setiap langkahmu
Di setiap langkahmu

Percayalah
Hanya diriku paling mengerti
Kegelisahan jiwamu, kasih
Dan arti kata kecewamu
Kasih, yakinlah
(Hanya aku yang paling memahami)
Besar arti kejujuran diri
Indah sanubarimu, kasih
Percayalah
Percayalah


Musik dan Vidio Klip Raisa & Andi Rianto (Titi DJ) - Bahasa Kalbu


Untuk link download lagu Raisa (Titi DJ) - Bahasa Kalbu mp3, tidak perlu ya? Karena lagunya sudah bisa dinikmati secara gratis di mana-mana, seperti Youtube, Spotify, Resso, dan pemutar media online lainnya.

Mungkin kamu tidak setuju dengan apa yang sudah anaksenja.com jabarkan, karena mimin percaya pendapat serta pengetahuan setiap orang itu berbeda-beda. Maka dari itu, mimin persilakan kamu untuk megungkapkan pendapatmu di kolom komentar. Mungkin saja interpretasimu mengenai lagu Bahasa Kalbu ini jauh lebih baik dan dapat bermanfaat bagi yang lainnya. Mari kita bahas bersama-sama hingga menemukan makna sebenar-benarnya yang tersembunyi di balik lirik lagu Bahasa Kalbu dari Raisa (Titi DJ)!

2 komentar

  1. Ini bukan karya Raisa. Ini karya Titi Dj
    1. Terimakasih atas koreksinya kak, sudah diperbaiki sebagaimana mestinya 🙏
Silakan berkomentar dengan sopan. Centang Beri Tahu Saya untuk mendapatkan notifikasi dari komentarmu. :)
Oops!
Sepertinya ada yang salah dengan koneksi internetmu. Harap sambungkan ke internet dan mulai menjelajah lagi.
AdBlock Detected!
Kamu menggunakan plugin "AdBlock" ya? Yuk matikan dulu fitur Ad-Blocknya dan masukkan anaksenja.com ke dalam whitelist plugin pemblokiran iklanmu!
⋯⋯⋯
Pendapatan yang kami peroleh dari iklan digunakan untuk mengelola situs web ini. Terimakasih sudah berkunjung. :)
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.