Gunakan fitur Bookmark untuk menyimpan bacaanmu di lain waktu Info!

Makna Lirik Lagu Amin Paling Serius dari Sal Priadi dan Nadin Amizah

Artikel ini mengungkap arti dan makna asli yang tersembunyi di dalam lirik lagu Amin Paling Serius dari Sal Priadi dan Nadin Amizah, simak artikel len
Makna Sebenarnya di Balik Lagu Amin Paling Serius dari Sal Priadi dan Nadin Amizah

Arti Lagu Amin Paling Serius - Secara garis besar, lirik lagu Amin Paling Serius menceritakan tentang sepasang kekasih yang saling suport, menguatkan, dan mendoakan satu sama lain agar bisa selalu langgeng dalam menjalani hubungan. Maka dari itu, untuk... untuk info lengkap mengenai makna Amin Paling Serius, silakan simak hingga akhir!

Lagu Amin Paling Serius dirilis pada tanggal 29 Mei tahun 2019, yang hingga pada saat ini (2023) pada Official Audio di Youtubenya Sal Priadi sudah mendapat belasan juta viewers. Padahal bukan lagu baru, tapi kenapa lagu ini tidak kehilangan kepopuleritasnya hingga sekarang?

Dalam lagu ini Sal Priadi tidak sendirian, karena melibatkan gadis cantik bersuara merdu asal Bandung, Nadin Amizah. Yang perlu kita garis bawahi adalah mereka berdua tidak menjalani hubungan yang serius, karena yang serius di dalam lagu ini adalah Amin. Siapakah “Amin” itu?

Mungkin kamu sudah sangat penasaran tentang lagu Amin Paling Serius artinya apa? Tak perlu resah, karena pada kesempatan kali ini anaksenja.com akan menemanimu mencari tahu maksud lagu Amin Paling Serius dari Sal Priadi dan Nadin Amizah sedetail-detailnya. Tanpa berlama-lama lagi, mari kita mulai pembahasannya dari bait pertama!

Analisis Makna Lagu Amin Paling Serius milik Sal Priadi feat. Nadin Amiza

Dalam lagunya, pada bait pertama dinyanyikan oleh Sal. Karena kata-katanya sangat romantis, sebelum kita bahas lebih lanjut mimin kasih gambaran terlebih dahulu deh. Coba bayangkan ada sepasang kekasih yang sedang berbincang di kursi taman, di suatu malam yang disinari cahaya rembulan. Hmm... Sudah merasakan suasana romantisnya belum? Jika belum, mari kita coba cari keromantisan tersebut di dalam liriknya!

Aku tau kamu lahir dari
Cantik utuh cahaya rembulan

Bait pertama di lagu ini berisikan rayuan. Menghiperbolakan kata untuk memuji sang pujaan. Kita tau, sebenarnya bulan tidak mengeluarkan cahaya. Ia tampak bersinar karena mendapat pantulan dari cahaya matahari. Tanpa adanya cahaya, bulan tak akan tampak dipandangan mata telanjang.

Cahaya bulan dikenal banyak orang karena keindahannya. Salah satu keindahannya adalah karena dia mampu mengangkat derajat selainnya yang sebelumnya dianggap tidak ada, yaitu bulan itu sendiri.

Balik lagi ke topik utama! Mungkin karena pasangan (wanita) di hadapannya tampak begitu memesona, sehingga diibaratkan mendapat warisan dari cahaya bulan. Hmm... hal ini seperti yang dialami mimin. Bedanya, kalau mimin berasal dari cahaya gerhana bulan. Gelap.

Sedang aku dari badai
Marah riuh yang berisik
Juga banyak hal-hal yang sedih

Bait selanjutnya berisikan kalimat yang bermaksud tidak menyombongkan diri. Mengibaratkan diri sendiri seperti badai. Kita tahu bahwa badai memiliki kesan yang tidak baik, cenderung buruk. Ia mengatakan dalam kerendahan hatinya bahwa "aku bukanlah orang baik, aku tidak sempurna,".

Bukankah orang pintar memang tak pernah mengatakan bahwa dirinya pintar?

Bait selanjutnya adalah bagian yang dibawakan Nadin. Jadi, kita ibaratkan seorang pasangan wanita yang hendak membalas percakapan dari pria yang telah berbicara di depannya.

Tapi menurut aku kamu cemerlang
Mampu melahirkan bintang-bintang

Bait pertama yang diisi Nadin ini berisikan bantahan. Seakan-akan sang wanita mengatakan bahwa apa yang dikatakan sang pria tidaklah benar. Ia menganggap bahwa pria di depannya tampak begitu indah, baik, dan sempurna.

Bintang memiliki arti benda langit yang mampu menciptakan cahayanya sendiri, seperti Matahari. Coba bayangkan ya. Jika satu bintang (matahari) mampu mengindahkan bulan, bagaimana dengan ibu bintang yang mampu melahirkan bintang-bintang? Melebihi indahnya satu cahaya (yang memantul di bulan) bukan?

Sang wanita menganggap bahwa pria yang sedang dihadapannya tersebut sangatlah spesial, karena mampu membuatnya merasa lebih baik dan istimewa.

Menurutku ini juga karena hebatnya badaimu
Juga karena lembutnya tuturmu

Badai yang semula dicap buruk, maknanya langsung dibalikkan oleh sang wanita. Bisa jadi badai yang dimaksud adalah badai ketulusan, yaitu cinta yang sangat besar kepadanya sehingga membuat perasaan menjadi berbunga-bunga.

Salah satu contonya adalah cara berbicara sang pria yang sopan, pilihan katanya dan nada suaranya menyejukkan, mampu menanggapi curhatan dengan sangat lembut, dan lain sebagainya. Siapa coba yang enggak mau dapet cowok seperti itu? Hanya cowok tulen yang menolak mendapat pasangan seperti itu.

Aku tau kamu tumbuh dari
Keras kasar sebuah kerutan

Pada bagian ini gantian sang wanita yang ngomong duluan. Keras, kasar dan kerutan biasanya dikonotatifkan dengan hal-hal yang dianggap berat. Semisal pekerja keras, memiliki keadaan hidup yang tidak mudah, pokoknya perjalanan hidup yang penuh liku-liku gitu deh.

Semua itu membutuhkan perjuangan untuk bisa bertahan dan lulus menjadi pribadi yang tangguh. Sang wanita mengakui bahwa pria di depannya adalah pria yang kuat, penuh perjuangan dan selalu berungguh-sungguh. Bersungguh-sungguh dalam hal apa? Ya tentunya bersungguh-sungguh dalam mencintaimu dong! Cieee...

Sedang aku dari pilu
Aman yang ternyata palsu
Juga semua yang terlalu baik

Sang wanita pun gantian merendah. Mengatakan bahwa dirinya sangat lemah, karena berasal dari lingkungan yang sangat mengenakkan. Ibaratnya gini, si wanita berasal dari keluarga kaya dan si pria berasal dari keluarga yang tidak kaya. Yah, mungkin itu bisa menggambarkan maksud dari ucapan si wanita di bagian ini.

Bagian setelah ini gantian Sal yang mengisi suara. Langsung saja kita bahas!

Tapi menurut aku kamu cemerlang
Mampu melahirkan bintang bintang

Sama. Ya, si pria menggunakan rayuan kepada wanita dengan kata-kata yang sama. Sepertinya dia ingin mengatakan sesuatu. “Kamu jangan ngomong gitu. Kamu itu hebat, kamu itu istimewa! Jangan bersedih, sayang,” ujarnya sambil memeluk.

Ketika dipeluk, sang wanita pun berbisik. “Bukan mukhrim woey!”. Ingat! Nggak boleh asal peluk anak orang! Apalagi buat kamu yang masih di bawah umur! Eh, malah ngomongin apa sih ini?! Yuk fokus!

Menurutku ini juga karena lembutnya sikapmu
Juga sabarmu yang nomor satu

Sang pria mengatakan bahwa hal yang membuatnya merasa nyaman adalah kelembutan dan kesabaran dari diri sang wanita. Yah, cuma gitu doang. Yuk lanjut! Setelah ini, di dalam lagunya dinanyikan berbareng, antara pihak pria maupun wanita. Jadi kita anggap universal yak!

Tuk petualangan ini
Mari kita ketuk pintu yang sama

Petualangan adalah kegiatan untuk menjelajahi suatu tempat. Kata tempat dalam KBBI memiliki beberapa arti, salah satunya adalah sesuatu yang dapat (dipercaya) menampung (tentang keluhan, pertanyaan, isi hati, dan sebagainya).

Siapakah yang akan menjadi pilihan ketika kamu membutuhkan tempat untuk menuangkan perasaan? Pasti orang yang bisa dipercaya dong, atau orang yang teristimewa. Bisa jadi orang tua, keluarga, sahabat, maupun pasangan. Pada bait ini menceritakan tentang ajakan untuk mengarungi kehidupan bersama-sama di dalam satu tujuan yang sama.

Membawa amin paling serius
Seluruh dunia

Amin adalah kata yang biasanya diucapkan seusai berdoa. Memiliki arti kabulkanlah, yaitu suatu permohonan agar apa yang diinginkan dapat menjadi kenyataan atas izin Tuhan. Jika diurutkan dan melihat pada bait sebelumnya, amin di sini berisikan permohonan agar doa tentang niatan untuk menjalani hidup bersama dengan pasangan bisa direstui Tuhan.

Hmm… bagaimana? Tambah paham atau malah tambah buyar? Kalau kamu punya pendapat lain atau masih ada bagian yang membuatmu bingung, mari kita diskusikan di kolom komentar. Tapi sebelumnya, lanjut dulu yuk ke bagian reff!

Bayangkan betapa cantik dan lucunya
Gemuruh petir ini
Disanding rintik-rintik yang gemas

Jika membacanya sekilas, bagian reff ini mungkin hanya terlihat sebagai kata-kata yang disusun indah saja. Tapi apakah ada makna yang tersembunyi di dalamnya? Mari kita usut secara tuntas!

Bayangkan, kata ini merupakan kata perintah agar orang lain menciptakan suatu gambaran di dalam pikirannya, atau bisa juga disebut berangan-angan. Petir dan hujan biasanya ditakuti banyak orang. Ada yang takut dengan kilat petir, mungkin terbayang-bayang seperti chidorinya Sasuke. Ada juga yang takut dengan suara petir, yang kadang kala memunculkan rasa kaget atau traumatis.

Kalau yang ditakutkan dari hujan biasanya karena dapat menimbulkan efek masuk angin. Tapi, perintahnya adalah membayangkan bahwa semua hal yang ditakutkan itu adalah sesuatu hal yang cantik ataupun menggemaskan. Apakah bisa? Ya bisa saja, karena tidak ada yang tidak mungkin. Semua tergantung diri sendiri, bisa atau tidaknya mengontrol pikiran.

Jika dikaitkan dengan kehidupan nyata, anggap saja fenomena alam tersebut (petir dan hujan) adalah omongan orang (bisa jadi tetangga ataupun musuhmu). “Masa sih, kamu mau sama orang miskin seperti dia? Enggak malu? Besok kalau sampai nikah, anakmu mau dikasih makan apa? Cinta doang?”.

Omongan orang memang (terkadang) menggemaskan (bikin pingin nampol). Bebas mengkritik orang lain tanpa sadar bahwa sebenarnya dirinya tidak lebih baik dari yang dikritik. Jika tidak bisa mengendalikan diri, pasti akan langsung emosi dan terbawa ke suasana sedih, menangis, menyesal, bahkan rasa ingin mengakhiri hidup. Maka dari itu, mengontrol pikiran itu penting.

Mengabaikan kritikan orang yang hanya bisa mencela tanpa tahu apa-apa terkadang menjadi opsi yang terbaik. Maka dari itu, pada bait ini sepertinya ingin mengatakan bahwa “Sudahlah, terserah apa kata mereka. Yang penting kita tetap bersama-sama, dan bahagia selamanya.

Dan merayakan
Amin paling serius seluruh dunia

Jika dikaitkan dengan bait sebelumnya, segala sesuatu yang sekiranya mengganggu suatu hubungan baiknya dianggap sebagai bumbu-bumbu perasa belaka. Ramai ketika di cerna, namun tidak berimbas apa-apa (tidak membuat sedih).

Semoga saja apa yang kita harapkan dan doakan bisa terwujud sesuai rencana, bersanding dengan orang-orang yang kita pilih dan direstui oleh Sang Maha Agung. Aamiin... Aamiin paling serius seluruh dunia...

Setelah mengetahui makna lagu Sal Priadi - Amin Paling Serius, mungkin kamu ingin segera menyanyikan lagunya? Tenang saja, karena anaksenja.com sudah menyediakan Sal Priadi dan Nadin Amizah - Amin Paling Serius lirik lengkapnya. Tak lupa juga beserta musik dan vidio klipnya. Selamat menyimak!

Lirik Lagu Sal Priadi & Nadin Amizah - Amin Paling Serius

Aku tahu, kamu lahir dari
Cantik utuh cahaya rembulan
Sedang aku dari badai marah riuh yang berisik
Juga banyak hal-hal yang sedih

Tapi menurut aku, kamu cemerlang
Mampu melahirkan bintang-bintang
Menurutku, ini juga kar'na hebatnya badaimu
Juga kar'na lembutnya tuturmu

Tuk petualangan ini
Mari kita ketuk pintu yang sama
Membawa amin paling serius
Seluruh dunia

Bayangkan betapa cantik dan lucunya
Gemuruh petir ini
Disanding rintik-rintik yang gemas
Dan merayakan
Amin paling serius seluruh dunia

Aku tahu, kamu tumbuh dari
Keras kasar sebuah kerutan
Sedang aku dari pilu, aman yang ternyata palsu
Juga semua yang terlalu baik

Tapi menurut aku, kamu cemerlang
Mampu melahirkan bintang-bintang
Menurutku, ini juga kar'na lembutnya sikapmu
Juga sabarmu yang nomor satu

Tuk petualangan ini
Mari kita ketuk pintu yang sama
Membawa amin paling serius
Seluruh dunia

Bayangkan betapa cantik dan lucunya
Gemuruh petir ini
Disanding rintik-rintik yang gemas
Dan merayakan
Amin paling serius seluruh dunia

Amin paling serius seluruh dunia

Musik dan Vidio Klip Sal Priadi & Nadin Amizah - Amin Paling Serius

Tentang

Artis: Nadin Amizah, Sal Priadi
Dirilis: 2019
Album: Amin Paling Serius

Review Lagu Amin Paling Serius

Ada beberapa komentar netizen di kolom vidio klipnya yang cukup menyita perhatian. Mungkin komentar ini bisa menambah referensi kita semua untuk lebih memahami makna lirik Amin Paling Serius milik Sal Priadi dan Nadin Amizah. Berikut ini beberapa kutipan yang menjadi sorotan mimin.

@hafsharahaziqahidayat3504
Sebetulnya analisis ini berdasar dari "sok tahu", tapi pahamku dari music video ini adalah sebagai berikut.

Mereka bertanya, "apakah mungkin kita lebih beruntung dari Adam? Yang tidak pernah diberi bilik khusus untuk memilih seperti apa pasangannya kelak," dan "apa mungkin kita lebih beruntung dari Hawa? yang tidak pernah diberi tangan di atas untuk memilih."

Sewaktu tangan Sal memegang apel (sebagai representasi dari buah terlarang) dan tangan satunya lagi bergerak seolah menghitung. Berarti, kita (sebagai manusia) selalu diberikan waktu untuk menentukan keputusan dalam setiap langkah hidup kita, bebas mau menuruti apa yang diminta Tuhan atau membangkang. Sal punya waktu untuk menimbang-nimbang, apel itu akan dimakan atau tidak.

Ketika Nadin duduk di lantai dan ada serpihan-serpihan kaca berserakan, menandakan bahwa dia lebih beruntung daripada Hawa, yang disuguhkan dengan banyak pilihan bentuk manusia. Kaca-kaca itu ada yang bentuknya panjang dan tajam, tumpul dan pendek, dan lain sebagainya.

Mereka duduk berdua, berhadapan, saling memegang dada, dan menggapai seakan sedang membicarakan perasaan masing-masing, berbagi duka, lalu sama-sama berkata, "aku ingin bersama kamu. Ayo, mari kita berdoa dan ucapkan 'aamiin'!"

Namun mereka malah menemukan jawaban bahwa mereka ternyata sama tidak beruntungnya dengan Adam dan Hawa. Ingin bertemu, dekat, dan bersatu, tapi malah saling membelakangi. Saat mencoba berjalan berhadapan untuk bersama pun ternyata hanya mampu berpapasan.

Mereka tidak bisa memilih ingin hidup dengan siapa. Ketidak-beruntungan itu berasal dari mereka yang punya kuasa untuk merasakan bahwa surga itu luas sekali – bahkan terlalu luas untuk dinikmati berdua saja, pasti masih ada manusia lain selain dari seseorang yang sudah ditentukan tersebut, bahwa pasti ada dia yang lebih kita inginkan. Mereka tak bisa menerima, "perasaan tidak pernah cukup", bahwa orang yang telah disediakan untuknya tidak akan bisa menjadikan mereka sebagai pertunjukan yang paling romantis di Tanah Surga.

Ada gerak Sal dan Nadin yang mengendap-endap, seperti orang yang mau kabur dari suatu tempat. Mungkin kabur dari kenyataan karena 'tidak bisa bersatu', menyemogakan jika nanti ketika kabur bisa bertemu kembali.

Maka dari itu, sewaktu Sal berdiri dan Nadin duduk merka berdua saling menggapai, kemudian mereka berhenti dan memegang dada, hanya dapat berdoa dan meneriakkan amin paling serius di hadapan kaca jendela (yang seperti gereja).

Potongan terakhir adalah buah (apel) yang disediakan akhirnya malah dimakan oleh si tangan hitam (iblis di dalam diri) untuk menyatakan bahwa "manusia berdosa itu memutuskan untuk membangkang Gusti Yang Agung, namun tetap berdoa agar disetujui dan diamini".

Amin Paling Serius mengartikan bahwa orang yang kita pilih belum tentu menjadi jodoh kita, dan keserakahan kitalah yang menggaungkan amin keras-keras semoga mereka berakhir bersama kita.

Pepatah jepang pernah mengatakan, "komento ran o yomu no ga ninja michi", atau dalam Bahasa Indonesianya adalah "membaca kolom komentar adalah jalan ninjaku". Terimakasih buat @hafsharahaziqahidayat3504 yang sudah berkomentar di kolom vidio klipnya, dan mohon untuk kesediaannya mimin kutip dan sedikit edit. Sumpah, analisisnya sangat keren! Semoga kutipan komentar di atas dapat bermanfaat untuk kita semua. :)

Penutup

Untuk link download lagu Sal Priadi dan Nadin Amizah - Amin Paling Serius mp3, tidak perlu ya? Karena lagunya sudah bisa dinikmati secara gratis di mana-mana, seperti Youtube, Spotify, Resso, Joox, SoundCloud, Deezer, iTunes, Apple Music dan pemutar media online lainnya. Begitu juga untuk kunci gitar Amin Paling Serius chord, kamu bisa menemukannya dengan mudah di web sebelah.

Perlu diketahui bahwa lirik lagu Amin Paling Serius yang mimin sediakan sepenuhnya menjadi hak cipta atau hak milik dari penulis, artis, band dan label musik yang bersangkutan. Semua materi yang dipaparkan hanya bertujuan untuk informasi dan edukasi.

Mungkin kamu tidak setuju dengan apa yang sudah anaksenja.com jabarkan, karena mimin percaya pendapat serta pengetahuan setiap orang itu berbeda-beda. Maka dari itu, mimin persilakan kamu untuk megungkapkan pendapatmu di kolom komentar. Mungkin saja interpretasi lagu Amin Paling Serius darimu jauh lebih baik dan dapat bermanfaat bagi yang lainnya. Mari kita bahas bersama-sama hingga menemukan makna sebenarnya yang tersembunyi di balik lirik lagu Amin Paling Serius dari Sal Priadi dan Nadin Amizah!

Posting Komentar

Silakan berkomentar dengan sopan. Centang Beri Tahu Saya untuk mendapatkan notifikasi dari komentarmu. :)
Oops!
Sepertinya ada yang salah dengan koneksi internetmu. Harap sambungkan ke internet dan mulai menjelajah lagi.
AdBlock Detected!
Kamu menggunakan plugin "AdBlock" ya? Yuk matikan dulu fitur Ad-Blocknya dan masukkan anaksenja.com ke dalam whitelist plugin pemblokiran iklanmu!
⋯⋯⋯
Pendapatan yang kami peroleh dari iklan digunakan untuk mengelola situs web ini. Terimakasih sudah berkunjung. :)
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.